Cara Cek dan Mengatasi Broken Link di Blog

Cara Cek dan Mengatasi Broken Link di Blog – Indonesia Terpercaya, Broken link merupakan permasalahan yang cukup serius pada blog karena bisa saja broken link tersebut mempengaruhi kinerja dan reputasi blog anda di mesin pencari.

Broken Link adalah link mati atau link yang sudah tidak bisa diakses dan digunakan, Jadi ketika orang lain mengklik link tersebut melalui blog anda maka URLnya tidak dapat ditemukan. Broken link juga sangat mempengaruhi para pembaca yang mengunjungi blog anda. Mereka umumnya akan merasa kecewa karena tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui blog anda karena adanya masalah tersebut.

Biasanya broken link di blog disebabkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Kesalahan pengetikan link (typo)
  • situs website yang dituju sudah tidak aktif atau dihapus
  • Link yang ditautkan ke blog anda telah diganti
  • Penyimpanan laman 404 oleh chache, dan lain sebagainya

Broken link bukan hanya terdapat dalam artikel yang anda tulis, tapi bisa juga ketika ada orang berkomentar atau anda membalas komentar dengan menyertakan link yang tidak aktif maka itu juga dihitung sebagai broken link. Tidak menutup kemungkinan juga di widget/gadget anda terdapat link dan bisa saja link-link tersebut juga bermasalah.

Artikel Terkait:

Jadi memang Sangat penting untuk selalu mengecek broken link di situs anda setiap saat agar website yang anda kelola dapat berjalan secara maksimal dan tidak membuat pembaca menjadi kabur. Nah berikut ini cara cek broken link di blog anda.

Cara Cek Broken Link di Blog

Untuk mengecek berapa banyak broken link di dalam situs anda, langkah-langkah untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda kunjungi Online Broken Link Checker
  • Jika sudah berada di situsnya, silahkan isi URL blog anda di kolom yang telah disediakan kemudian klik Find Broken Links
  • Sesudah itu silahkan masukkan kode chapcha kemudian klik Find Broken Links Now
  • Tunggulah beberapa saat hingga semua link yang sudah mati maupun tidak aktif akan dimunculkan di situs tersebut
  • Selanjutnya silahkan anda perhatikan di kolom samping kanan (Server Response) disitu dipaparkan permasalahan dari link tersebut. Ada beberapa permasalahan yang biasa ditemukan yakni sebagai berikut:
    1. 404: Halaman Tidak Ditemukan atau dengan kata lain halaman / sumber daya tidak ada di server
    2. 400: server host tidak dapat memahami link di halaman Anda
    3. Bad Host: Nama host tidak valid: server dengan nama itu tidak ada atau tidak dapat dijangkau
    4. Bad URL: URL salah bentuk (misalnya Braket yang hilang, garis miring tambahan, protokol salah, dll)
    5. Bad Code: Kode respons HTTP tidak valid: respons server melanggar spesifikasi HTTP
    6. Empty: host server mengembalikan respons “kosong” tanpa konten dan tanpa kode respons
    7. Time Out: Batas waktu: Permintaan HTTP habis waktu selama pemeriksaan tautan.
    8. Reset: Server host menjatuhkan koneksi. Entah itu salah konfigurasi atau terlalu sibuk.
  • Untuk mengetahui Artikel mana saja yang terdapat broken link agar mudah diperbaiki, silahkan anda klik URL di Page Where Found, maka secara otomatis akan diarahkan ke artikel yang terdapat link matinya.

Cara Mengatasi Broken Link di Blog

Selanjutnya, bagaimana cara mengatasi broken link di blog tersebut? Ada tiga cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi broken link di blog yakni sebagai berikut:

  • Anda bisa mengganti link yang bermasalah tersebut dengan link yang baru dan masih aktif. Silahkan anda cari link bermasalah terebut kemudian menggantinya.
  • Anda juga bisa menghapus link tersebut dari blog apabila memang situs yang dituju sudah dihapus dan tidak berfungsi lagi.
  • Terakhir, anda bisa tidak menyertakan link ke situs tersebut dan hanya nama situs yang anda cantumkan sehingga ketika pembaca akan mencari situs tersebut melalui penelusuran google.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat anda lakukan untuk mengecek broken link di blog maupun memperbaiki broken link di blog. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda dan semakin memperbaiki kualitas website yang anda kelola. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *