Indonesia Terpercaya, Perayaan natal merupakan sebuah perayaan besar umat Kritiani untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus kedalam dunia untuk memberitakan kabar keselamatan dan menyelamatkan manusia dari belenggu dosa.

Natal biasanya dirayakan tepat tanggal 25 Desember setiap tahunnya, namun beberapa gereja terutama gereja reformasi bahkan merayakan natal sebelum tanggal 25 Desember dan bahkan ada beberapa gereja yang merayakan natal sesudah tanggal 25 Desember.

Namun sebenarnya makna natal bukan terletak pada tanggal-tanggal tersebut melainkan bagaimana kita sebagai orang Kristiani memaknai kelahiran Yesus Kristus kedalam dunia.

Selain berbicara mengenai makna natal, tentu saja perayaan natal rasanya tidak lengkap tanpa adanya dekorasi-dekorasi natal yang semakin memeriahkan perayaan natal tersebut. Dekorasi-dekorasi natal tersebut akan semakin membuat perayaan natal menjadi lebih hidup.

Berikut ini beberapa dekorasi natal gereja terbaik yang bisa anda terapkan dalam perayaan natal di tahun 2019 dan pastinya akan membuat ruangan yang anda dekorasi menjadi lebih hidup dan nyaman untuk beribadah.

1. Spanduk Natal

Ketika hendak mendekorasi ruangan gereja terutama dalam rangka perayaan natal, hal pertama yang perlu disiapkan adalah membuat spanduk natal. Spanduk tersebut biasanya didesain sedemikian rupa sehingga menarik.

Spanduk tersebut juga biasanya memuat tema yang telah ditentukan. Misalnya saja untuk gereja-gereja yang tergabung dalam PGI, maka yang menjadi tema natal tahun 2019 adalah “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” (bdk. Yoh. 15:14-15). Selain itu terdapat juga ucapan selamat natal dan selamat menyongsong tahun baru

2. Pohon Natal

Dekorasi natal selanjutnya yang perlu anda siapkan adalah pohon natal. Umumnya pohon natal ini tidak harus dari pohon cemara terutama untuk kita di negara Indonesia namun pohon natal bisa anda buat dari berbagai macam hal misalnya memanfaatkan sampah disekeliling kita seperti botol bekas, plastik bekas dan lain sebagainya.

Di samping itu anda juga bisa memanfaatkan buah dari pohon cemara untuk membuat pohon natal. Hal tersebut akan membuat pohon natal yang anda buat menjadi lebih unik karena dibuat dari benda yang sudah dibuang. Namun hal tersebut kembali lagi kepada anda sejauh mana anda berkreasi dalam membuat pohon natal agar lebih menarik lagi.

Ets, jangan lupa untuk menghiasi pohon natal tersebut dengan berbagai macam lampu warna warni dan ornamen-ornamen lainnya yang akan semakin mempercantik pohon natal anda.

3. Kandang Domba

Dekorasi selanjutnya yang takkala pentingnya anda buat adalah miniatur kandang domba di dalam gereja. Miniatur kandang domba tersebut bisa anda buat juga dari sampah-sampah plastik disekitar kita yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga membentuk kandang domba yang menarik tergantung bagaimana anda mengkreasikannya.

Kandang domba akan selalu mengingatkan kepada kita bagaimna kelahiran Yesus kedalam dunia. Raja Yang Maha Tinggi meninggalkan tahtanya dan kemuliaannya agar bisa serupa dengan manusia dan bahkan lahir di tempat yang jorok dan kotor yakni di kandang domba.

4. Krans Dedaunan

Saya rasa anda sudah tidak asing lagi dengan krans dedaunan. Krans dedaunan merupakan salah satu pernak pernik natal yang biasanya diletakkan di depan pintu dan bentuknya agak melingkar. Biasanya krans dedaunan terbuat dari jerami, daun-daun pohon yang dirangkai sedemikian rupa, bunga dan lain sebagainya.

Ada yang memaknai bahwa krans dedaunan itu melambangkan cinta kasih Allah terhadap manusia yang tidak terbatas, namun ada juga yang memaknai bahwa krans dedaunan tersebut terinspirasi dari mahkota duri yang digunakan oleh Yesus Kristus saat penyaliban.

5. Pernak Pernik Natal

Untuk pernak pernik natal sendiri, sebenarnya ada banyak pernak pernik natal yang bisa anda siapkan untuk semakin mempercantik ruang gereja anda. Pernak pernik natal tersebut dapat berupa lonceng, kado, lilin, miniatur bintang dan lain sebagainya. Silahkan atur sedemikian rupa sehingga dapat terlihat menarik, misalnya saja kado diletakkan di dekat pohon natal, bintang diletakkan diatas pohon natal, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi dekorasi natal yang bisa anda buat untuk semakin mempercantik ruangan gereja di natal tahun 2019 ini. Namun sebelum itu, usahakan ketika mendekorasi ruang gereja tidak perlu berlebihan dan kelihatan terlalu ramai karena hal tersebut akan mengurangi estetika dekorasi ruangannya.

Disamping itu ada beberapa tempat yang tidak perlu di dekorasi di dalam gereja karena melekat simbol di dalamnya. Apabila di dekorasi sedemikian rupa maka simbol-simbol tersebut malah tidak akan terlihat sehingga dianggap tidak sakral lagi.

Uraian diatas saya kebanyakan merekomendasikan untuk membuat dekorasi dari barang-barang bekas mengingat produksi sampah kita terutama sampah plastik meningkat setiap tahunnya. Sehingga tidak ada salahnya ketika kita mengolah sampah-sampah tersebut menjadi dekorasi natal yang menarik namun tidak kehilangan estetikanya.

Demikianlah ulasan saya mengenai beberapa Dekorasi Natal Gereja Terbaik Tahun 2019, semoga ulasan saya ini dapat bermanfaat dan menginspirasi anda dalam menentukan dekorasi natal terbaik di gereja anda. Selamat merayakan natal tahun 2019 dan selamat menyongsong tahun baru 2020. Tuhan Yesus Memberkati.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).