Renungan Ulang Tahun Sekolah Minggu “Mengucap Syukur”

Indonesia Terpercaya – Berikut ini Cerita Sekolah Minggu yang dapat anda ceritakan ketika memimpin ibadah atau kegiatan ulang tahun, baik itu di rumah maupun di gereja.

Judul Cerita: Kebun Anggur Nabot. Kejadian Akhir: Raja Ahab Meninggal

Bahan Alkitab: 1 Raja-raja 21-22, Tawarikh 18

Pokok Cerita: Ahab Menginginkan Kebun Anggur Nabot

Tujuan Cerita: Anak merasa senang atas apa yang dimiliki karena Tuhan mencukupkan semua kebutuhannya

Cerita:

Raja Ahab sedang berada di istananya, ia dikelilingi oleh harta benda yang begitu banyak bahkan sangat melimpah. Tanah miliknya untuk digarap menjadi kebun anggur dan kebun sayuran juga banyak. Nabot memiliki sebidang tanah yang digarap menjadi kebun anggur berdekatan dengan kebun anggur Ahab.

Kebun anggur Nabot adalah kebun anggur milik kakeknya, yang diberikan kepada ayahnya dan sekarang diberikan lagi kepadanya untuk dijaga. Dan suatu waktu Nabot harus memberikannya kepada anaknya.

Ahab melihat ke arah kebun anggur Nabot tersebut. Ia menyukai kebun anggur Nabot. Meskipun kebun anggur miliknya lebih banyak dan sangat banyak dari Nabot tetapi ia masih menginginkan kebun itu.

Ahab sangat lupa bahwa: Tuhan tahu apa yang kita butuhkan. Tuhan memberi kepada kita menurut kebutuhan kita masing-masing. Karena itu kita harus berterima kasih atas semua yang kita miliki, tidak perlu kita menginginkan milik orang lain lagi. Kita senang dengan kepunyaan kita sendiri, dan juga kita harus senang melihat orang lain menggunakan segala yang mereka punya.

Ahabpun memintanya kepada Nabot, namun Nabot tidak mau memberikannya kepada Ahab. Ahab menjadi kecewa dan marah. Izebel istri ahab juga tahu hal itu.

Ia pun bersama dengan pemuka-pemuka dan tua-tua yang tinggal sekota dengan Nabot berencana membunuh nabot supaya ahab dapat memiliki kebun anggur itu. Merekapun memfitnah Nabot. Nabot yang tidak bersalah akhirnya dihukum mati dan Ahabpun mengambil kebun anggur milik Nabot.

Tahu bahwa raja Ahab telah merampas kebun anggur milik Nabot atas rencana jahat istrinya, Tuhan menegur Ahab dan keluarganya melalui nabi Elia. Tuhan tidak membenarkan perbuatan jahat mereka yang telah membunuh Nabot padahal Nabot tidak bersalah.

Tuhan menginginkan Ahab agar menyesal dan tidak mengulangi lagi perbuatan jahatnya. Karena itu Tuhan menyampaikan penghukuman kepada Ahab melalui nabi Elia bahwa Ahab juga akan menderita seperti Nabot.

Raja Ahab menyesal atas perbuatan jahatnya. Ia merobek pakaiannya dan menggunakan kain kabung sebagai tanda penyesalannya serta berpuasa. Tuhan melihat penyesalan Ahab dan memberikan pengampunan kepadanya.

Penerapan Cerita:

Tuhan tahu apa yang kita butuhkan. Tuhan memberi kepada kita menurut kebutuhan kita masing-masing. Karena itu kita harus berterima kasih atas semua yang kita miliki. Tidak perlu menginginkan dan merampas milik orang lain. Kita senang dengan kepunyaan kita sendiri, dan juga kita harus senang melihat orang lain menggunakan segala yang mereka punya.

Ayat Hafalan: Keluaran 20:17 “Jangan mengingini apapun yang dipunyai sesamamu”

Lagu Pendukung:

  • Kidung Ceria (KC) No. 262: Pabila kita sukacita
  • Kidung Ceria (KC) No. 264: Tuhan, betapa banyaknya
  • Kidung Ceria (KC) No. 274: Jangan kuatir akan hidupmu
  • Kidung Ceria (KC) No. 277: Lawanlah Godaan

Demikianlah cerita sekolah minggu dan Renungan Ulang Tahun Sekolah Minggu tentang “Mengucap Syukur”. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *