Peran Website dalam Bisnis Online

Peran Website dalam Bisnis Online – Indonesia Terpercaya, Tidak bisa dipungkiri Perkembangan teknologi sekarang ini membawa banyak dampak positif bagi setiap lini kehidupan manusia termasuk dalam dunia bisnis. Teknologi membuat bisnis dapat dijalankan secara mudah dan bahkan melalui semuanya itu akan meningkatkan pendapatan seseorang yang bergelut di dunia bisnis.

Apa Itu Bisnis Online?

Mungkin anda sudah tidak akan asing lagi dengan istilah bisnis online. Ya jika anda menggunakan internet sebagai wadah untuk mendapatkan penghasilan, maka hal tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai bisnis online. Bisnis online bisa meliputi penjualan barang secara online maupun menawarkan jasa secara online. Tentu saja yang berperan penting dalam bisnis online tersebut adalah internet.

Secara singkatnya, bisnis online adalah suatu usaha yang dilakukan baik itu perorangan maupun kelompok dalam meningkatkan pendapatan dan mengusahakan kehidupannya melalui internet. Semua orang dapat menggunakan wadah ini tanpa terkecuali mulai dari anak kecil sampai lansia dapat menggunakannya.

Keunggulan Bisnis Online

Untuk anda yang berencana membangun sebuah bisnis online tentu saja mencari dan ingin mengetahui apa saja keunggulan ketika kita memulai membangun sebuah bisnis online. Nah berikut ini beberapa keunggulan bisnis online yang wajib anda ketahui sebelum memulai:

  • Menawarkan berbagai macam produk
  • Mudah untuk dijalankan dan dikontrol dari mana saja dan kapan saja
  • Tidak membutuhkan banyak karyawan
  • Menghemat tempat
  • Jangkauan pemasaran lebih luas
  • Peluang untuk berkembang lebih besar

Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan ketika anda memulai bisnis online mengingat dunia digital sekarang ini perkembangan begitu pesat sehingga peluang menjadi semakin besar untuk membangun bisnis.

Nah jika anda sudah mengetahui sepintas mengenai bisnis online, tentu saja dibutuhkan media untuk menunjang itu semua. Selain sosial media seperti facebook, youtube, instagram sebagai media promosi, peran website juga sangat penting karena mampu menjangkau semua kalangan ketika mencari produk di mesin pencari seperti google.

Hal tersebut memang sangat efektif, berbeda dengan sosial media seperti facebook, instagram ataupun twitter ketika anda memasarkan produk melalui sosial media tersebut, yang hanya bisa dijangkau oleh promosi produk anda hanyalah follower/ pengikut serta dengan teman anda. Namun ketika menggunakan website maka jangkauannya lebih luas, bukan hanya teman atau followers saja melainkan semua masyarakat di dunia bisa mengaksesnya melalui mesin penelusuran.

Membangun Website untuk Bisnis

Nah bagaimana caranya membangun sebuah website yang akan diperuntukkan untuk memulai bisnis anda? Berikut ini beberapa hal yang dibutuhkan dalam membangun sebuah website untuk bisnis anda:

  • Modal
  • Keterampilan Membuat Website
  • Domain
  • Hosting
  • Optimasi

1. Modal

Dalam membangun sebuah website terutama website untuk bisnis online tentu saja membutuhkan modal. Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, modal website untuk bisnis online tergolong lebih murah dan juga terjangkau. Modal tersebut digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan dalam membuat website seperti domain, hosting, dan jika anda tidak mempunyai keahlian dalam mengelola dan mengoptimasi sebuah website maka anda bisa menggunakan jasa SEO dan tentu saja hal tersebut memakan biaya.

Melalui modal yang anda keluarkan guna membangun website tersebut akan membuat website anda dikenal, terlihat profesional dan juga mampu bersaing dengan website bisnis lainnya di mesin pencari. Hal tersebut dapat terwujud jika anda mampu mengelola website anda dengan baik.

2. Keterampilan Membuat Website

Dalam membuat sebuah website tentu saja dibutuhkan keterampilan, mulai dari membeli domain dan hosting, membuat website dari domain dan hosting tersebut, mengatur tampilan website seperti template, pengaturan tata letak seperti menu, logo dan lain sebagainya. Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun basic anda bukan programer namun anda dapat mempelajarinya secara autodidak melalui pembahasan di google ataupun youtube.

Anda juga bisa meminta bantuan kepada teman atau kerabat yang sudah mahir dalam membuat website agar anda dibuatkan juga sebuah website yang nantinya akan diperuntukkan untuk kebutuhan bisnis online.

3. Domain

Hal berikutnya yang dibutuhkan dalam membangun sebuah website untuk bisnis adalah mempunyai domain name. Domain merupakan sebuah nama yang nantinya akan dijadikan URL website anda. Dalam memilih nama domain terutama domain untuk bisnis, penting untuk menentukan nama yang tepat dan juga sesuai dengan bisnis online anda.

Ada berbagai macam domain seperti .net .info .com .online .xyz .site .web.id .id .co.id .or.id .gov .biz dan lain sebagainya. Namun ketika anda hendak membangun sebuah bisnis online, ada baiknya menggunakan domain .com .info .online untuk menunjang bisnis anda.

Domain ini bisa anda dapatkan dengan cara membelinya dari penyedia domain dan hosting. Untuk domain murah, berkualitas, terpercaya dan juga full control anda bisa beli domain di Qwords.

4. Hosting

Selain domain name, dibutuhkan juga hosting dalam membangun sebuah website. Hosting biasanya diibaratkan dengan rumah sedangkan domain adalah alamatnya. Hosting merupakan sebuah wadah untuk menyimpan file, foto, video yang anda upload. Untuk Kapasitas hosting berbeda-beda tergantung modal anda. Untuk hosting yang paling bagus anda bisa membeli hosting dengan kapasitas unlimited terutama jika hendak membangun sebuah website untuk bisnis.

Untuk penyedia hosting murah bisa anda beli di Hosting Indonesia dengan harga sesuai dengan isi kantong dan tentu saja berkualitas.

5. Optimasi

Hal terakhir agar website anda bisa dikenal dan bersaing maka perlu andanya optimasi pada website anda. Optimasi pada website ada dua yakni optimasi SEO on Page maupun SEO off Page. Anda bisa mengopimasi website anda sendiri ataupun menggunakan jasa optimasi SEO agar website anda semakin baik dan profesional.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Peran Website dalam Bisnis Online, semoga ulasan saya kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Loading...