Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Cara Memperbanyak ASI Secara Alami – Indonesia Terpercaya, ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber makanan dan gizi utama pada bayi terutama bayi yang baru karena bayi belum bisa mencerna makanan yang padat. ASI memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi seperti vitamin, protein, karbohidrat dan lemak.

Salah satu permasalahan yang sering timbul dan dialami oleh ibu yang sementara menyusui adalah kurangnya produksi ASI. Stres yang dialami bisa memengaruhi produksi ASI loh bunda. Menyusui memang tidak mudah, tapi ada beberapa cara memperbanyak ASI yang cukup efektif.

Cara Memperbanyak ASI

Berikut ini kiat-kiat yang bisa bunda lakukan untuk menikatkan dan memperbanyak ASI agar si buah hati dapat tumbuh dengan baik dan asupan gizinya tetap terpenuhi:

1. Perbanyak Beristirahat

Biasanya buah hati baru lahir perlu disusui setiap beberapa jam. Hal ini dapat mengganggu jam istirahat Bunda. Belum lagi, Bunda harus menenangkan buah hati saat rewel dan menangis. Mendapatkan istirahat sebanyak mungkin, bisa menjadi cara memperbanyak ASI yang sangat efektif. Hindari menghabiskan energi untuk membereskan rumah, Bun. Tidurlah saat buah hati tidur, sempatkan untuk tidur siang. Buat jadwal menyusui pada malam hari dengan pasangan sehingga bisa bergantian merawat buah hati.

Jika Bunda selalu dalam kondisi sehat dan bugar, suasana hati pun ikut gembira. Hal ini akan semakin meningkatkan produksi ASI dan membuat buah hati tumbuh ceria dan sehat. Sebaliknya, kelelahan karena kurang tidur atau kurang beristirahat dapat memicu produksi hormon kortisol yang menghambat aliran ASI untuk buah hati.

2. Hindari Melewatkan Waktu Makan

Supaya dapat mempertahankan produksi ASI, Bunda harus makan tepat waktu. Jika tidak sempat masak, tidak ada salahnya memesan makanan atau minta bantuan anggota keluarga. Namun, pilih menu-menu sehat yang dapat memberi lebih banyak asupan energi dan nutrisi untuk produksi ASI. Cobalah untuk meminimalkan konsumsi kafein.

Sebaliknya, minum banyak air agar terhindar dari dehidrasi sebagai cara memperbanyak ASI yang efektif. Pilih jenis makanan yang memperbanyak buah-buahan, sayur-sayuran, serta ikan laut yang kaya Omega 3 dan Omega 6.

3. Jangan Segan Minta Bantuan

Merawat bayi baru lahir membutuhkan banyak energi dan perlu banyak penyesuaian. Lakukan apa yang Bunda bisa, tapi hindari menumpuk pekerjaan sehingga menambah tingkat stres. Mengganti popok, mencuci pompa ASI, hingga membersihkan rumah, bisa Bunda lakukan bergantian dengan pasangan atau anggota keluarga lain.

Jika mengalami kesulitan dalam memberikan ASI, jangan berkecil hati, Bun. Ada banyak konsultan laktasi yang siap membantu untuk menemukan cara memperbanyak ASI dengan mudah dan tepat.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga dipercaya membantu melepaskan hormon endorphin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Hormon ini berguna menimbulkan rasa senang dan nyaman sehingga memberikan energi fisik. Energi ini akan sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Banyak ibu merasa kesulitan menemukan waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Padahal, olahraga ringan selama 10-20 menit berjalan kaki sudah dapat membantu Bunda merasa segar dan menangkal stres. Selipkan beberapa menit beberapa kali dalam sehari untuk membantu ibu menyusui memiliki lebih banyak energi.

Lakukan peregangan atau olahraga ringan di rumah selama buah hati tidur siang. Bunda juga bisa mencoba kelas latihan yang khusus dirancang bagi ibu dan buah hati. Hal ini tidak hanya membuat Bunda lebih segar, tetapi juga terlihat lebih sehat dan merasa lebih bahagia.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Pada saat menyusui, bunda haruslah mengonsumsi makanan yang bergizi. Disini bnda tidak dimaksudkan untuk mengonsumsi makanan tertentu utnuk menambah asupan ASI, namun harus menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Makanan yang dikonsumsi haruslah mengandung:

  • Serat. Srat ini dapat diperoleh dari sayur-sayuran segar, buah-buahan dan juga sereal. Sayur dan buah-buahan disarankan banyak dikonsumsi ketika menyusui sebagai pelengkap vitamin dan mineral dalam tubuh
  • Protein. Protein bisa didapatkan dari ikan,telur, daging dan juga berbagai macam kacang-kacangan.
  • Karbohidrat Kompleks. Untuk karbohidrat bisa diperoleh dari mengonsumsi nasi, kentang, dan roti gandum utuh.
  • Susu atau berbagai macam olahan susu misalnya yoghurt.

Ada banyak cara memperbanyak ASI yang dapat dicoba. Hal terpenting untuk diingat adalah tingkat stres dapat memengaruhi jumlah ASI. Jadi, lakukan yang terbaik untuk membuat suasana hati Bunda lebih bahagia dan bebas stres. Agar pengalaman menyusui buah hati menjadi momen terindah yang tak terlupakan

Demikianlah ulasan mengenai Cara Memperbanyak ASI Secara Alami, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk bunda, sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *