Pernahkah anda memperhatikan beranda facebook anda akhir-akhir ini? Ya akhir-akhir ini beranda facebook dipenuhi dengan para streamer video game. Streaming tersebut muncul di beranda facebook anda karena streamingnya di bagikan ke grup yang anda ikuti, ataupun teman anda membagikan streaming video game tersebut ke halaman facebooknya.

Sebenarnya streaming video game bukanlah hal yang baru lagi, sejak munculnya facebook gaming di tahun 2018 para streamer video game biasanya melakukan streaming di youtube. Namun karena fitur streaming video game sudah berlaku dan membayar di facebook, maka para streamer berbondong-bondong pindah dari youtube ke facebook gaming.

Gaji seorang streamer di facebook gaming pun tergolong tidak main-main, jika anda sudah menjadi partner maka anda akan memperoleh penghasilan mulai dari 5 sampai 100 juta rupiah tergantung penonton yang menonton streaming anda. Jadi jika anda hobi bermain game, maka tidak ada salahnya untuk mengadu nasib di facebook gaming karena hal tersebut sangat menjanjikan sekarang ini.

Namun sebelum memikirkan gaji yang ditawarkan oleh facebook gaming kepada para streamer video game, ada baiknya anda mulai memikirkan bagaimana caranya melakukan streaming video game entah itu melalui android anda maupun melalui PC gaming. Jika anda belum memiliki PC gaming, anda bisa melakukan streaming video game hanya dengan android anda. Langkah-langkahnya telah saya ulas di postingan saya sebelumnya.

Artikel Terkait: Cara Live Streaming Game Android di Facebook Gaming

Namun jika anda mempunyai PC gaming, maka lebih bagus lagi karena anda bisa mengkreasikan tampilan streaming anda sesuka hati. Salah satu software yang direkomendasikan oleh facebook gaming bagi para streamer video game yang hendak melakukan streaming di facebook gaming adalah OBS Studio. Berikut ini ulasan saya mengenai Cara Setting OBS Studio Untuk Streaming Game di facebook

Cara Setting OBS Studio Untuk Streaming Game

Sebelum memulai streaming, ada baiknya anda memperhatikan kemampuan PC/ laptop yang hendak anda gunakan untuk live streaming. Saya merekomendasikan setidaknya laptop/PC anda memiliki RAM 4 GB juga setidaknya disupport dengan Intel Core i5, dan lebih bagus lagi jika lebih diatas daripada itu. Nah jika anda sudah mengerti maka langkah-langkah mengatur OBS Studio adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama tentu saja anda harus menginstal OBS Studio Terlebih dahulu. Silahkan klik link berikut untuk mendownload dan menginstal OBS Studio https://obsproject.com/ dan ikuti langkah-langkahnya sampai penginstalan selesai di perangkat anda.
  • Jika anda sudah sukses menginstal OBS Studionya, maka selanjutnya adalah mengatur tampilan OBSnya. Silahkan anda perhatikan beberapa kolom yang terdapat di OBS, pertama-tama adalah menambahkan Scene baru. Silahkan klik icon tambah di bawah kolom tersebut kemudian isi nama Scenenya dan terakhir klik OK
  • Selanjutnya adalah menambahkan sourcenya. Di source tersebut anda bisa mengatur tampilan apa saja yang hendak anda masukkan di OBS tersebut. Untuk nemabahkan Source, silahkan tekan icon tambah di bawah kolom source dan akan muncul beberapa source yang bisa anda tambahkan dan tampilkan di layar streaming anda.
  • Source apa saja yang hendak anda tambahkan kedalam streaming tersebut? itu tergantung dari anda sendiri. Namun kalau saya melakukan streaming, tampilan saya tidak terlalu ramai. Berikut ini yang biasa saya tambahkan:
  • Display Capture yang bertujuan untuk merekam setiap aktifitas di layar anda. Display Capture ini merupakan salah satu source yang wajin anda tambahkan. Langkah-langkah untuk menambahkan Display Capture adalah silahkan anda klik ikon tambah di bawah kolom Source kemudian pilih Display Capture. Sesudah itu pilih Create New dan terakhir klik OK
  • Nah jika sudah menambahkan display capture, biasanya kita ingin memunculkan wajah kita di tampilan streaming tersebut. Biasanya laptop atau PC sudah dilengkapi dengan camera bawaan dan camera tersebut bisa anda fungsikan untuk merekan aktfitas diri anda untuk ditampilkan di streaming. Langkah-langkahnya adalah: Silahkan anda klik kembali Icon Tambah di Source kemudian pilih Video Capture Device. Jika anda sudah mengaktifkan kamera dan menambahkan source video capture device tersebut, kemudian atur ukuran dan penempatannya sesuai dengan selera anda. Dibawah ini tampilan dasbor OBS yang telah ditambahkan display capture dan video capture device.
  • Selain itu, biasanya kita akan menambahkan teks kedalam tampilan streaming kita. Anda bisa menggunakan fitur Text (GDI+), ataupun gambar-gambar animasi bergerak bisa menggunakan fitur Image, dan lain sebagainya. Silahkan kreasikan tampilannya sekehendak anda di fitur Source tersebut
  • Jika tampilannya dirasa sudah bagus, maka selanjutnya kita akan menghubungkan OBS Tersebut ke Fanpage Facebook Gaming. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan anda buka fanpage facebook yang hendak anda tempati untuk streaming, kemudian pilih Siaran Langsung kemudian pilih Hubungkan. Silahkan anda copy Stream Key yang ada di fanpage facebook tersebut.
  • Jika anda sudah menyalin kode tersebut, silahkan masuk kembali ke aplikasi OBS Studio anda kemudian pilih Setting => Stream. Di stream tersebut silahkan atur beberapa hal seperti di service pilih Facebook Live, kemudian di stream key silahkan tempelkan stream key yang telah di salin tadi di fanpage facebook. Terakhir klik OK
  • Nah jika anda sudah menghubungkan OBS ke fanpage facebook, Selanjutnya adalah bagaimana menampilkan game yang kita mainkan di scene tersebut? Untuk ulasannya bisa anda baca di artikel saya berikut ini:

Artikel Terkait: Cara Menggunakan ApowerMirror dan OBS Untuk Streaming Game

  • Jika anda telah mengatur semua tampilannya, maka terakhir silahkan klik Star Streaming. Pertama di OBS Studio kemudian di Fanpage Facebook yang anda tempati live streaming tadi. Jangan lupa juga untuk mengatur deskripsi streaming game di fanpage facebook tersebut.

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Setting OBS Studio Untuk Streaming Game di fanpage facebook. Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat untuk anda. Artikel diatas hanya mengatur tampilan saja, namun untuk pengaturan lebih lanjut di menu Setting akan saya bahas di lain kali. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

1 Comment

Cara Setting OBS dan Apowermirror Untuk Streaming Game | Indonesia Terpercaya · 29 October 2019 at 8:52 pm

[…] Artikel Terkait: Cara Setting OBS Studio Untuk Streaming Game […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *