Indonesia Terpercaya – Halo sobat sehat, sekarang ini mie instan merupakan salah satu makanan instan yang paling banyak digemari orang Indonesia. Cara pembuatannya yang praktis dan cepat menjadi salah satu alternatif dikala sedang lapar. Biasaya ketika makan mie instan, kurang lengkap rasanya kalau tidak dicampur dengan nasi, dan saya yakin pasti kamu pasti adalah salah satu jenis orang yang terbiasa dengan cara ini.

Namun tahukah kamu, mengkomsumsi mie instan dengan nasi bersamaan ternyata tidak baik untuk kesehatan loh. Munkin saja kamu bingung “kenapa bisa berbahaya bagi kesehatan?”. Sebenarnya kalau mengkonsumsi mie instan dengan nasi untuk satu kali makan tidak apa-apa, namun jika kamu melakukan hal ini terus menerus secara berkepanjangan maka itu bisa berbahaya bagi tubuh.

Nah pada artikel kali ini saya akan memaparkan bahaya mengonsumsi mie instan dengan nasi berdasarkan pemaparan dari dr. Sungadi Santoso atau akrab disapa dr. sung.

Kecukupan Gizi

Tubuh manusia bukan hanya memerlukan karbohidrat. Kandungan karbohidrat bisa kita dapatkan dalam nasi, kentang, mie dan lain sebagainya. Kebanyakan orang Indonesia sering mengkonsumsi mie, campur nasi, dan berbagai macam campuran makanan lainnya yang mengandung karbohidrat.

Kalau semuanya itu karbohidrat maka anda akan mengalami defisiensi atau kekurangan zat-zat yang tubuh anda butuhkan. Contohnya seperti protein, Jikalau anda kekurangan protein maka perkembangan sel-sel anda akan terhambat. Lemak untuk membuat hormon dalam tubuh anda.

Anda juga membutuhkan zat-zat mikro lainnya seperti vitamin A, B, C, D, E, K dan juga mineral seperti zat besi, dan phytonutrisi. Jika mengonsumsi karbohirat secara terus menerus mungkin tubuh anda bisa beradapasi, namun lama kelamaan anda bisa jatuh sakit.

Selain itu, dari nasi dan mie yang anda konsumsi secara bersamaan sudah mengandung 700-800 kalori (Nasi = 400 dan Mie = 350-400), itu untuk sekali makan. Memang kalau anda 3 kali makan seperti ini maka kebutuhan kalori anda sudah cukup, tetapi untuk nutrisi lainnya tidak tercukupi.

Kegemukan

Jika pola makan seperti ini anda terapkan dan tidak didukung dengan olaharaga yang cukup karena sibuk dengan berbagai macam hal seperti pekerjaan di kantor, main game, nonton TV maka anda akan mengalami obesitas.

Kerusakan Organ Tubuh dan Muncul Berbagai Macam Penyakit

Karbohidrat jenis nasi dan mie tadi kalau dikonsumsi akan sangat cepat dirubah menjadi gula dan gula ini akan diserap oleh usus dan akan berada di dalam pembulu darah anda. Oleh karena itu, pankreas akan menghasilkan suatu hormon yang disebut hormon insulin. Tugas hormon insulin adalah untuk membawa gula kedalam sel tubuh anda. Jadi jika tidak ada hormon insulin maka gula tidak akan bisa masuk kedalam sel tubuh anda.

Nah apa yang terjadi jika anda terus menerus makan karbohidrat yang cepat sekali menjadi gula? Sel ini akan resisten terhadap insulin tadi. Kalau sel ini resisten terhadap hormon insulin tadi, maka akan mengalami penyakit diabetes.

Juga pabrik insulin tadi yakni pankreas, pankreas jika dipaksa terus menerus karena karbohidrat yang dimakan dalam jumlah yang besar maka akan mengalami “kelelahan” dan bahkan kerusakan.

Jadi sangat disarankan untuk mengganti pola makan jika sebelumnya pola makan anda seperti ini. Cobalah untuk memasukkan menu lainnya jika pola makan anda seperti ini seperti sayur, protein (ikan, telur, tempe, dsb). Jika pola makan anda seperti ini, ada karbohidrat, protein, lemak yang baik (minyak ikan), buah maka angka kecukupan gizi anda akan lengkap.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan dengan Nasi Bersamaan, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *