Cara Memasang Histats di WordPress dan Blogspot

Cara Memasang Histats di WordPress dan Blogspot – Indonesia Terpercaya, Mengetahui pengunjung real time di blog merupakan sebuah keharusan bagi seorang blogger agar dapat terus memantau statistik d blog tersebut apakah trafiknya meningkat atau menurun, dari mana sumber lalu lintas penelusurannya dan lain sebagainya.

Ada banyak cara untuk mengetahui pengunjung di blog, selain menggunakan google analytics, anda juga dapat menggunakan situs Histats untuk memantau pengunjung blog anda sewaktu-waktu. Histats hampir sama dengan google analytics, namun keunggulan histats adalah anda dapat memasang widget di blog anda dan pengunjungpun dapat melihat statistic blog yang anda kelola melalui widget tersebut.

Melalui Histats akan memberikan data yang lengkap berapa banyak pengguna aktif setiap detiknya, jumlah page view, visitor (pengunjung), tampilan halaman perkunjungan dan lain sebagainya. Melalui fitur-fitur lengkap tersebut anda dapat tetap mengontrol kinerja website yang anda kelola setiap waktu dan dimanapun anda berada.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara memasang histat di wordpress dan juga cara memasang histats di blogspot dengan mudah. Jadi silahkan anda ikuti panduan lengkapnya dibawah ini.

Artikel Terkait: Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Mendaftar di Histats

Jika anda belum mempunyai akun di histats, pertama-tama anda harus melakukan proses regitrasi terlebih dahulu sebelum menghubungkan website ke histats. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda kunjugi situs Histats
  • Untuk lebih memudahkan silahkan anda atur bahasanya terlebih dahulu ke bahasa Indonesia
  • Untuk melakukan pendaftaran silahkan anda pilih dan klik Register/ Daftar
  • Silahkan isi Email, Email Confirm, password dan juga password confirm. setelah semua sudah diisi silahkan klik Continiue
  • Selanjutnya silahkan anda lengkapi semua data-data pribadi anda sebagai persyaratan menggunakan Histats. Jika sudah melengkapi silahkan klik Save
  • Untuk aktifasi akun histats, silahkan cek E-mail anda dan klik link yang telah dikirimkan untuk proses aktifasi akun Histats.

Jika langkah-langkah diatas telah anda lakukan dengan baik, maka akun Histats anda telah aktif.

Cara Menghubungkan Website ke Histats

Jika anda telah melakukan proses registrasi, langkah selanjutnya adalah menghubungkan website/ blog anda ke Histats. Pada tahap ini berlaku untuk semua platform blog entah itu blogspot maupun wordpress.

Terakhir diatas kita telah sampai di aktivasi akun Histats, maka secara otomatis anda akan dibawa ke Panel Kendali Histats. Di panel kendali tersebut kita bisa menghubungkan website yang kita kelola ke Histats. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Di Panel Kendali terdapat dua Sub yakni Website dan Sub Account, untuk menghubungkan situs silahkan pilih website kemudian Add a Website
  • Anda akan dibawa ke panel kendali selanjutnya untuk melengkapi data website anda. Anda akan diminta untuk mengisi:
    1. Site URL (isi dengan URL blog)
    2. Bahasa (pilih bahasa Indonesia)
    3. Kategori (pilih kategori blog anda)
    4. Select Your Country and Timezone (pada peta silahkan pilih lokasi anda) maka secara otomatis Country dan timezone akan terisi.
    5. Judul (Isi dengan judul blog anda)
    6. Description ( isi dengan deskripsi blog anda)
    7. Page views start value (isi maksimal 10.000.000)
    8. Nilai awal pengunjung ( isi maksimal 10.000.000)
    9. Stats Vasibility (anda bisa menyetel untuk statistic bisa dilihat semua orang atau hanya khusus anda saja)
    10. Centang Accept untuk menyetujui kebijakan dan privasi
    11. Isi Capcha
    12. Jika semua sudah terisi dengan baik, silahkan pilih dan klik Lanjutkan

Jika sukses maka tampilannya akan seperti gambar diatas. Silahkan pilih dan klik situs anda di panel kendali tersebut untuk masuk kedalam dasbor website di akun histats untuk menghubungkan website anda.

Selanjutnya untuk memunculkan real time di dasbor histats tersebut, anda perlu memasang kode, script di widget blog anda.

  • silahkan pilih dan klik Counter CODE di sebelah kanan atas.
  • Selanjutnya pilih dan klik Add a New Counter
  • Silahkan pilih animasi yang akan tampil di widget blog anda nantinya. Disini terdapat berbagai macam pilihan yang bisa anda gunakan sesuka hati.
  • Selanjutnya di Buat Pelacakan Counter Baru pilih yang hendak di tampilkan di widget blog anda nantinya misalnya pengunjung hari ini, User Online, Page View dan lain sebagainya kemudian Simpan
  • Selanjutnya Silahkan klik Counter ID anda dan dibawahnya akan muncul copy Kode Penghitung yang akan dipasang di widget blog anda. Silahkan salin kode penghitung tersebut.

Memasang Kode Penghitung Histats di WordPress

Pertama-tama kita akan memasang kode penghitung histats di wordpress, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan anda login ke dasbor wordpress anda kemudian pilih Tampilan kemudian Sesuaikan
  • Selanjutnya silahkan anda pilih Widget kemudian tentukan di widget mana yang hendak anda tempati memasang Kode Penghitung Histat tadi misalnya saja di Footer
  • Selanjutnya silahkan pilih Tambahkan Widget kemudian pilih HTML Khusus dan tempelkan kode yang telah disalin tadi.
  • Terakhir silahkan pilih Selesai kemudian Terbitkan

Memasang Kode Penghitung Histats di Blogspot

Untuk anda pengguna blogspot, langkah-langkah untuk memasang kode penghitung histats adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda login kedalam akun blogger anda.
  • Di dasbor blogger, silahkan anda pilih Tata Letak
  • Selanjutnya silahkan tentukan tempat anda memasang kode penghitung tadi misalnya saja di Sidebar Right
  • Selanjutnya silahkan pilih Tambahkan Gadget kemudian pilih HTML/Java Script
  • Silahkan tempelkan/pastekan kode penghitung yang telah disaling tadi kemudian Simpan Setelan

Nah jika sudah memasang kode penghitung tersebut di blog entah itu di blogspot maupun wordpress maka silahkan lihat tampilan blog anda akan muncul widget penghitung yang telah dipasang tadi. Begitupun di panel kendali histats anda akan muncul realtime/ statistic pengunjung blog anda.

Demikianlah ulasan saya mengenai panduan lengkap Cara Memasang Histat di WordPress dan Blogspot, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *