Tata Cara Menghubungi Dosen Yang Benar

Tata Cara Menghubungi Dosen Yang Benar – Indonesia Terpercaya, Sebagai orang Indonesia tentu saja kita akan menjunjung tinggi adab dan tetap menjaga perilaku kita. Hal tersebut telah ditekankan dan menjadi pesan dari turun temurun hingga pada masa kini. Salah satu adab yang sering ditekankan leluhur kepada anak cucunya adalah tetap menghormati dan menghargai orang yang lebih tua daripada kita.

Begitupula ketika hendak menghubungi dosen entah itu hendak mengumpulkan tugas, bimbingan skripsi, konsul dan lain sebagainya. Tentu saja ketika menghubungi dosen melalui pesan, ada adab dan etika menghubungi dosen yang perlu kita perhatikan mengingat mereka juga adalah orang tua kita di kampus.

Jangan sampai ketika kita menghubungi dosen dengan cara yang tidak sopan akan berimbas kepada kita sendiri misalnya pesan tersebut tidak dibalas, nilai menjadi kurang baik karena tidak memiliki etika, rusaknya hubungan dosen dengan anda dan lain sebagainya. Tentu saja anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan?

Ketika menghubungi dosen kita juga harus sabar, jangan sampai karena sikap tidak sabaran dari kita kemudian mengomel dan bicara sembarangan. Dosen juga mempunyai berbagai macam kesibukan dan bukan hanya mengurusi masalah demikian, jadi harus sabar karena sebenarnya kita yang membutuhkan.

Salah seorang dosen pernah curhat mengenai mahasiswa yang mengirimkan pesan kepadanya. Isi pesan tersebut kurang lebih seperti ini: “Bapak sore ini ada di kantor? saya ingin menemui bapak. Ada hal penting yang ingin saya bicarakan ke bapak“.

Setelah mendapat pesan tersebut, sang dosen enggan membalas pesan tersebut karena dalam pesan tersebut tidak mencantumkan identitas pengirim apakah itu mahasiswa atau orang lain. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips mengenai tata cara menghubungi dosen lengkap dengan contoh chat ke dosen yang sopan, jadi silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Tata Cara Menghubungi Dosen

Ketika menghubungi dosen, ada baiknya pesan anda berisi beberapa bagian sebagai berikut:

  1. Salam Pembuka: misalnya saja Selamat pagi pak atau bisa juga mengucapkan salam dalam agama misalnya dosennya beragama kristen (syalom), Islam (Assalamualaikum) dan lain sebagainya.
  2. Perkenalkan Diri: Dalam perkenalan diri ini anda tidak perlu memperkenalkan data diri anda mulai dari tanggal lahir, agama dan lain sebagainya melainkan hanya memuat identitas anda di kampus misalnya semester, kelas, jurusan. Contohnya seperti berikut: Saya Liling, Mahasiswa semester 6 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia kelas C
  3. Jelaskan Tujuan Secara Singkat dan Jelas: Pada bagian ini anda tidak perlu bertele-tele dalam menyampaikan maksud anda hendak bertemu dengan dosen tersebut, namun pesan langsung pada intinya. Misalnya Saya ingin konsultasi tugas mata kuliah Analisis Kesalahan Bahasa yang bapak ampu
  4. Ajukan Pertanyaan Waktu: Selanjutnya ajukan pertanyaan waktu tetapi perlu anda ingat bahwa jangan sampai kamu yang menentukan waktunya. Misalnya: Apakah bapak ada waktu di minggu ini?
  5. terakhir, Akhiri dengan terima kasih

Contoh Chat ke Dosen yang Sopan

Assalamualaikum, selamat siang pak. Saya liling mahasiswa semester 6 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia kelas C. Saya ingin konsultasi tugas mata kuliah Analisis Kesalahan Bahasa yang bapak ampu. Apakah bapak ada waktu di minggu ini? Terima kasih sebelumnya pak.

Penutup

Demikianlah sedikit tips dari saya mengenai Tata Cara Menghubungi Dosen Yang Benar, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *