Indonesia Terpercaya – Sekarang ini menjadi seorang streamer khususnya streamer video game sedang banyak digeluti terutama untuk kalangan muda. Bukan apanya, karena profesi yang satu ini memang sangat menjanjikan apalagi buat yang gemar bermain game baik itu game offline maupun game online.

Para penikmat game yang melakukan streaming bukan hanya bermain game semata melainkan melalui video game yang dimainkan mereka bisa mendapatkan uang dari dalamnya melalui streaming baik itu di facebook gaming maupun di youtube.

Salah satu software yang populer dan memang direkomendasikan untuk melalukan streaming game adalah OBS Studio. Software ini tersedia secara gratis bagi para pecinta game untuk melakukan streaming game di sosial media.

Nah salah satu kendala bagi para steamer video game ketika melakukan streaming adalah delay atau waktu tunda yang tergolong sangat jauh sehingga menyulitkan penonton maupun para streamer untuk berinteraksi. Delay ini biasanya disebabkan oleh kecepatan jaringan yang anda gunakan namun bisa juga pengaturan di OBS Studio anda sudah mengatur delay sekian detik.

Untuk waktu delay di OBS Studio ketika anda baru menginstal aplikasi ini adalah 30 detik, namun anda bisa menurunkan waktu tunda atau delay tersebut sesuai dengan keinginan anda. Semakin kecil waktu delay streaming game maka semakin bagus pula karena memungkinkan anda berinteraksi secara aktif dengan para penonton anda tanpa harus dibatasi oleh waktu tunda tersebut.

Cara mengatur Delay di OBS Studio

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit trik bagaimana menurunkan atau mengatur delay di OBS Studio. Jadi silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama-tama tentu saja bahwa OBS Studio telah terinstal di Laptop atau komputer anda. Jika belum, silahkan download di website resmi OBS Studio dan instal terlebih dahulu aplikasi tersebut.
  • Jika sudah, silahkan anda buka aplikasi OBS Studionya kemudian pilih Setting di pojok kanan bawah layar anda.
  • Selanjutnya di Setting, silahkan pilih Advenced. Di kolom Stream Delay, silahkan atur delay streaming sesuai yang anda inginkan. kalau di pengaturan OBS saya menggunakan delay 10 detik dengan kecepatan internet kurang lebih 40 mbps. Jika sudah silahkan klik OK.
  • Jika sudah maka delay streaming anda telah diatur. Silahkan coba melakukan streaming dan lihat apakah delaynya sudah berubah sesuai dengan waktu yang telah anda atur tadi.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menurunkan Delay di OBS Studio, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *