Cara Mengatasi Nasi Bau Basi di Rice Cooker

Cara Mengatasi Nasi Bau Basi di Rice Cooker – Indonesia Terpercaya, Pernahkah anda mengalami masalah ketika memasak nasi dan belum cukup satu hari nasi tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti basi dan juga lembek seperti bubur. Tentu saja hal tersebut sangat disayangkan apalagi jika kita sudah masak nasi banyak dan akhirnya terbuang percuma karena masalah tersebut.

Selain makanan terbuang percuma, pastinya pengeluaran akan menjadi lebih besar terutama untuk membeli beras mengingat harga beras di pasaran akhir-akhir ini melambung naik. Nah pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas penyebab dan cara mengatasi Nasi Bau Basi di Rice Cooker dan cara ini sering saya terapkan untuk mengatasi nasi yang cepat basi.

Sebelum masuk kedalam cara mengatasi nasi bau di rice cooker, pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebab sehingga nasi tersebut menjadi basi agar kita bisa mengatasi masalahnya. Biasanya nasi cepat menjadi bau karena beberapa faktor berikut:

  1. Rice Cooker Rusak
    Biasanya nasi cepat bau di rice cooker karena rice cooker tersebut telah rusak. Walaupun masih bisa digunakan tetapi periksalah apakah tidak ada kerusakan di rice cooker tersebut seperti pada tutupnya, atau saluran udaranya yang mengakibatkan nasi cepat basi.
  2. Arus Tidak Stabil
    Salah satu permasalahan juga biasanya yang mengakibatkan nasi cepat basi di rice cooker karena arus/ tegangan listrik tidak stabil sehingga proses memasak ataupun menghangatkan nasi menjadi kurang maksimal.
  3. Rice Cooker Tidak Tercolok ke Listrik
    Biasanya nasi cepat basi di rice cooker juga disebabkan karena rice cooker tidak terhubung ke arus listrik yang membuat proses menghangatkan nasi tidak berjalan. Biasanya udara dalam bentuk uap air akan mengendap di lapisan atas tutup rice cooker dan membuat nasi menjadi cepat basi.

Nah setelah mengetahui penyebab mengapa nasi tersebut cepat basi di rice cooker, maka langsung saja kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut.

Cara Mengatasi Nasi Bau Basi di Rice Cooker

Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja anda harus mengatasinya dengan cara mengatasi sumber masalahnya seperti yang telah saya terangkan diatas. Bisa saja anda memanggil tukang service jika rice cookernya memang rusak.

Namun bagaimana bila rice cooker/ magic com tersebut masih baru tetapi ketika memasak nasi kok cepat bau? Nah berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut:

  • Pertama-tama silahkan cuci bersih beras yang hendak anda masak
  • Selanjutnya silahkan atur takaran air sesuai dengan banyaknya beras yang hendak anda masak
  • Selanjutnya tambahkan sedikit jeruk nipis (satu iris kecil) biar nasinya tidak bau sengak dan tidak cepat basi

Menambahkan jeruk nipis di nasi yang dimasak selain membuat nasi tidak cepat berair dan basi juga membuat nasi lebih enak, putih dan terlihat bersih. Banyak ibu-ibu yang telah mencoba info receh ini dan memang terbukti berhasil. Jadi tidak ada salahnya untuk anda coba di rumah yah jika anda mempunyai masalah serupa.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengatasi Nasi Bau Basi di Rice Cooker ataupun magic com, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagika ke teman atau keluarga yang mengalami masalah serupa. Sekian dan terima kasih.

Loading...
Updated: 22 September 2019 — 10:02 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *