Cara Memilih Semangka yang Bagus

Cara Memilih Semangka yang Bagus – Indonesia Terpercaya, Siapa sih yang tidak suka dengan buah semangka? buah yang memiliki rasa manis dan memiliki kandungan air lebih dari 90% ini menjadi buah primadona masyarakat Indonesia. Buah ini selain dikonsumsi secara langsung, dapat juga dibuah menjadi es buah atau salad bua.

Selain memiliki rasa yang manis, seluruh bagian dari buah semangka mulai dari kulit, daging buah sampai bijinyapun dapat dikonsumsi dan bahkan memiliki khasiat untuk tubuh. Berikut ini beberapa kandungan vitamin dalam buah semangka yang perlu anda ketahui:

  • Vitamin C sebanyak 21%
  • Vitamin A sebanyak 18%
  • Kalium sebanyak 5%
  • Magnesium sebanyak 4%
  • Vitamin B1, B5 dan B6 sebanyak 3%

Seringkali ketika kita membeli semangka, kita akan sangat susah membedakan mana semangka yang betul-betul masak dan mana semangka yang tidak benar-benar masak. padahal untuk membedakan mana semangka yang benar-benar masak dan manis dan mana yang bukan tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan ciri-ciri fisik pada kulit semangka tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan panduan bagaimana Cara Memilih Semangka yang Bagus, dan panduan ini betul-betul jitu karena diterapkan oleh para petani semangka ketika menghadapi musim panen. Jadi silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Cara Memilih Semangka yang Bagus

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam memilih semangka yang bagus, matang dan manis:

1. Memilih Semangka Berdasarkan Gender

Sejak dulu, petani membedakan semangka berdasarkan gendernya. Ada semangka laki-laki yang memiliki ukuran agak lebih besar dan juga memanjang. Semangka dengan gender laki-laki biasanya lebih berair sedangkan semangka dengan gender perempuan memiliki bentuk dan ukuran lebih bulat dan rasanyapun sangat manis.

2. Spot Semangka

Menentukan rasa manis pada semangka bisa dilihat juga dari spot yang ada di kulit semangka. Spot tersebut terbentuk karena semangka menempel ke permukaan tanah. Untuk rasa yang manis, ada baiknya anda memilih Spot kuning krem dan orange kuning krem pada semangka ketimbang spot putih. Spot putih pada semangka berarti semangka tersebut belum benar-benar matang.

3. Bekas Coklat Menyerupai Jaring

Jika anda membeli semangka, silahkan perhatikan tanda bekas berwarna coklat dan menyerupai jaring pada kulit semangka. Tanda ini terbentuk karena lebah berkali-kali telah menyentuh bagian penyerbukan pada bunga saat musim pembuahan. Semakin banyak penyerbukan maka akan semakin manis pula rasa buah semangka.

4. Periksa Tangkainya

Selanjutnya ketika membeli semangka ada baiknya anda memeriksa tangkainya. Tangkai yang sudah kering menandakan semangka tersebut telah matang, sebaliknya jika tangkai masih berwarna hijau maka dapat dipastikan bahwa semangka tersebut dipanen terlalu cepat dan tidak akan matang. Tangkai berbentuk keriting pada semangka juga menunjukkan bahwa semangka tersebut lebih manis dibandingkan dengan tangkai berbentuk lurus.

5. Garis Pada Semangka

Terakhir, untuk menentukan semangka yang manis dan berkualitas silahkan anda perhatikan garis-garis pada kulitnya. Semangka yang memiliki garis lurus dan rapi memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan semangka dengan garis yang tidak karuan.

Warna garis tersebut juga menentukan rasa semangka. Semangka yang memiliki garis lebih gelap dapat dipastikan lebih manis dibandingkan dengan semangka dengan warna garis yang sedikit agak buram.

Penutup

Demikianlah beberapa panduan Cara Memilih Semangka yang Bagus dan berkualitas. Semoga panduan yang telah saya tulis diatas dapat bermanfaat untuk anda dalam menentukan semangka yang berkualitas ketika membelinya. Sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *