Indonesia Terpercaya, Dari sini anda pun semakin penasaran sebetulnya apakah yang dimaksud dengan kalimat berita? Sebetulnya kalimat tersebut merupakan sebuah kalimat berisikan peristiwa atau bahkan informasi yang dipaparkan dengan jelas. Kalimat tersebut sengaja ada supaya pembaca mengerti apakah informasi terbaru yang dihadirkan. Contoh kalimat berita pun juga banyak sekali seiring dengan beragam bentuknya.

Terkadang kita pernah memperoleh sebuah informasi terkini misalnya dari inews yang selalu menyajikan berita terbarunya. Entah itu tentang kuliner terkait resep makanan atau bahkan lainnya.

Kali ini kita pun akan membahas lebih detail mengenai beragam bentuk dari kalimat berita. Mulai dari kalimat berita langsung. kalimat berita positif, kalimat berita tidak langsung bahkan juga kalimat berita negatif. Tentunya anda harus mengerti ciri dari kalimat berita supaya bisa membedakannya dengan kalimat lain. Kali ini tersedia berbagai macam ciri dari kalimat berita yakni:

  • Biasanya awal tulisan kalimat berita ini akan menggunakan huruf capital yang nantinya diakhiri dengan adanya tanda titik.
  • Berbeda lagi dengan bentuk lisan, kalimat berita ini seringkali ditandai dengan sebuah intonasi yang datar.
  • Kalimat berita tentu saja tentang sebuah fakta bukan lagi opini dari seseorang maupun kelompok.

Dari beberapa ciri kalimat berita ini semoga saja bisa membuat anda semakin memahaminya. Memang sudah seharusnya anda belajar lebih mengenai jenis kalimat. Hal ini penting sekali bagi anda yang ingin pandai dalam bahasa Indonesia. Di bawah ini sudah tersedia beragam bentuk sekaligus contoh kalimat berita. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak saja uraiannya berikut ini.

Beragam bentuk kalimat berita

Siapa sangka ternyata jenis kalimat ini terbagi menjadi beberapa bentuk yang mana anda harus mampu membedakannya. Setiap bentuk kalimat memiliki ciri yang berbeda. Dari sini tersedia pula beragam contoh kalimat berita yang bisa memudahkan anda untuk memahaminya.

1. Kalimat berita positif

Kalimat yang satu ini memang berisikan sebuah berita yang bersifat positif. Anda tentu saja bisa menandainya dengan tiadanya penyangkalan. Inilah salah satu pembeda dari bentuk kalimat berita yang lainnya.

Contoh kalimat berita positif:

  • Andi berhasil menangkan juara satu dalam perlombaan menyanyi setingkat provinsi.
  • Surabaya banjir akibat hujan turun terus-menerus selama 5 hari.
  • Siska berhasil menjuarai lomba pidato tingkat kabupaten.

2. Kalimat berita negatif

Kalimat berita yang satu ini biasanya berisikan tentang berita negatif atau sering disebut dengan pengingkaran. Tanda dari kalimat tersebut biasanya ada kata bukan dan tidak.

Contoh kalimat berita negatif:

  • Air terjun lembah hitam bukan tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi.
  • Adanya acaman akan bom yang terjadi pada Hotel Merpati bukanlah sebuah omong kosong belaka.

3. Kalimat berita langsung

Kalimat yang satu ini dalamnya memuat sebuah kejadian yang berasal dari ujaran seseorang dimana nantinya akan kembali disampaikan sesuai dengan aslinya. Ciri dari kalimat tersebut tentunya bisa anda lihat dari intonasi yang berada dalam sebuah kutipan.

Contoh kalimat berita langsung:

  • Bapak guru mengumumkan” Besok kalian bisa belajar di rumah dan kembali lagi bersekolah hari selasa.”
  • Ibu memberitahu,”kakek kamu sudah dipanggil oleh Allah SWT.”

4. Kalimat berita tidak langsung

Kalimat yang satu ini memuat sebuah kejadian dikutip oleh penutur hanya saja tidak sama dengan apa yang sudah disampaika oleh sumbernya. Dengan kata lainnya, penutur hanya menyampaikan kembali apa yang sudah disampaikan narasumbernya. Biasanya kalimat berita tidak langsung ini pada akhir kalimat intonasinya menurun.

Contoh kalimat berita tidak langsung:

  • Ayah mengatakan tahun ini menjadi tahun bersejarah bagi keluarga kita.
  • Presiden Oppo mengatakan jika tahun ini mereka bakalan meluncurkan produk yang terbaru pada pasar Indonesia.

Setelah memahami berbagai macam penjelasan mengenai kalimat berita ini. Semoga saja anda tidak lagi bingung membedakan kalimat tersebut dengan kalimat yang lain. Apalagi kalimat berita ternyata hadir dengan beberapa bentuk yang menjadi pembedanya. Mempelajari tentang sebuah Kalimat memang penting sekali. Supaya anda nantinya bisa mengerti apakah yang dimaksud dengan kalimat berita beserta dengan contoh kalimatnya.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).