Disjungsi Inklusif dan Eksklusif – Indonesia Terpercaya, Disjungsi merupakan pernyataan majemuk yang dibentuk dari dua pernyataan tunggal dan dengan opeator logika “atau”. Terdapat dua macam disjungsi, yakni disjungsi inklusif dan disjungsi eksklusif.

1. Disjungsi Inklusif

Disjungsi inklusif atau lemah atau mencakup atau vel (latin) yang berarti dan atau, menyatakan salah satu atau keduanya, dilambangkan dengan “V”

Dalam ilustrasi konjungsi, jika operator logika “dan”diganti “atau”, maka jelas bahwa kepala sekolah akan membenarkan jika ayahnya saja yang datang, ibunya saja yang datang, atau ayah dan ibunya datang. Kepala sekolah akan menyalahkan andaikan kedua bapak ibunya tidak ada yang datang.

Dari ilustrasi ini diperoleh tabel kebenaran disjungsi inklusif sebagai berikut:

pqp V q
BBB
BSB
SBB
SSS

2. Disjungsi Eksklusif

Disjungsi eksklusif atau kuat atau memisah atau out (latin) yang berarti atau menyatakan salah satu, tetapi tidak kedua-duanya.

Contoh: Wati berkata kepada Ani: “tanaman ini kita sirami air malam ini atau kita letakkan saja di luar supaya terkena embun?”

Pada contoh diatas, Wati memberikan dua pilihan kepada Ani, yaitu tanaman disirami air malam ini atau diletakkan saja di luar supaya terkena embun. Ani harus memilih salah satu saja, tidak kedua-duanya. Dari pengertian ini, diperoleh tabel disjungsi eksklusif sebagai berikut.

pqp v s
BBS
BSB
SBB
SSS

Penutup

Demikianlah sekilas tentang Disjungsi Inklusif dan Eksklusif dalam matematika, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).