Indonesia Terpercaya – Salah satu peringatan yang muncul di webmaster tools ketika kita selesai mengcrawl link artikel untuk diindeks di mesin pencari adalah masalah penyempurnaan AMP yakni Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan.

Permasalahan tersebut sebenarnya bukan hanya dialami oleh pengguna WordPress namun juga pengguna platform blogspotpun tidak luput dari permasalahan tersebut.

Biasanya yang paling banyak mendapat dan mengalami peringatan tersebut adalah para pengguna AMP (Accelerated Mobile Pages). AMP merupakan salah satu fitur untuk mempercepat loading sebuah website ketika dikunjungi oleh pembaca di mesin pencari.

Penyebab Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan

Saya sebagai pengguna wordpress sangat sering mengalami masalah tersebut, namun setelah mencari informasi ternyata google telah mengubah ketentuan mengenai ukuran gambar yang direkomendasikan untuk digunakan dalam sebuah artikel.

Ukuran gambar yang direkomendasikan tersebut yakni 1200 pixel, namun saya biasa menggunakan gambar dengan ukuran 800 pixel namun tetap lulus uji penyempurnaan di webmaster tools.

Oleh karena itu, untuk menghindari peringatan Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan tersebut, maka sangat disarankan untuk mengupload gambar melewati ukuran yang telah saya paparkan diatas.

Cara Mengatasi Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan

Nah bagaimana cara mengatasi peringatan Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan. Kali ini saya akan memaparkan dua cara yang bisa anda lakukan dan cara ini telah terbukti berhasil saya terapkan di blog ini dan lulus dari peringatan penyempurnaan tersebut.

1. Mengubah Ukuran Gambar

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mengubah ukuran gambar yang anda upload sesuai dengan ukuran yang telah saya paparkan diatas. Caranyapun tergolong sangat mudah.

  • Pertama-tama silahkan anda buka aplikasi Paint di komputer anda.
  • Setelah aplikasinya terbuka, maka silahkan masukkan gambar yang hendak anda upload kedalam artikel yang telah ditulis.
  • Jika gambar sudah ada di dalam dasbor aplikasi Paint, maka silahkan pilih Resize kemudian di Resize and Skew silahkan pilih opsi Pixel.
  • Di Pixel tersebut silahkan di bagian Horizontal, ketikkan 1200
  • Jika sudah silahkan Klik OK
  • Jika sudah, silahkan klik icon Save untuk menyimpan gambar yang telah anda atur tadi.
  • Gambar telah siap untuk diupload kedalam artikel yang anda tulis.

2. Mengikuti Pemaran di Forum Diskusi

Sebenarnya masalah diatas sudah banyak didiskusikan oleh para pakar di forum google search console, anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan oleh para pakar tersebut untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk bisa melihat diskusi tersebut, silahkan kunjungi link di bawah ini:

https://wordpress.org/support/topic/google-search-console-image-size-smaller-than-recommended-size/

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengatasi Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan. Dari dua cara yang saya paparkan diatas, cara pertamalah yang paling sering saya gunakan dan terbukti berhasil tanpa harus mengutak atik script yang ada di blog.

Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).