Panduan Cara Memilih Power Bank yang Bagus

Panduan Cara Memilih Power Bank yang Bagus – Indonesia Terpercaya, Kebutuhan orang terhadap gadget semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tak heran kalau saat ini banyak diproduksi aksesori untuk mendukung mobilitas pengguna. Salah satu yang mungkin tak asing bagi Anda adalah power bank. Power bank adalah aksesori yang dibutuhkan oleh setiap pengguna gadget tanah air.

Kehadiran power bank sangatlah membantu banyak orang dalam menjalankan aktivitas hariannya. Brand-brand seperti Xiaomi, Sony, Anker, Asus, Aukey, dan Samsung menjadi referensi pilihan banyak orang. Apakah Anda telah memiliki sebuah power bank sendiri? Bila belum, kami sarankan agar Anda segera membeli perangkat ini.

Bagi yang masih berstatus pelajar, kehadiran power bank dapat membantu smartphone Anda tetap memperoleh pasokan daya saat daya baterai berkurang. Saat melakukan perjalanan, power bank akan menyelamatkan Anda dari kejemuan perjalanan yang melelahkan. Melihat betapa pentingnya aksesori ini, tak ada lagi alasan untuk Anda menolak membeli peranti pengisian ulang daya baterai ini.

Cara Memilih Power Bank yang Benar

Siapkan bujet antara ratusan hingga jutaan rupiah untuk bisa membawa pulang satu buah power bank yang Anda sukai. Dalam memilih power bank, Anda harus memperhatikan sejumlah poin agar tak kecewa akibat performa barang yang buruk. Berikut kami ulas bagaimana cara memilih power bank yang benar sehingga Anda akan memperoleh produk yang tepat dan berkualitas terbaik.

Pahami Jenis Baterai yang Digunakan

Saat berburu power bank, Anda wajib menanyakan atau memeriksa sel baterai yang disertakan pada produk. Umumnya, produsen menggunakan dua amcam sel baterai, yaitu Li-ion dan Li-po. Sel baterai Li-ion biasanya dibandrol dengan harga lebih terjangkau karena kemampuan mentransfer daya yang lebih rendah dibandingkan sel baterai Li-po.

Sel baterai Li-po tak hanya bisa dipakai untuk mengisi ulang daya smartphone Anda, tetapi gadget lain seperti tablet, kamera digital, dan sejenis lainnya. Bagi Anda yang berbujet terbatas, tak ada salahnya untuk membeli power bank dengan baterai tipe Li-ion. Meski tak sebagus Li-po, tipe baterai ini tetap ideal untuk menunjang kebutuhan harian.

Pilihlah Kapasitas yang Lebih Besar dari Baterai Gadget

Gadget dalam hal ini merujuk pada ponsel pintar atau smartphone. Jika Anda mempunyai smartphone dengan kapasitas baterai 3000 mAh, maka power bank yang disarankan haruslah berkapasitas lebih besar dari kapasitas baterai smartphone. Seringkali pengguna keliru dalam hal ini. Ingat, angka daya yang tercatut pada kemasan power bank tak mewakili keseluruhan kapasitas saat terkirim pada smartphone Anda.

Oleh sebab itu, utamakan memilih power bank yang menyediakan kapasitas tampung daya lebih besar. Umumnya power bank berkapasitas 10.000 mAh sudah cocok. Anda bisa menyesuaikan angkanya dengan kebutuhan. Beberapa produsen bahkan ada yang menciptakan power bank dengan daya tampung mencapai 20.000 mAh.

Pilihlah Power Bank dengan Arus Daya yang Seimbang

Tingkat aliran daya dari power bank menuju ponsel pintar akan memengaruhi kecepatan pengisian. Pahamilah hal ini betul-betul agar tidak timbul kerusakan pada perangkat utama, yakni gadget Anda. Arus daya yang pengirimannya cepat akan membuat baterai cepat terisi. Anda mungkin sudah tak asing dengan istilah smartphone berfitur fast charging, bukan? Itulah poin yang mesti diperhatikan.

Agar memperoleh performa yang stabil dan maksimal, usahakan untuk menyamakan tingkat aliran daya dari kedua perangkat. Bila gadget Anda dapat menerima daya pada nilai arus sebesar 2 ampere, maka aliran daya dari power bank juga besarannya harus sama. Untuk mengetahui nilai arus ini, Anda bisa mengeceknya pada kardus ponsel atau badan power bank.

Bila Perlu, Carilah yang Mengantongi Sertifikasi Resmi

Di negara-negara Eropa dan Amerika, produk aksesori gadget haruslah diperiksa secara ketat sebelum bisa diedarkan. Biasanya, produk yang uji lolos akan mendapatkan sertifikasi bertanda FCC untuk Amerika dan EC untuk Eropa. Untuk sertifikasi pengisi daya baterai juga bisa ditemui dengan singkatan BC.

Logo sertifikasi dari masing-masing produk bisa dilihat dari kemasan produk yang menandakan bahwasanya produk tersebut diproduksi dengan memenuhi standar internasional. Bagaimana dengan Indonesia? Saat ini, masih belum banyak power bank (terkecuali yang dikeluarkan oleh brand populer) yang memiliki sertifikasi tersebut. Walau demikian, bukan berarti barang tersebut tidak bagus, ya!

Pertimbangkan Untuk Memilih Power Bank dengan Fitur-fitur Unggulan

Setiap pabrikan mengeluarkan power bank terbaik yang masing-masing dibekali dengan fitur yang berbagai macam. Anda bakal menemui power bank dengan fitur-fitur canggih seperti auto-cut yang mana akan menghentikan pengisian daya secara otomatis saat baterai smarthone sudah penuh.

Di samping itu, ada lagi fitur lain seperti menyediakan kabel port ganda yang berguna untuk melakukan pengisian daya sekaligus pada dua perangkat yang berbeda. Bila ingin memilih power bank yang disematkan fitur ini, sebaiknya utamakan produk yang menyediakan kapasitas tampung daya cukup besar.

Itulah panduan dalam memilih power bank terbaik. Kami menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan garansi yang diberikan sewaktu pembelian. Tanyakan pada penjual mengenai hal ini. Umumnya, pembeli akan mendapatkan garansi produk minimal enam bulan. Dengan adanya garansi, Anda pun bisa mengajukan klaim garansi saat terjadi kerusakan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Untuk Informasi lebih lanjut seputar Power Bank dan berbagai macam rekomendasi produk unggulan, bisa mengunjungi situs Rekomendasi Terbaik, semoga ulasan tentang Cara Memilih Power Bank yang Bagus ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *