Indonesia Terpercaya – Halo sobat semua. Salah satu cara memodernisasi kolom komentar yang ada di blog adalah dengan cara menghubungkannya ke facebook. Jadi setiap kali seseorang mengomentari postingan anda, maka pembaca akan login dan berkomentar menggunakan akun facebook mereka maupun akun fanpage yang sementara mereka kelola.

Untuk bisa memasang kolom komentar facebook di platform blog wordpress, maka tentu saja kita harus menginstal sebuah plugin dan plugin yang bisa anda gunakan adalah WP Social Comment.

Plugin ini menurut saya tergolong sangat praktis dan mudah digunakan. Ketika anda sudah menginstal plugin ini di blog anda maka anda tinggal memasukkan facebook app ID dan pluginnya langsung bisa digunakan dan aktif di blog.

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan kolom komentar facebook di blog. Selain menambah interaksi postingan anda melalui media sosial, komentar facebook juga akan mengurangi komentar spam yang masuk ke blog anda.

Cara Memasang Kolom Komentar Facebook di WordPress

Nah bagaimana cara memasang komentar facebook tersebut? berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan anda instal dan aktifkan terlebih dahulu plugin WP Social Comment.
  • Nah jika sudah terinstal, silahkan buka pengaturannya. Anda bisa melihat dan membuka pengaturan tersebut di dasbor menu wordpress anda. Silahkan pilih Facebook Comment
  • Untuk bisa menghubungkan facebook dengan komentar, kita diminta untuk memasukkan Facebook App ID. Facebook App ID ini bisa kita dapatkan melalui Facebook For Developer. Jadi silahkan buka situs Facebook Developer
  • Jika sudah berada di situs tersebut, silahkan mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun facebook anda, dan jika sudah anda akan berada di dasbor facebook developer tersebut. Untuk memulai, silahkan pilih Buat Aplikasi Baru
  • Selanjutnya silahkan anda mengisi form yang tersedia seperti Nama Tampilan dan juga Email Kontak. Jika sudah, silahkan klik Buat Aplikasi ID
  • Nah jika anda sudah membuat ID Aplikasi, maka selanjutnya kita akan menyalin ID Aplikasi tersebut. ID aplikasinya ada di pojok atas. Untuk menyalinnya anda hanya perlu mengklik ID Aplikasi tersebut.
  • Jika anda sudah mendapatkan ID Aplkasinya, silahkan masuk kembali ke pengaturan Facebook Comment, kemudian di Facebook App ID, silahkan tempelkan (paste) ID yang telah disalin tadi.
  • Terakhir, silahkan anda sesuaikan tampilannya dan juga di lokasi mana komentar facebook tersebut akan muncul. Jika sudah silahkan klik Simpan Perubahan di bagian paling bawah.
  • Jika sudah, silahkan cek di blog anda apakah komentarnya sudah muncul atau belum. Biasanya kolom komentar tersebut berada di akhir postingan anda.

Penutup

Bagaimana? cukup mudah bukan untuk membuat dan memasang Kolom Komentar Facebook di WordPress? Ketika anda memasang kolom komentar seperti ini, silahkan anda menonaktifkan kolom komentar bawaan di blog anda agar kolom komentarnya tidak dobel.

Demikianlah ulasan saya, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *