Indonesia Terpercaya Blog merupakan sebuah wadah yang bisa di gunakan untuk meluangkan segala isi pikiran, ide, gagasan dan informasi melalui tulisan. Melalui tulisan-tulisan tersebut, seorang pembaca akan mendapatkan informasi yang dicarinya entah itu informasi diseputar masalah kesehatan, pendidikan, teknologi dan lain sebagainya.

Setiap orang bisa menjadi seorang blogger atau aktif menulis di blog. Ada yang ngeblog hanya sebatas untuk mengisi waktu luang dengan menulis berbagai macam pengalaman hidup dan kesehariannya, namun ada banyak juga orang ngeblog untuk mendapatkan uang dari dalamnya. Bahkan ngeblog sudah dijadikan sebagai pekerjaan sekaligus hobi.

Pada ulasan kali ini, saya tidak akan membahas mengenai ngeblog hanya untuk sekedar mengisi waktu luang namun lebih terhadap bagaimana memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang dari dalamnya. Bahkan anda bisa menggunakan blog sebagai sumber mata pencaharian utama untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Beberapa blogger terkenal dan sudah sukses bahkan rela meninggalkan pekerjaannya di kantor ataupun di perusahaan hanya untuk full time menulis di blog.

Jika memang obsesi seperti itu tertanam dalam benak anda, perlu juga anda ketahui bahwa membangun sebuah blog tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalgi jika anda ingin berpenghasilan melalui blog tersebut. Ada tahapan-tahapan yang harus anda kerjakan dan lalui hingga bisa menghasilkan uang dari blog dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Nah langkah-langkah apa saja yang harus anda lalui untuk menjadi seorang penulis dan pengelola blog hingga bisa menghasilkan? berikut ini ulasannya.

Memiliki Ide dan Gagasan

Hal pertama dan yang paling utama yang harus anda miliki sebelum menjadi penulis blog adalah anda harus memiliki ide atau gagasan mengenai apa yang hendak anda tulis. Bisa saja ide tersebut berdasarkan keilmuan yang anda peroleh selama menempuh pendidikan di bangku sekolah atau kuliah.

Misalnya saja anda kuliah dan belajar di kampus kesehatan, tentu saja anda akan mendalami masalah kesehatan. Anda bisa menulis masalah-masalah diseputar kesehatan dan mempublikasikannya melalui blog anda. Begitupun dengan rana keilmuan lainnya.

Banyak orang berfikir bahwa untuk bisa menjadi seorang blogger yang sukses haruslah memiliki ilmu tentang IT (Information Technology) seperti programer, network engineer, IT Support dan lain sebagainya atau setidaknya kuliah dan mengambil jurusan tersebut. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Anda bisa menjadi seorang blogger hanya dengan mengetahui dasar-dasar dari blog itu sendiri misalnya bagaimana cara membuat blog, bagaimana cara mengoptimasi blog dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa anda pelajari secara autodidak hingga anda benar-benar mampu menguasai hal tersebut.

Nama Blog

Selanjutnya adalah memilih nama blog yang hendak anda buat. Nama blog tersebut sebisa mungkin mudah diingat dan harus sesuai dengan niche atau topik yang hendak anda tulis. Misalnya saja anda hendak membuat blog dengan topik kesehatan, oleh karena itu anda bisa membuat nama blog “Tips Kesehatan”.

Domain

Domain tergolong sangat penting untuk sebuah blog. Domain merupakan sebuah URL atau link dan jika disederhanakan domain merupakan sebuah alamat atau jalan untuk mengarahkan pembaca ke blog. Domain memiliki dua elemen utama yakni nama domain dan ekstensi domain. Nama domain misalnya indonesiaterpercaya dan ekstensi domain misalnya .net .com .id .online .blogspot.com .wordpress dan lain sebagainya.

Anda bisa membeli domain (.net .com .id, etc) tersebut di situs-situs penyedia domain ataupun bisa menggunakan domain gratisan seperti .blogspot.com dan wordpress.com. Namun jika ingin serius ngeblog ada baiknya anda membeli domain.

Jika anda sudah menentukan domain apa yang hendak anda pakai, silahkan anda membuat blog. Terdapat dua platform yang bisa anda gunakan yakni blogspot dan wordpress. Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun bagus untuk membuat blog.

Template

Jika blog anda sudah jadi maka langkah selanjutnya adalah pemilihan template yang hendak anda gunakan. Jika anda menggunakan platform wordpress.org (untuk domain TLD) maka ada berbagai macam template yang sudah tersedia di platform tersebut dan bisa anda gunakan secara gratis dan tentu saja SEO Friendly.

Namun jika anda menggunakan platform blogger maka pilihlah template premium dan SEO Friendly seperti viomagz, kompi fleksibel, igniel dan lain sebagainya. Anda bisa membeli template langsung ke orang yang membuat templatenya misalnya viomagz dibuat oleh mas sugeng, template igniel dibuat oleh mba igniel dan lain sebagainya.

Namun jika anda belum mempunyai modal untuk membeli template blogger, anda bisa mendownload template gratisan di situs-situs penyedia template gratis untuk blogspot untuk sementara waktu anda gunakan.

Mengatur Navigasi Blog

Navigasi dalam sebuah blog tergolong sangat penting karena melalui navigasi tersebut seseorang akan lebih mudah dalam menelusuri blog anda. Oleh karena itu anda perlu mengatur navigasi blog yang anda kelola seperti Menu, dan juga membuat About, Contact, Privacy Policy dan Disclaimer.

Artikel Terkait: Cara Membuat Privacy Policy, TOS, Discalimer, About di Blog

Selain itu anda juga perlu mengatur widget/gadget untuk membuat tampilan blog anda lebih menarik. Widget tersebut biasanya berisi kelengkapan-kelengkapan dalam blog seperti pos-pos terbaru, iklan, gambar dan lain sebagainya.

Menulis Konten

Nah jika blog anda sudah siap, maka tiba saatnya untuk menulis artikel di blog tersebut. Artikel yang ditulis haruslah sesuai dengan niche atau topik yang telah anda tentukan sebelumnya. Namun sebelum memulai, ada baiknya anda melakukan riset kata kunci/ keyword untuk tulisan tersebut.

Guna keyword tersebut adalah untuk membantu artikel tersebut naik di posisi strategis google, melihat tingkat persaingan, dan jumlah penelusuran. Untuk pemula, usahakan untuk menulis artikel dengan tingkat persaingan yang rendah namun memiliki jumlah penelusuran yang banyak. Salah satu niche dengan ciri seperti ini adalah pendidikan terutama untuk mata pelajaran.

Untuk meriset keyword, ada banyak tools yang sudah tersedia di google seperti ubbersuggerst. Tools tersebut bisa anda gunakan secara gratis untuk meriset kata kunci.

Jika sudah meriset kata kunci, maka silahkan tulis artikel anda. Artikel panjang atau dengan jumlah kata/karakter yang banyak tergolong artikel yang bagus dan disenangi google. Namun jika anda tidak mampu membuat artikel panjang, maka setidaknya buatlah artikel minimal 300 kata.

Silahkan suntik blog anda dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan tentu saja bukan artikel hasil plagiat atau copy paste melainkan konten original hasil karya anda sendiri.

Optimasi Blog

Jika anda benar-benar ingin serius ngeblog, maka anda tidak hanya sekedar menulir artikel saja melainkan anda perlu juga mengoptimasi blog. Secara umum ada dua cara mengoptimasi blog anda yakni optimasi SEO ON PAGE dan optimasi SEO OFF PAGE. SEO ON PAGE merupakan optimasi di dalam situs itu sendiri. optimasi seo on page meliputi penanaman backlink, Optimasi Webmaster, memaksimalkan internal dan eksternal link, optimasi gambar dan lain sebagainya.

Sedangkan optimasi SEO OFF PAGE meliputi share di media sosial (facebook, youtube, WA, instagram, twitter), mempromosikan blog di forum-forum website, social bookmark dan lain sebagainya.

Menghasilkan Uang dari Blog

Jika semuanya sudah siap, maka blog anda telah siap untuk menghasilkan uang. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog seperti mendaftarkannya ke platform periklanan seperti google adsense, MGID, Popcash, Adnow, etc. Ataupun anda bisa bergabung dengan para influencer di situs-situs seperti Sosiago untuk mendapatkan uang. Untuk uraian lengkap mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari blog bisa anda baca di artikel berikut.

Artikel Terkait:

Jangan Banyak Mengeluh

Hal terakhir adalah jangan banyak mengeluh. Biasanya seseorang yang menekuni profesi ini cenderung akan mengeluh dengan proses yang harus dilalui mulai dari menulis artikel, optimasi dan bahkan pendapatan yang kadang tidak seberapa. Namun semuanya itu membutuhkan proses hingga bisa sukses dari hasil blog. Jadi jangan banyak mengeluh yah, semua orang yang terjun ke dunia blogging pasti berada di posisi tersebut kok.

Demikianlah ulasan saya mengenai Tips Ngeblog Untuk Pemula, semoga artikel saya ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).