Indonesia Terpercaya – Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) sudah hampir mendekat dan tentu saja anda akan mempersiapkan berbagai macam hal untuk bisa mengikuti seleksi tersebut mulai dari kelengkapan berkas-berkas, mempersiapkan diri untuk menghadapi soal tes dan bahkan mempersiapkan diri siapa tau tidak lolos dalam seleksi CPNS tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa pendaftaran CPNS sudah tidak menggunakan cara manual lagi melainkan sistem online, dan salah satu persyaratan yang wajib anda penuhi adalah mengunduh pas foto dengan ukuran maksimal 200 kb kedalam form pendaftaran CPNS tersebut.

Nah bagaimana caranya untuk mengkompres atau memperkecil ukuran foto yang anda miliki agar bisa terupload nantinya ke form pendaftaran CPNS tersebut? misalnya saja anda memiliki foto dengan ukuran 1 mb dan akan diubah menjadi 200 kb.

Cara ini bukan hanya bertujuan untuk pendaftaran CPNS saja melainkan dapat anda gunakan untuk berbagai macam keperluan jika anda diminta untuk mengupload foto anda dengan ukuran tertentu.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai Cara Mengecilkan atau Kompres Ukuran Foto menjadi 200 kb di Laptop dan HP dengan mudah. Jadi silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mengecilkan/ Compres Ukuran Foto di Laptop

Cara pertama yang akan saya berikan adalah memperkecil atau kompres ukuran foto di laptop dan cara ini tidak membutuhkan aplikasi atau software tambahan melainkan menggunakan aplikasi yang sudah ada di dalam laptop atau komputer anda.

Setiap laptop atau komputer tentu saja sudah memiliki aplikasi paint dan aplikasi tersebutlah yang bisa kita gunakan untuk memperkecil foto seperti di bawah ini.

  • Pertama-tama silahkan anda siapkan foto yang hendak anda ubah ukurannya, dan jika sudah siap silahkan buka aplikasi paint anda. Untuk lebih mempermudah mencari aplikasi tersebut silahkan klik Start di pojok kanan bawah kemudian di pencarian silahkan ketik Paint. Jika aplikasinya sudah ketemu silahkan di buka.
  • Selanjutnya di aplikasi Paint kita akan memasukkan foto. Silahkan klik menu Paint (disamping home) dan pilih Open
  • Selanjutnya silahkan pilih foto yang hendak anda ubah ukurannya kemudian klik Open
  • Nah jika foto sudah ada di dalam aplikasi paint, selanjutnya kita akan mengubah ukurannya. Caranya adalahdi Home silahkan anda pilih Rezise dan akan muncul sebuah tab Rezise and Skew. Silahkan pilih Pixel untuk mengubah ukurannya.
  • di tab Rezise and Skew tersebut silahkan perhatikan horizontal dan Vertical. Jika anda mengubah Horizontalnya maka verticalnya pun akan berubah secara otomatis mengikuti ukuran gambar jika Maintain Aspec Ratio nya tetap tercentang. Horizontalnya silahkan di ubah menjadi 730 maka vertikalnya juga akan berubah atau bisa kurang dari 730 untuk mendapatkan ukuran yang sesuai yakni 200 kb atau kurang dari itu. Jika sudah silahkan klik OK
  • Jika sudah silahkan anda klik icon Save maka foto tersebut akan tersimpan di perangkat anda.
  • Untuk melihat hasilnya silahkan buka folder tempat anda menyimpan foto tersebut dan lihat apakah ukurannya sudah 200 kb atau kurang daripada itu.

Nah jika ukurannya sudah pas maka anda telah berhasil mengubah ukuran foto tersebut. Namun jika masih lebih dari 200 kb atau dari ukuran yang anda inginkan maka silahkan ubah melalui cara tadi. silahkan turunkan angka 730 nya sampai mendapatkan ukuran yang sesuai.

Cara Compres (Mengecilkan) Ukuran Foto di HP

Jika anda tidak mempunyai komputer atau laptop, anda bisa mengubah ukuran foto tersebut melalui HP Android. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama silahkan anda download dan instal aplikasi yang akan digunakan untuk mengecilkan atau compres foto tersebut yakni Photo Compress di Play Store
  • Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut kemudian pilih Gallery kemudian cari dan pilih foto yang hendak anda kecilkan ukurannya menjadi 200 kb.
  • Jika sudah silahkan klik Compress
  • Selanjutnya silahkan atur dengan cara menggeser garis yang ada pada tab Compress sampai anda mendapatkan ukuran 200 kb atau sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan anda menggeser garis tersebut lebih dari angka 40 agar gambar tidak pecah. Jika sudah Silahkan tekan Compress
  • Jika sudah silahkan lihat hasilnya. Awalnya ukuran foto yang saya ingin Compress adalah 1,86 MB namun setelah di Compress dengan akhirnya menjadi 193 KB

Jika sudah maka gambar akan secara otomatis tersimpan ke perangkat anda. dari beberapa kali percobaan yang dilakukan gambar yang dihasilkanpun setelah di kompres masih bagus dan tidak pecah-pecah.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengecilkan (Compres) Ukuran Foto menjadi 200 kb di Laptop dan HP. Semoga dapat bermanfaat untuk anda, sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).