Indonesia Terpercaya – Hewlett-Packard termasuk salah satu produsen laptop yang cukup diminati di tanah air. Varian laptop dan notebook besutannya yang bisa ditemui di pasaran juga banyak pilihannya, mulai dari yang kelas entry-level yang berharga murah sampai kelas premium yang dibanderol dengan harga mencapai puluhan juta Rupiah.

Salah satu laptop HP untuk pemula atau sering juga disebut dengan istilah entry-level adalah tipe HP 15-BW528AU. Laptop dengan luas layar 15.6 inci ini cocok digunakan untuk kegiatan komputasi ringan sehari-hari seperti mengetik, browsing dan multimedia. Layarnya yang lega tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi konsumen yang memang mengincar laptop berlayar besar.

Desain

HP 15-BW528AU memiliki desain dan bentuk yang tak berbeda jauh dengan laptop merk HP kebanyakan dimana dimensinya adalah 38 x 25.38 x 2.38 cm. Bodinya memang sedikit lebih besar dari laptop umumnya karena pengaruh dari luas layarnya yang lebih dari 15 inci.

Meskipun bodinya besar tapi bobotnya tetap ringan yakni cuma sekitar 1,8 kg saja. Hal ini mungkin karena absennya Optical Drive DVD pada perangkat ini. Ya, HP 15-BW528AU memang belum dilengkapi dengan DVD Drive, namun Anda bisa mengakalinya dengan membeli lagi satu Optical DVD seharga 200 ribuan jika memang dibutuhkan.

Kinerja

CPU yang ada pada HP 15-BW528AU adalah prosesor AMD dual core tipe E2-9000e yang mempunyai clock speed sebesar 1.5GHz dan 1 MB cache. Prosesor ini sudah cukup kuat untuk memproses perintah dari program-program seperti MS Office sebab didukung dengan RAM 4GB jenis terbaru yaitu DDR4-1866.

Untuk urusan olah grafis, disematkan grafis dari AMD tipe AMD Radeon™ R2 Graphics yang merupakan graphics jenis shared. Jenis grafis ini cukup handal jika digunakan untuk menjalankan game-game ringan dan program sejenis.

Konektivitas

Konektivitas yang tersedia pada HP 15-BW528AU sudah cukup lengkap dan telah disematkan pula USB 3.1 terbaru yang mempunyai kecepatan transfer lebih besar dari port USB generasi terdahulu. Disamping itu terdapat pula port konektor lainnya yang umum ditemui di laptop kebanyakan dimana ada port VGA, HDMI, RJ45, slot Card Reader dan colokan jack 3.5mm Combo.

Untuk port USB sendiri terdapat 1 USB 3.1 dan 2 port USB 2.0. Sementara untuk koneksi nirkabel telah tersedia Wifi dan Bluetooth yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pengguna.

Spesifikasi Lengkap HP 15-BW528AU

HargaMulai dari 2,9 juta
ProsesorAMD E2-9000e
Clockspeed1,5gHz, Turbo sampai dengan 2GHz
Jumlah CoreDual Core
RAM4GB DDR4-1866
HDD500GB SATA 5400RPM
Layar15.6″ Resolusi HD 1366×768 Piksel
GraphicsAMD Radeon™ R2 Graphics
Port KonektorVGA, USB 3.1, USB 2.0, Jack 3,5 mm Combo, LAN, Card Reader dan HDMI
Konektivitas WirelesBloetooth dan Wifi
BateraiLithium Ion 41 Whrs
Optical DriveTidak ada
WebcamHP TrueVision HD
AudioStereo
Dimensi38 x 25.38 x 2.38 cm
Sistem OperasiDOS
WarnaHitam

Kesimpulan

HP 15-BW528AU cocok digunakan untuk kebutuhan komputasi ringan sehari-hari. Fitur tambahan seperti toucpad-nya yang multi-gesture dan baterai berkapasitas lumayan besar yakni 41 Whrs adalah nilai lebih dari laptop yang bergaransi satu tahun ini.

Harga jual yang ditawarkan termasuk murah karena biasanya laptop dengan luas layar 15.6 inci di pasaran dihargai sekitar 3,3 juta ke atas. Menegenai ketiadaan optical DVD Admin rasa zaman sekarang bukanlah masalah karena masih tersedia jenis koneksi lain yang lebih modern.

Kamu juga dapat membaca berbagai macam spesifikasi HP dan Laptop di tulisanku.co.id


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).