Indonesia Terpercaya – GEREJA SIMBUANG adalah salah satu gereja tertua di Gereja Toraja yang didirikan pada tahun 1935 dan terletak di desa Simbuang – Kabupaten Tana Toraja – Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Gereja Simbuang adalah cikal bakal salah satu gereja Protestan terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan. Arsitektur ini memiliki arsitektur tradisional yang unik dan terkenal khas penduduk asli simbuang.

Jemaat pertama yang menempati gereja ini adalah penduduk lokal yang telah berubah dari kepercayaan lama mereka, disebut aluk Parandangan, ke Kekristenan. Komunitas Simbuang masih mempertahankan keaslian bangunan gereja, mengingat bahwa ini adalah bangunan gereja bersejarah di wilayah Tana Toraja, di pintu depan gedung gereja ada prasasti yang ditulis dalam bahasa Toraja: “Sondana Eran Dilangi ‘, Ditoentoen lan te Banoea”

Gereja ini adalah ikon Simbuang. Dikatakan bahwa bangunan yang dulu beratap kayu dibangun dari pohon besar. Gereja ini masih berfungsi hari ini sebagai tempat ibadah untuk populasi sekitar. Kemudian, gereja menjadi salah satu gereja di bawah Sinode Gereja Toraja yang dibentuk pada tanggal 25 Maret 1947.

By: indonesia switched : history and minister


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *