Indonesia Terpercaya, Memontum perayaan natal merupakan sebuah perayaan yang paling ditunggu-tunggu. Selain merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus kedalam dunia, natal juga menjadi sebuah momentum untuk bertemu dengan keluarga. Ada banyak keceriaan yang terpancar melalui perayaan natal setiap tahunnya.

Sebelum masuk dalam bulan Desember tentu saja kita sebagai umat Kristiani mulai mempersiapkan segala hal untuk menyambut kelahiran Sang Raja yakni Yesus Kristus mulai dari dana, dekorasi, dan segala hal yang kita perlukan dalam perayaan natal tersebut. Namun hal terpenting yang perlu kita siapkan adalah hati kita untuk menyambut Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Untuk menghayati perayaan natal setiap bulan Desember, PGI (Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia) dan KWI (Konfererensi Waligereja Indonesia) selalu mengeluarkan tema natal yang menjadi panduan untuk semua gereja-gereja yang tergabung dalam PGI dan KWI. Untuk tahun 2019 ini, PGI dan KWI telah merilis sebuah tema natal yakni:

Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang“.

Tema ini mengacu pada:

Injil Yohanes 15:14-15.

Yohanes 15:14-15: “14. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang harus diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku telah memberitahukan kepadamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Selain tema yang telah ditentukan oleh PGI dan KWI, biasanya dalam sebuah perayaan natal entah itu di gereja, lembaga, maupun masyarakat terdapat subtema. Subtema tersebut biasanya dibuat oleh masih-masing lembaga dan gereja dan berpedoman pada tema utama yang telah ditentukan. Subtema tersebut biasanya disesuaikan dengan konteks yang ada di dalam masyarakat, gereja ataupun instansi yang menyelenggarakan perayaan natal.

Berikut ini kumpulan tema-tema natal 5 tahun terakhir yang dikeluarkan oleh PGI sebagai tema umum dalam merayakan natal yakni:

  • Tahun 2018: Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita (bdk. 1 Korintus 1:30)
  • Tahun 2017: Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu (Kolose 3:15)
  • Tahun 2016: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud (bdk. Lukas 2:11)
  • Tahun 2015: Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah (bdk. Kejadian 9:16)
  • Tahun 2014: Berjumpa Dengan Allah Dalam Keluarga (bdk. Imamat 26:12)

Selamat merayakan dan menghayati kelahiran Yesus Kristus kedalam dunia. Semoga melalui perayaan natal tahun ini kita mampu menjaga tali persaudaraan bukan hanya dengan sesama orang Kristen melaikan dengan semua orang di seluruh dunia ini seperti tema besar yang akan kita gumuli bersama yakni “Hiduplah Sebagai Saudara Bagi Semua Orang”.

Demikianlah artikel saya mengenai Tema Natal PGI dan KWI 2019, Semoga dapat bermanfaat, Tuhan Yesus memberkati.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).