Indonesia Terpercaya – Menjadi seorang perokok memang tidak ada untungnya, disamping hanya menghambur-hamburkan uang untuk membeli rokok, seorang perokok juga berpeluang besar terserang berbagai macam penyakit ganas.

Hal tersebutlah yang dialami seorang pria bermana Ozil Seam Firdaus. Baru-baru ini ia membagikan pengalamannya menjadi perokok aktif selama beberapa tahun melalui akun sosial media Facebook. Tahun 2016 mulai menjadi perokok aktif dan di tahun 2019, ia terkena parahnya efek rokok tersebut.

Menurut pengakuannya, ia terserang penyakit Pneumothorax. Pneumothorax adalah istilah medis untuk terkumpulnya udara pada rongga pleura, yaitu rongga tipis yang dibatasi dua selaput pleura di antara paru-paru dan dinding dada.

Udara yang terkumpul pada rongga pleura dapat terjadi akibat adanya celah yang terbentuk akibat cedera pada dinding dada atau robekan pada jaringan paru-paru. Akibatnya, udara tersebut dapat menekan paru-paru dan membuat paru-paru menjadi mengempis (kolaps). Pneumothorax merupakan kondisi gawat darurat yang dapat mengancam nyawa bila tidak ditangani secara cepat.

Salah satu penyebab seseorang memiliki resiko tinggi terserang penyakit ini karena aktifitas merokok. Seseorang yang terserang penyakit ini akan memiliki gejala seperti: sesak nafas, nyeri dada, keringat dingin, kulit menjadi biru, batuk, dan lemas. (alodokter)

Berdasarkan pengalamannya tersebut, ia menghimbau kepada para perokok untuk berhenti daripada mengalami kondisi seperti yang ia alami saat ini.

“Percaya dah,merokok tidak akan membuat lu jadi lebih keren,merokok ga akan membuat lu jadi tambah ganteng dan ga akan bikin hidup lu bahagia”

“sakit begini tu ga enak,kalian akan rugi wktu, rugi biaya badan sakit di tusuk selang begini, proses penyembuhannya pun akan lama dan tentunya akan bikin orang-orang terdekat kalian menjadi repot dan kepikiran tentunya”


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).