Indonesia Terpercaya, Tes Intelegensia Umum atau biasa dikenal dengan TIU merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam hal penalaran verbal, logika, analisis dan kuantitatif.

Apa tujuan dari Tes Intelegensia Umum ini bagi para CPNS ketika sudah diterima menjadi PNS? Tujuan diakannya TIU adalah agar para Pegawai Negeri Sipil (PNS) mampu menghadapi dunia pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan seperti di kementrian, lembaga nasional maupun dilingkup pemerintahan daerah tingkat I dan II.

Mereka mampu memecahkan masalah dan mengambil suatu keputusan atau kebijakan berdasarkan pertimbangan akal dan penalaran yang logis dan masuk akal. Tes Intelegensia Umum terdiri dari:

  1. Penalaran Verbal atau kebahasaan
  2. Penalaran nonverbal/angka/numerik/kuantitatif.

Contoh Soal TIU CPNS 2019

Berikut ini beberapa contoh soal TIU (Tes Intelegensia Umum) CPNS lengkap yang dirangkum dari Info Beasiswa dan Pendidikan, bersama dengan cara penyelesaiannya:

Penutup

Demikianlah beberapa Contoh SOAL TIU (Tes Intelegensia Umum) CPNS. Selamat mempersiapkan diri mengikuti seleksi CPNS dan semoga anda bisa dinyatakan lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Sekian dan terima kasih


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).