Cara Mengatasi Jingling di Blog

Cara Mengatasi Jingling di Blog – Indonesia Terpercaya, Memiliki visitor yang melimpah merupakan impian bagi semua orang yang terjun ke dunia blogging. Visitor atau yang biasa dikenal dengan pengunjung blog bisa datang dari mana saja seperti dari media sosial (traffic sosial), mesin penelusuran (trafik organik), referral dan juga auto visitor (trafik bot/robot) dari sebuah situs atau aplikasi.

Namun trafik robot tersebut tergolong berbahaya dan tidak sehat karena akan mempengaruhi kinerja blog yang anda kelola. Jingling adalah sebuah trafik robot/bot/auto visitor yang dikirimkan orang lain melalui situs atau aplikasi ke blog kita. Desas desus yang beredar bahwa jingling ini pertama kali dibuat dan dikembangkan di Cina dan pada saat ini, jingling digunakan untuk menjahili ataupun merusak reputasi blog orang lain di mesin pencari.

Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba mengulas tuntas mengenai jingling atau auto visitor agar blog yang anda kelola bisa terhindar dari tangan-tangan jahil yang mengirimkan visitor robot.

Artikel Terkait:

Ciri-ciri Blog Yang Terkena Jingling

Mungkin anda penasaran bagaimana ciri-ciri blog yang terkena jingling mengingat untuk membedakan trafik robot dengan traffik lainnya seperti organik ataupun referral tergolong susah. Berikut ini ciri-ciri blog yang sudah dijingling oleh orang lain:

  • Page view pada blog naik drastis. ini bisa dilihat melalui fitur statistic blog dan jika ada peningkatan secara signifikan maka anda perlu waspada jangan-jangan blog anda terkena jingling
  • Bukan hanya page view yang anda amati namun sumber lalu lintas blog juga perlu anda amati dan biasanya blog yang terkena jingling sumber lalu lintasnya berasal dari situs yang tidak dikenali.
  • Bukan hanya sumber lalu lintas situs, tetapi negara juga. Jika konten anda full indonesia tapi mendapatkan banyak pengunjung dari negara lain misalnya Israel padahal anda tidak pernah menargetkan konten anda untuk negara tersebut, maka anda perlu waspada blog anda telah kena jingling.

Dampak Jingling Pada Blog

Jika blog anda betul-betul telah terkena jingling, maka akan memiliki dampak buruk terhadap kinerja blog yang anda kelola. hal tersebut dikarenakan Walaupun page view meningkat secara drastis namun itu bukan dari manusia melainkan robot. Berikut ini beberapa dampak buruk jingling pada blog:

  • Pengunjung bot sangat tidak disukai oleh google sehingga sangat Susah untuk naik dan bersaing di halaman 1 google.
  • Jika blog yang anda gunakan sudah terkait dengan adsense, maka bisa saja adsense anda akan rawan dinonaktifkan (disable) jika terus-terusan terkena jingling.
  • Blog akan susah terindeks di google.
  • Human Trafick akan sangat sedikit.
  • Pendapatan pada blog akan berkurang (jika sudah terpasang iklan), dll.

Cara Mengetahui Blog Terkena Jingling

Untuk mengetahui apakah blog anda terkena jingling atau memang trafiknya berasal dari manusia, caranya cukup mudah. Untuk anda pengguna blogger, di dasbor blogger silahkan anda buka statistik kemudian perhatikan sumber lalu lintasnya dan juga tayangannya. Hal tersebut telah saya jelaskan pertama kali diatas.

Cara Mencegah dan Mengatasi Jingling di Blog

Jingling memang memiliki banyak dampak buruk terhadap blog yang kita kelola, oleh karena itu ada baiknya jika anda mencegah sekaligus mengatasi agar blog tidak kena jingling oleh orang lain. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengcegah jingling pada blog:

1. Jangan Share Link Blog ke Sembarang Grup

Dari pengamatan yang saya lakukan, banyak blog yang terkena jingling karena mereka terlalu sering membagikan link blog mereka ke grup-grup khususnya grup blog. Awalnya mereka berfikir bahwa ketika menshare link tersebut ke grup blog, mereka akan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Namun tanpa mereka sadari bahwa di grup tersebut terdapat banyak orang yang sudah bergelut di dunia blogging dan boleh dikata profesional termasuk dalam hal jingling menjingling, sehingga membagikan link ke grup-grup blog bisa saja mendatangkan jingling ke blog anda.

Jadi untuk mencegah jingling, ada baiknya link blog anda jangan di publish di grup-grup tersebut. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa banyak blogger yang tetap merahasiakan link blog mereka agar tidak terkena jingling dan tetap awet.

2. Jangan Share Link Blog ke Orang Yang Tidak Dikenal

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah tidak memberitahukan link blog anda ke orang yang belum anda kenal. Ada banyak modus yang dilakukan oleh orang yang iri dengan anda ketika sudah sukses di dunia blogging, dan salah satunya adalah menjingling blog anda. Umumnya mereka akan meminta link blog anda dengan berbagai macam alasan namun ujung-ujungnya dijingling oleh mereka

3. Memasang Script Anti Jingling

Terakhir, untuk mengatasi jingling pada blog anda bisa menggunakan script anti jingling. Script ini bukan hanya untuk mencegah jingling (auto visitor), namun juga bisa mengatasi jika ada smpam yang dilakukan bot terhadap blog anda. Berikut ini cara memasang script anti jingling di blog:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: http://indonesiaterpercaya.net/feeds/posts/default?orderby=UPDATED 

Langkah-langkah untuk memasang script diatas khusus untuk anda pengguna blogspot adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama di dasbor blogger anda, silahkan pilih dan klik Setting => Preferensi Penelusuran => Robot.txt => Edit
  • Selanjutnya silahkan dicopy script diatas dan tempelkan di Robot.txt Khusus tersebut. Jangan lupa untuk mengganti http://indonesiaterpercaya.net dengan URL blog anda, kemudian pilih Simpan Perubahan

Demikianlah beberapa hal seputar jingling, mulai dari pengertian jingling, ciri-ciri blog terkena jingling, cara mengetahui blog yang telah dijingling sampai pada cara mencegah dan mengatasi blog yang terkena jingling. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *