Cara Memperbaiki Shareit Tidak Bisa Mengirim dan Menerima

Cara Memperbaiki Shareit Tidak Bisa Mengirim dan Menerima – Indonesia Terpercaya, Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang tergolong sangat pesat. Jika dulunya kita mengirim file baik itu berupa gambar, video, dokumen, audio dan lain sebagainya dari satu perangkat ponsel ke ponsel lain melalui inframerah dan bluetooth, maka semuanya itu tergeser dengan kehadiran shareit.

Kecepatan transfer data aplikasi shareit juga tergolong lebih cepat dibandingkan dengan inframera dan bluetooth sehingga orang berbondong-bondong meninggalkan fitur tersebut dan lebih memilih untuk beralih menggunakan shareit.

Shareit adalah salah satu aplikasi yang memang sudah sangat populer saat ini terutama dalam urusan mengirim ataupun menerima file, dan bahkan setiap orang yang memiliki hp android pasti memiliki aplikasi ini di ponsel mereka.

Walaupun demikian, aplikasi shareit juga tidak terlepas dari berbagai macam permasalahan terutama ketika mengirim ataupun menerima file berupa gambar, video, lagu dan lain sebagainya. Misalnya saja ketika anda hendak mengirim file, namun perangkat tujuan tidak tersedia atau tidak terdeteksi sehingga proses pengirimannya tidak bisa dilakukan.

Kegagalan dalam mengirim dan menerima data bisa saja terjadi karena berbagai macam alasan, misalnya saja sinyal wifi mengalami gangguan dari salah satu perangkat, adanya fitur yang mendukung transfer data tidak diaktifkan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas tuntas mengenai cara mengatasi shareit yang tidak bisa mengirim dan menerima, oleh karena itu silahkan simak panduan penanganannya berikut ini.

Cara Memperbaiki Shareit Tidak Bisa Mengirim dan Menerima

Jika anda mengalami kendala seperti yang sudah saya paparkan diatas, maka beberapa hal ini bisa anda coba agar shareit anda bisa mengirim ataupun menerima file:

1. Mengaktifkan Fitur Pendukung Shareit

Salah satu alasan mengapa perangkat tidak dapat ditemukan ketika hendak mengirim atau menerima file adalah karena anda belum mengaktifkan fitur yang akan mendukung proses treansfer data melalui shareit tersebut yakni Layanan Lokasi, Bluetooth, Wlan (si pengirim) dan hotspot (si penerima).

Fitur-fitur tersebut haruslah diaktifkan karena fitur tersebutlah yang akan membantu aplikasi shareit dalam mengirimkan data. Fitur tersebut haruslah diaktifkan oleh kedua pihak baik itu si pengirim ataupun si penerima, dan jika salah satunya tidak mengaktifkan fitur tersebut maka file tidak dapat dikirim dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

2. Hapus Pembatasan Aplikasi Shareit

Jika cara pertama telah anda lakukan namun belum bisa mengirim file, maka silahkan anda cek di perangkat ponsel anda apakah aplikasi shareit tersebut dibatasi oleh perangkat. Jika memang dibatasi maka silahkan anda hilangkan pembatasan tersebut dengan cara mengizinkan shareit berjalan sepenuhnya di android anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan buka Menu kemudian cari Pengaturan => Aplikasi
  • Di aplikasi tersebut silahkan anda cari aplikasi Shareit. Disitu akan dipaparkan data-data seputar aplikasi tersebut di perangkat anda misalnya peyimpanan, penggunaan data, notifikasi, izin dan lain sebagainya.
  • Silahkan pilih dan klik Izin kemudian izinkan aplikasi tersebut mengakses fitur di perangkat ponsel anda.
  • Jika sudah silahkan buka aplikasi shareit dan coba kembali untuk mengirim atau menerima

3. Clear Data di Aplikasi Shareit

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan jika aplikasi shareit tidak bisa mengirim ataupun menerima file adalah membersihkan data-data di aplikasi tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan masuk ke Pengaturan => Aplikasi
  • Selanjutnya silahkan cari dan pilijh aplikasi Shareit
  • Jika sudah berada di dalam data-data aplikasinya, silahkan pilih Penyimpanan => Hapus Data
  • Selanjutnya klik OK
  • Jika sudah silahkan buka kembali aplikasi shareit dan coba untuk mengirim atau menerima file.

4. Mengupdate atau Reinstal Aplikasi Shareit

Hal terakhir yang bisa anda lakukan bila aplikasi shareit tersebut tidak bisa digunakan adalah mengupdate aplikasi tersebut. Tujuannya adalah agar anda mendapatkan versi terbaru dari aplikasi shareit dengan fitur terbaru yangakan mempermudah transfer file anda.

Selain mengupdate aplikasi, jika aplikasi tersebut tidak bisa digunakan bisa juga menghapus aplikasi tersebut terlebih dahulu dari perangkat anda kemudian menginstalnya kembali. Semua pengaturan yang telah anda ubah akan kembali ke posisi awal dan memungkinkan anda dapat menstransfer file seperti sedia kala waktu pertama kali mendownload aplikasi ini.

Penutup

Demikinalah beberapa Cara Memperbaiki Shareit Tidak Bisa Mengirim dan Menerima yang bisa anda lakukan. langkah-langkah diatas telah saya praktekkan sendiri dan terbukti berhasil ketika mengalami kendala serupa di aplikasi shareit. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *