Khasiat dan Manfaat Buah Merah Papua – Indonesia Terpercaya, Tanah Papua diberkahi dengan kekayaan alam dan keanekaragaman ekosistem yang sangat luar biasa. Setidaknya sekitar 50% keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia terdapat di Papua.

Kekayaan tersebut terdiri dari flora dan fauna endemik yang hanya bisa dijumpai di Papua, antara lain 15.000 sampai 20.000 spesies tumbuhan (55% adalah tumbuhan endemik termasuk anggrek), 125 spesies mamalia (58% adalah spesies endemik), 602 spesies burung (52% adalah spesies endemik) dan lainnya.

Salah satu tumbuhan endemik yang berasal dari Papua adalah tumbuhan jenis pandan-pandanan (Pandanus) bernama buah merah. Buah merah (pandanuskonoideus) secara geografis tumbuh di ketinggian antara 2 hingga 2.300 meter di atas permukaan air laut.

Lantas, apa sebenarnya Khasiat dan manfaat buah merah ini?

Manfaat Buah Merah

Buah merah kaya akan nutrisi sehingga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Seperti halnya buah jamblang, buah yang satu ini sangat kaya kandungan antioksidan serta asam lemak (omega 3 dan omega 9). Kedua senyawa ini mampu membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah dan melawan berbagai jenis penyakit, antara lain:

1. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kanker. Kandungan tokoferol dalam buah ini sangat tinggi, yaitu mencapai 11.000 ppm. Disamping itu, buah merah juga memiliki kandungan karoten sebesar 7000 ppm. Keduanya merupakan jenis antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

2. Mencegah diabetes

Diabetes juga salah satu penyakit yang dapat dicegah atau disembuhkan oleh kandungan buah merah. Kandungan tokoferol yang terdapat pada buah merah dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Tokoferol dapat membantu meringankan kerja pankreas, sehingga penggunaan hormon insulin untuk mengubah gula menjadi energi menjadi lebih efektif. Dengan begitu, resiko tubuh terkena diabetes menjadi berkurang.

3. Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Lagi-lagi kandungan dari antioksidan yang terdapat pada buah merah dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita, yaitu untuk mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit terkait. Tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh mengencerkan dan memperlancar sirkulasi darah. Manfaat yang dapat kita peroleh adalah proses pembekuan darah tidak mudah terjadi dan tidak menyebabkan penyumbatan aliran darah. Dengan begitu, resiko terkena tekanan darah tinggi, stroke, maupun penyakit jantung menjadi berkurang.

4. Menjaga Kesehatan mata

Buah merah merupakan salah satu sumber betakaroten yang sangat tinggi. Betakaroten adalah salah satu jenis vitamin A yang diperlukan oleh mata kita untuk dapat melihat obyek secara jelas. Dengan memenuhi kebutuhan betakaroten, maka kesehatan mata pun dapat terjaga. Tak heran apabila masyarakat Papua memiliki penglihatan yang sangat baik karena sering mengonsumsi jenis buah yang satu ini.

5. Mencegah HIV/AIDS dan Hepatitis B

Buah merah berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga resiko terkena penyakit menular berbahaya seperti HIV/AIDS dan hepatitis dapat ditekan. Selain sebagai antioksidan, kandungan asam lemak omega 3 dan 9 dalam  buah merah juga berfungsi sebagai antivirus yang mampu menghambat pembentukan membran lipid virus. Hal ini membuat virus tidak dapat berkembang sehingga apabila di konsumsi dapat membantu mencegah penyakit HIV/AIDS dan hepatitis B.

Efek Samping Buah Merah

Buah merah juga memiliki efek samping seperti halnya obat-obat lainnya. Sejauh ini efek samping apabila mengonsumsi buah merah adalah lemas, mual dan mengantuk. Rasa kantuk ini disebabkan oleh efek sedatif atau penenang dari buah merah.

Ada juga yang mengalami gatal-gatal di tenggorokan saat mengonsumsi buah merah bahkan juga dapat menyebabkan diare.Rasa gatal dan diare biasanya disebabkan karena memakan buah yang masih kotor dan kurang higienis sehingga mengandung banyak bakteri akibat pengolahan yang salah.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai khasiat dan manfaat buah merah papua untuk mencegah berbagai macam penyakit dalam tubuh. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *