Fitur Menu di Dasbor Blogger Tidak Lengkap

Indonesia Terpercaya – Blogger atau dikenal juga dengan Blogspot merupakan salah satu platform pembuat blog yang popoler dan banyak digunakan saat ini. Banyak orang menggunakan platform ini karena melalui Blogger, seseorang bisa membuat blog secara gratis dan mudah.

Tidak seperti platform lain seperti WordPress ketika mengganti domain harus membeli hosting terlebih dahulu. Blogspot menggunakan hosting gratis dan anda tidak perlu membeli hosting dengan harga yang mahal ketika hendak mengganti domain di Blogspot.

Walaupun demikian, baik Blogspot maupun WordPress sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kedua platform ini sama-sama bagusnya buat anda yang ingin serius dalam mengelola sebuah website.

Nah untuk anda pengguna blogspot, akhir-akhir ini saya membaca beberapa keluhan para pengguna blogspot di forum dan grup media sosial mengenai Hilangnya beberapa fitur menu di dasbor blogger. Entah apa yang dikutak-atik sehingga fitur menu tersebut hilang dan tinggal beberapa menu saja yang tersedia. Yah kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:

Jujur saja, saya juga pernah mengalami hal yang demikian ketika baru menggunakan platform blogspot. Mungkin beberapa solusi berikut ini dapat berguna untuk anda jika mengalami kendala seperti diatas.

Penyebab Fitur Menu di Dasbor Blogger Tidak Lengkap

Sebelum masuk kedalam solusinya, kenali dulu beberapa penyebab sehingga fitur menu di dasbor blogspot menjadi tidak lengkap. Pada bagian ini, sebagian adalah opini atau dugaan saya. Mungkin salah satu diantara penyebab yang saya paparkan ini telah anda lakukan di dasbor blog maupun di blog anda.

1. Melakukan Migrasi Dari Blogspot Ke Platform Lain

Penyebab pertama dasbor bloggger anda menjadi tidak lengkap karena mungkin saja anda telah melakukan migrasi konten/artikel dari blogspot ke platform lain seperti wordpress.

Saya pernah mengalami hal ini ketika membackup konten dan melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress, fitur menu di dasbor blogspot saya menjadi tidak lengkap.

Hal tersebut mungkin terjadi karena pengaturan yang ada di blogger juga ikut terbackup oleh plugin migrasi konten yang anda gunakan di WordPress sehingga menghilangkan beberapa menu di dasbor blogspot.

2. Akses Admin Blog

Penyebab yang kedua ini tidak terlepas dari penyebab yang pertama diatas. Anda tidak memiliki akses sebagai admin lagi ke blog tersebut dan statusnya hanya menjadi seorang penulis di blog tersebut walaupun Email utama pada blog tersebut adalah Email anda.

3. Akun Diretas

Penyebab lainnya fitur menu di blog anda tidak lengkap adalah karena mungkin saja ada orang yang telah meretas blog anda. Ingatlah dimana saja anda login pernah ke blog tersebut dan di perangkat mana saja.

Jangan sampai seseorang telah meretas akun Gmail anda dan telah mengubah fitur admin di blog tersebut bukan lagi milik anda dan menjadikan anda sebatas penulis saja melalui Email tersebut.

Solusi Fitur Menu di Dasbor Blogger Tidak Lengkap

Bagaimana solusi akan masalah tersebut diatas? Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah mengubah kembali pengaturan dan menjadikan anda sebagai orang yang mengontrol penuh atas akun tersebut (sebagai admin) bukan sebagai penulis.

Di dasbor blogger Admin, silahkan anda pilih Setelan kemudian Dasar kemudian jadikan Email anda sebagai admin di blog tersebut.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Penyebab dan Solusi Fitur Menu di Dasbor Blogger Tidak Lengkap. Semoga ulasan saya ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *