Jangan Dibuang, 7 Manfaat Silica Gel Yang Jarang Diketahui

Manfaat Silica Gel – Indonesia Terpercaya, Pernahkah anda membeli barang seperti dompet atau tas kemudian menemukan sebuah bungkusan kecil didalamnya yang mirip butiran kaca? Butiran kecil tersebut bernama silica gel dan banyak orang ketika mendapatkannya di dalam dompet atau tas kemudian langsung membuangnya karena dianggap tidak penting.

Silica gel adala sebuah mineral alami yang sudah dimurnikan dan diolah menjadi butiran-butiran kecil seperti kaca. Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis.

Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Karena sifatnya sebagai pengering, maka gel silica memiliki pori-pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki daya serap yang sangat kuat terhadap molekul air.

Manfaat Silica Gel

Banyak orang ketika mendapati silica gel ini di dalam dompet, tas atau barang lain yang baru dibelinya, mereka kemudian langsung membuang silica gel tersebut. Silica gel ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk menjaga dan merawat benda yang anda miliki. Silica gel berperan penting untuk menjaga kelembaban dan juga mencegah tumbuhnya jamur di benda kesayangan anda. Apa saja manfaat silica gel? berikut ini saya akan paparkan satu per satu.

  • Memulihkan Ponsel Basah
    Jika anda mendapati masalah ponsel anda basah atau terkena air, anda bisa menggunakan silica gel untuk menyerap kelembaban agar ponel cepat kering dan berfungsi kembali. Caranya cukup mudah, anda tinggal menyimpan bungkusan silica gel beserta dengan ponsel yang basah tadi di dalam satu wadah kantong plastik kemudian tutup dengan rapat. Tunggu semalaman hingga ponsel anda terbebas dari kelembaban karena air.
  • Membuat Buku Lebih Awet
    Jika anda meyimpan buku dalam waktu yang lama di dalam lemari, biasanya buku-buku tersebut sangat rentan terserang jamur yang ditandai dengan lembaran buku yang menguning dan muncul bintik hitam. Untuk mengatasi hal tersebut tidak ada salahnya anda menggunakan silica gel agar buku anda tetap awet. Simpan buku bersama dengan beberapa bungkus silica gel di dalam lemari, dijamin buku anda akan awet walaupun jarang digunakan dan juga terhindar dari jamur.
  • Membuat Perhiasan Tetap Bersih
    Jika anda mempunyai perhiasan dirumah tentu saja anda akan selalu menjaga dan merawat perhiasan tersebut. Suhu udara yang lembab biasanya akan membuat warna perhiasan memudar. Untuk mengatasi hal tersebut dan merawat perhiasan anda, coba letakkan silica gel di dalam kotak perhiasan agar terjaga kondisinya dengan baik.
  • Mengatasi Bau Tidak Sedap Pada Sepatu
    Jika anda mempunyai hobi berolahraga, maka tak jarang anda mempunyai sebuah tas khusus untuk menyimpan sepatu dan berbagai macam alat olah raga yang anda gunakan. Seringkali sepatu tersebut menjadi jamuran dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan silica gel.
  • Membuat Peralatan Tidak Cepat Karatan
    Biasanya peratan dengan bahan dasar besi seperti gunting, obeng, tang, kunci-kunci akan cepat sekali berkarat terutama jika jarang digunakan dan dalam suhu yang lembab. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menyimpan peratan-peralatan tersebut bersama dengan beberapa bungkus silica gel di dalam kotak penyimpanan karena silica gel dapat menyerap air dan mengurangi kelembaban.
  • Menjaga Dokumen Penting Agar Tidak Cepat Rusak
    Di rumah pasti anda menyimpan berbagai macam dokumen penting seperti ijazah, surat-surat tanah, akte kelahiran dan lain sebagainya. Biasanya dokumen tesebut disimpan dalam waktu yang cukup lama karena jarang digunakan dan resikonya adalah cepat kuning dan ditumbuhi jamur. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menyimpan dokumen bersama dengan silica gel di dalam laci atau tempat penyimpanan dokumen penting.
  • Merawat Baju Didalam Lemari
    Baju yang disimpan di dalam lemari biasanya akan menguning dan ditumbuhi jamur jika sangat jarang digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan silica gel agar baju anda terawat dan tetap bagus

Sebenarnya masih banyak benda di rumah yang dapat dirawat menggunakan silica gel. Jadi jika ada benda yang hendak anda simpan dalam jangka waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya ketika menyimpannya bersama dengan silica gel untuk merawat benda-benda tersebut.

Jadi ketika mendapati selica gel dalam barang yang baru anda beli, jangan dibuang yah karena memiliki banyak sekali kegunaan untuk benda-benda di rumah anda.

Demikianlah ulasan saya mengenai Manfaat Silica Gel Yang Jarang Diketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa dibagikan kepada keluarga dan teman agar sama-sama mengetahui manfaatnya. Sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *