Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analitik (1596-1650)

Indonesia Terpercaya – Rene Descartes dilahirkan dalam keluarga bangsawan Prancis yang sederhana. Banyak orang-orang hebat dalam sejarah yang hidup pada saat itu, termasuk Galileo, Newton, Fermat, Pascal, dan Shakespeare.

Rene Descartes, seperti halnya Newton, adalah seorang anak yang lemah dan sakit-sakitan. Ayahnya tidak berusaha memberikan pendidikan sampai ia berusia delapan tahun. Sebagian hidupnya dijalankan di tempat tidur sehingga ia mempunyai banyak waktu untuk berfikir dan merenung.

Pada usia delapan belas tahun, ia ingin bersenang-senang dan melihat dunia. Ia menjadi penjudi namun hanya sebentar. Kemudian ia mendaftarkan diri menjadi seorang tentara untuk negaranya. Ia adalah seorang prajurit yang gagah berani membela Prancis dalam sejumlah pertempuran termasuk pertempuran Prague yang merupakan kemenangan Prancis yang terkenal.

Selama menjadi tentara, ia sering menyempatkan waktu untuk merenungi bagaimana seseorang bisa menggunakan logika matematika dan pendekatan ilmiah untuk memahami dunia. Hal ini membingungkan sejumlah orang. Orang berfikir bahwa sebagian besar informasi dapat diperoleh di Injil dan tulisan-tulisan kuno.

Ketika Rene Descartes akhirnya mempublikasikan idenya, ia mengejutkan para intelektual pada masa itu dengan penemuannya di bidang geometri yaitu Geometri Analitik, kadang kita menyebutnya Geometri Cartesian.

Suatu fakta yang sangat menarik bahwa begitu seseorang yang jenius mengeluarkan sebuah ide baru, bukan hal yang terlalu sulit bagi orang lain untuk memahaminya. Pada tahun itu, 9 murid dapat memahami Geometri Cartesian, tetapi perlu seorang yang jenius untuk memikirkanya pertama kali.

Bab akhir kehidupan Descartes sangat menarik namuncukup tragis. Ratu Christine dari Swedia yang berusia 19 tahun mendengar tentang ahli matematika terkenal itu dan memaksanya tinggal di Swedia untuk mengajari ratu tersebut. Rene menolak, kemudian ia dipaksa pergi ke Swedia di mana iklim dan pekerjaan berat memberi pengaruh yang buruk pada tubuhnya. Ia kemudian meninggal pada usia lima puluh empat tahun.

Demikianlah Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analitik (1596-1650), semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *