Indonesia Terpercaya – Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menonaktifkan kolom komentar, salah satunya adalah menghindari komentar spam. Disamping itu, kita juga dapat mencegah adanya broken link pada blog dikarenakan pengungjung yang memberikan komentar biasanya menyertakan link blognya dan biasanya link blog tersebut sudah mati atau tidak dapat dijangkau lagi.

Untuk anda pengguna wordpress, tentu saja menonaktifkan kolom komentar tergolong cukup mudah, karena sudah ada banyak plugin yang bisa anda gunakan untuk menonaktifkan kolom komentar tersebut, salah satunya adalah Plugin Disable Comments.

Plugin ini sangat bagus digunakan karena memilik keunggulan seperti: dapat menonaktifkan kolom komentar di wordpress secara keseluruhan maupun diarea-area tertentu seperti post, page dan lain sebagainya.

Menonaktfikan Komentar Menggunakan Plugin Disable Comments

Nah bagaimana caranya menonaktifkan kolom komentar menggunakan plugin ini? Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan anda instal dan aktifkan plugin Disable Comment di blog anda.
  • Jika pluginnya sudah aktif, di dasbor blog anda silahkan pilih Pengaturan kemudian Disable Comments
  • Selanjutnya di dalam pengaturan plugin tersebut, terdapat dua opsi yang bisa anda gunakan yakni: menonaktifkan seluruh komentar yang ada di blog atau menonaktifkan beberapa kolom komentar di blog seperti di Pos, Laman dan Media. Silahkan anda pilih salah satunya dan jika sudah silahkan klik Simpan Perubahan
  • Terakhir, silahkan preview blog anda dan lihat hasilnya, apakah kolom komentar tersebut telah non aktif atau belum. Jika sudah artinya anda berhasil menonaktifkan kolom komentar di blog anda.

Catatan-Catatan Penting

Segala sesuatunya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga ketika anda memilih untuk menonaktifkan kolom komentar anda. Selain memiliki kelebihan seperti yang telah saya paparkan diatas, terdapat juga kekurangan yang bisa berakibat bagi blog anda.

Kekurangan-kekurangan tersebut diantaranya:

  • Anda menutup interaksi di blog dengan orang lain yang hendak bertanya ataupun ada yang kurang dimengerti dari tulisan anda.
  • Komentar di blog juga memiliki dampak terhadap SEO blog walaupun itu sangat kecil
  • Orang akan bersikap skeptis terhadap tulisan anda karena jangan sampai tulisan tersebut tidak berhasil (blog tutorial), tulisan hoax dan lain sebagainya karena tidak adanya feed back dari orang lain. Kolom komentar bisa menjadi testimoni dari tulisan tersebut.
  • Dan masih banyak lagi dampak dari menonaktifkan kolom komentar di blog.

Penutup

Demikianlah uraian saya mengenai Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di WordPress, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *