10 Khasiat dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

10 Khasiat dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh – Indonesia Terpercaya, Sejak dahulu temulawak dipercaya memiliki beragam khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Temulawak dikenal sebagai tanaman obat dan secara turun temurun digunakan untuk beragam penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Temulawak atau nama latinnya Curcuma Xanthorrhiza Roxb merupakan tumbuhan yang termasuk dalam famili Zingiberaceae. Di beberapa daerah tumbuhan ini dengan dengan nama koneng gede, temu labak, tommo, korbanga dan lain sebagainya. Biasanya tumbuhan ini agak sulit dibedakan dengan kunyit karena memang memiliki kemiripan baik dari umbinya maupun warnanya yang berwarna kuning. Namun temulawak memiliki ukuran yang agak lebih besar dan tekstur yang kasar.

Seperti tanaman lainnya yang tergabung dalam famili Zingiberaceae, temulawak juga banyak dikenal sebagai tanaman obat karena mengandung zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia yakni minyak astiri dimana didalamnya terdapat berbagai macam zat seperti:

  • Zat xanthorizol
  • Germaken
  • Isofuranogermakren
  • Trisiklin
  • Allo Aromadendren
  • Fellandren
  • Ar-turneron
  • Turmerol
  • Kurkumin
  • Desmetoksokurkumin
  • Zat tepung
  • Kamfer
  • Glikosida
  • Toluyl Metil Karbinol
  • 1-sikloisoprenmyrsen

Zat-zat tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia dan juga mampu mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat temulawak untuk mengobati berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lengkap dengan cara mengolah temulawak tersebut menjadi ramuan tradisional. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sakit Maag

Untuk anda yang mempunyai penyakit maag, Manfaat temulawak bisa dimanfaatkan untuk meredahkan maag. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut: Pertama-tama silahkan ambil dan cuci bersih temulawak, Selanjutnya potong kecil-kecil temulawak tersebut kemudian Rebus temulawak, dinginkan dan minum airnya. Dijamin maag anda perlahan-lahan akan sembuh

2. Bau Haid

Bagi kaum hawa yang memiliki masalah dengan bau pada saat haid, temulawak bisa mengatasi hal tersebut. Caranya adalah silahkan ambil dan cuci bersih temulawak kemudian potong kecil-kecil kemudian seduh bersama dengan asam jawa. Jika sudah diseduh kemudian dinginkan dan minum airnya.

3. Melancarkan BAB

Untuk anda yang masalah pencernaan dalam hal ini susah BAB, maka pemulawak bisa digunakan sebagai ramuan untuk melancarkan BAB. Caranya adalah silahkan ambil dan cuci bersih temulawak kemudian giling halus bersama dengan biji sesawi. Selanjutnya beri sedikit air kemudian peras dan minum hasil perasan temulawak tersebut.

4. Memperbanyak ASI

Ternyata temulawak juga mempunyai manfaat untuk memperlancar ASI. Jadi untuk ibu ibu yang merasa kurang ASI bisa menggunakan temulawak. Cara mengolahnya adalah dilahkan cuci bersih temulawak kemudian giling. Temulawak yang telah digiling tersebut dimasak menjadi bubur bersama dengan sagu. Setelah masak silahkan dimakan seperti makan bubur. Saran 3×1 kapsul perhari sebagai tambahan obat lainnya).

5. Sakit Limpa

Cara mengolah temulawak menjadi obat untuk penyakit limpa adalah silahkan cuci bersih 2 buah temulawak bersama dengan 1/2 lengkuas dan daun meniran 1 genggam. kemudian silahkan parut temulawak dengan lingkuas. Selanjutnya silahkan rebus semua bahan-bahan tersebut dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian saring dan minum sehari 1 cangkir.

6. Asma

Untuk anda yang mempunyai penyakit asma, cara mengolah temulawak menjadi ramuan untuk asma adalah silahkan siapkan 1 buah temulawak yang sudah diiris-iris kemudian keringkan. Temulawak kering tersebut kemudian direbus dengan 5 gelas air dan tambahkan gula aren 1 potong. Rebus bahan tersebut dan perkirakan airnya menjadi 3 gelas kemudian angkat dan saring. Selanjutnya silahkan minum air rebusan yang telah disaring tadi sehari 2 kali dengan takaran 1/2 gelas.

7. Carar Air

Untuk anda yang terkena cacar air, cara mengolah temulawak menjadi ramuan untuk mengobati cacar air adalah siapkan 1,5 potong temulawak yang telah diiris tipis-tipis kemudian keringkan. Temulawak yang telah dikeringkan tersebut kemudian direbus sampai mendidih dengan 1 liter air dan jangan lupa tambahkan buah asam 1 tangkai. Setelah mendidih silahkan anda dinginkan kemudian saring dan minum 2 kali sehari dengan takaran 1 cangkir setiap kali minum pagi dan malam.

8. Sariawan

Untuk anda yang mempunyai masalah dengan sariawan bisa menggunakan temulawak untuk mengatasi sariawan tersebut. Cara adalah siapkan dan iris-iris temulawak 1 buah kemudian keringkan. Jika sudah kering silahkan direbus dengan 2 gelas air dan jangan lupa ditambahkan dengan buah asam 3 mata dan 1 potong gula aren. Jika sudah mendidih silahkan diangkat kemudian saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 cangkir.

9. Bau Badan

Anda mempunyai masalah dengan bau badan? temulawak bisa menjadi solusi. Cara mengolahnya adalah silahkan tumbuk 1 buah temulawak kemudian rebus dengan 1 liter air. Rebusan tersebut kemudian disaring kemudian minum 2 kali sehari 1 cangkir.

10. Hepatitis

Bagi anda yang mempunyai masalah kesehatan seperti hepatitis, mungkin temulawak juga bisa menjadi solusi untuk dijadikan ramuan. Khasiat temulawan dipercaya mampu meredahkan hepatitis. Cara mengolahnya adalah Temulawak 25 gram diiris-iris, ditambah air 500 ml, direbus sampai tinggal 300 ml; diminum sepanjang hari. (Saran 3 x 2 kapsul per hari ) atau, dua jari rimpang temu lawak, diparut, tambahkan ½ cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Aduk merata lalu diperas dan disaring. Minum sehari 2 kali sampai sembuh.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai 10 Khasiat dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh lengkap dengan cara pengolahannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terma kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *