Indonesia Terpercaya, Seringkali ketika kita sedang live streaming menggunakan OBS Studio, entah itu live streaming di facebook gaming maupun di youtube, OBS Studio yang kita gunakan sangat lag. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh settingan OBS Studio yang tidak kompatible dengan PC/laptop anda. Terutama jika PC/laptop yang anda gunakan untuk streaming memiliki RAM yang kecil.

Nah bagaimana cara megatur OBS Studio agar tidak lag saat digunakan untuk live streaming, walaupun perangkat komputer kita memiliki spesifikasi yang rendah? Nah pada artikel kali ini saya akan mencoba memaparkan bagaimana Cara Setting OBS Studio Agar Tidak Lag saat digunakan.

Settingan ini telah saya gunakan di laptop saya yang memiliki RAM 4 GB dengan spesifikasi intel core i5 dan pada saat aplikasi OBS Studio saya gunakan untuk streaming, hasilnya tidak lag lagi.

Artikel Terkait:

Cara Setting OBS Studio Agar Tidak Lag

Sebenarnya agar OBS Studio bisa kompatible dengan perangkat anda, 2 hal penting yang perlu anda setting yakni di bagian video dan audionya. settinglah agar bisa sesuai dengan perangkat anda. Berikut ini settingan OBS Studio yang biasa saya gunakan dan bisa anda ikuti.

1. General

Berikut ini setelan dasar OBS Studio yang bisa anda ikuti untuk perangkat dengan kapasitas yang rendah.

2. Output

Pada settingan yang kedua ini yakni output, silahkan anda isi bitrate sesuai dengan kecepatan internet yang digunakan. Misalnya saja kecepatan indihome anda 30 Mbps, maka anda bisa mensetting bitratenya menjadi 3000 atau dibawah dari 3000.

3. Audio

Untuk settingan audio, tergantung dari apa yang anda gunakan untuk streaming. Apakah anda menambahkan sebuah alat agar kualitas audio baik atau tidak. Namun jika anda tidak menggunakan alat apa-apa dan hanya menggunakan fitur yang ada di laptop/PC, maka pengaturannya sebagai berikut.

4. Video

Untuk video, anda bisa menggunakan resolusi berikut untuk perangkat komputer/PC dengan kapasitas yang rendah.

5. Advenced

Untuk settingan advenced, settingannya adalah sebagai berikut:

Penutup

Demikianlah beberapa Cara Setting OBS Studio Agar Tidak Lag yang bisa anda ikuti terutama jika perangkat PC/laptop anda rendah. Penting anda perhatikan bahwa bukan hanya pengaturan-pengaturan dasar diatas yang bisa membuat OBS menjadi tidak lag melainkan koneksi internet juga menjadi hal yang penting yang perlu di perhatikan. Setidaknya kecepatan internet anda harus mencapai 30 Mbps. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).