Cara Membuat Artikel SEO dan Berkualitas

Cara Membuat Artikel SEO dan Berkualitas – Indonesia Terpercaya, Semua orang yang terjun ke dunia blogging pasti menginginkan artikel yang ditulisnya mempunyai banyak pengunjung/ pembaca. Salah satu cara yang paling banyak digunakan agar artikel tersebut banyak dibaca orang adalah dengan mengandalkan teknik SEO (Search Engine Optimization).

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha atau langkah-langkah yang digunakan seorang pengelola website agar website yang dikelolanya memiliki peringkat dan posisi yang bagus di mesin pencari, bukan hanya di google tetapi juga di bing, yandex dan lain sebagainya.

Langkah-langkah tersebut salah satunya adalah membuat artikel dengan kualitas SEO. Membuat artikel SEO merupakan salah satu unsur dari SEO on Page dimana optimasi dilakukan dari dalam website itu sendiri. Kualitas sebuah website dapat dilihat dari artikelnya. Hal tersebut memang sejalan dengan tujuan pembuatan website itu sendiri adalah untuk menyediakan beragam informasi kepada pembaca sehingga melalui website tersebut banyak orang mendapatkan informasi dan tertolong.

Cara Menulis Artikel SEO

Nah yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat artikel SEO itu? Untuk anda pengguna wordpress tentu saja sudah tertolong dengan adanya beberapa plugin yang akan membantu anda menulis artikel SEO seperti Yoast SEO ataupun All in SEO, namun untuk pengguna blogger tentu saja hal tersebut masih buram.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat artikel dengan kualitas SEO:

  1. Utamakan Kualitas Konten
  2. Memaksimalkan Penempatan dan Riset Kata Kunci (Keyword)
    1.1. Kata Kunci di dalam Artikel
    1.2. Penggunaan Tag
    1.3. Memaksimalkan Penggunaan Meta Description
    1.4. Peggunaan Permalink
    1.5. Penggunaan Sub Judul
  3. Optimasi Gambar
  4. Paragraf dan Jumlah Kata
  5. Maksimalkan Eksternal dan Internal Link
  6. Struktur Artikel

Nah dibawah ini ulasan lengkapnya mengenai cara membuat artikel SEO yang akan saya jelaskan secara sederhana dan singkat.

1. Utamakan Kualitas Konten

Kesalahan terbesar seorang blogger ketika menulis artikel adalah selalu melihat apakah tulisan tersebut sudah SEO atau belum tanpa mempertimbangkan bobot dan esensi dari apa yang ditulisnya. Ini merupakan sebuah kesalahan yang sangat fatal mengingat tujuan utama kita ngeblog adalah menyediakan informasi.

Untuk apa artikel yang kita buat naik di peringkat pertama google tetapi isinya mengambang dan tidak karuan. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan permasalahan baru yang membuat pembaca malah tambah bingung dan kapok untuk mengunjungi blog anda. Jangan sampai karena sudah disilaukan dengan nikmatnya uang dari blog sehingga kita melupakan bobot artikel yang kita buat.

Sediakanlah artikel yang memang betul-betul dapat membuat pembaca merasa terpuaskan atas informasi yang anda sediakan, sehingga pembaca akan merasa senang dan betah dengan tulisan-tulisan anda d blog.

2. Memaksimalkan Penempatan dan Riset Kata Kunci

Jika kualitas konten sudah anda pahami maka selanjutnya masuk dalam tahap pembuatan artikel. Pertama-tama tentu saja kita harus menentukan topik apa yang hendak kita tulis beserta dengan judulnya. Dalam membuat judul tulisan tentu saja harus meriset kata kunci yang hendak dipakai, anda bisa menggunakan tools untuk meriset keyword ini seperti ubersuggest, semrush, dan lain sebagainya.

Tools-tools tersebut akan membantu anda menemukan kata kunci yang tepat dan memiliki nilai persaingan dan juga harga yang tinggi. Jika blog baru maka ada baiknya menggunakan kata kunci dengan persaingan yang rendah, namun jangan terfokus di situ saja jika anda merasa sudah mampu bersaing maka gunakanlah kata kunci dengan persaingan yang tinggi.

Dalam membuat judul, gunakanlah satu kata kunci saja, jangan dua karena hal tersebut akan mempengaruhi pencariannya nanti di mesin pencari. Misalnya anda hendak menulis tentang “cara membuat artikel SEO dan berkualitas“, dan kata kuncinya adalah “membuat artikel SEO”. Dalam judul tersebut hanya terdapat satu kata kunci saja dan tidak dipotong oleh kata lain namun di awal judul bisa di tambahkan embel-embelnya maupun diakhir kata kunci. Judul diatas embel-embelnya adalah “Cara” dan “berkualitas”

Bukan hanya penggunaan kata kunci di judul, namun kata kunci juga harus ditempatkan di dalam artikel, sub judul, meta description, tag dan juga permalink. Kata kunci dalam artikel tersebut bisa di blod (ditebalkan), Italic (miring), atau digaris bawahi. kata kunci tersebut akan membantu artikel anda bersaing de mesin pencari google. Namun perlu anda perhatikan bahwa gunakanlah kata kunci dengan sewajarnya dan tidak berlebihan karena penggunaan kata kunci yang berlebihan dalam artikel akan sangat buruk bagi artikel tersebut.

Artikel Terkait: Cara Membuat dan Memaksimalkan Tag di Blog

3. Optimasi Gambar

Penggunaan gambar tergolong sangat penting dalam sebuah artikel blog. Penggunaan gambar akan membuat artikel anda dapat dikunjungi ketika orang lain mencari gambar di tab gambar mesin pencari. Ketika hendak memasukkan gambar kedalam blog, usahakan menggunakan gambar gratis dan tidak dilindungi oleh hak cipta. Anda bisa mendapatkan gambar gratis melalui situs-situs penyedia gambar gratis seperti pixabay. Situs ini menyediakan banyak gambar gratis dan bisa digunakan untuk kebutuhan komersil.

Artikel Terkait: Pixabay, Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog

Selain itu lengkapi deskripsi gambar anda seperti judul gambar, URL gambar menuju ke blog anda, serta deskripsi gambar anda.

4. Paragraf dan Jumlah Kata

Dalam menulis artikel seo, jumlah katapun termasuk salah satu hal yang cukup penting. Jika plugin seperti Yoast Seo menggunakan standar untuk artikel SEO minimal 300 kata, namun semakin banyak kata dalam artikel anda maka semakin baik. Hal tersebut karena semakin banyak kata dalam artikel memungkinkan anda mengupas tuntas topik yang anda bahas dan hal tersebut sangatlah bagus baik untuk mesin pencari maupun pembaca itu sendiri.

Untuk bagian paragraf, ketika anda membuat artikel jangan sampai dalam 1 paragraf tersebut kalimat terlalu panjang sehingga membosankan pembaca. Jika dirasa kalimat terlalu panjang maka muatlah di paragraf selanjutnya.

5. Maksimalkan Eksternal dan Internal Link

Artikel dengan kualitas SEO tentu saja tidak lepas dari yang namanya internal link maupun eksternal link. Internal link merupakan link yang mengarah ke blog anda, sedangkan eksternal link adalah link yang mengarah ke blog orang lain. Tujuan internal link bisa untuk meningkatkan page view blog anda sehingga optimasi SEO pada blog bisa maksimal melalui internal link tersebut. Begitupun dengan eksternal link akan membuat kredibilitas blog anda menjadi meningkat.

6. Struktur Artikel

Bukan hanya penulisan karya ilmiah yang ketika dibuat dan disusun strukturnya harus bagus, namun artikelpun harus demikian. Walaupun struktur artikel tidak serumit struktur penulisan karya ilmiah namun ketika membuat artikel anda harus memperhatikan bagian pembuka, isi (berisi ulasan dan juga penekanan point penting), dan juga penutup.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat artikel SEO, Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *