Indonesia Terpercaya – Pernahkah anda mengamati beberapa blog download dan streaming anime seperti samahedaku, neonime, animeindo, lk21 dan lain sebagainya. Tertarik untuk membuat blog serupa?

Sepintas Tentang Blog Download dan Streaming

Memang salah satu blog yang paling potensial dan paling banyak dicari dan digunakan saat ini adalah blog download dan streaming baik itu anime, film, video, kartun dan lain sebagainya.

Blog-blog tersebut walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa susah untuk dipasang oleh adsense, namun anda bisa menggunakan alternatif lainnya untuk mendapatkan uang seperti jasa pasang iklan online, safelink dan lain sebagainya.

Salah satu platform blog yang bisa anda gunakan untuk membuat blog atau website download yakni blogger. Platform ini selain gratis, juga sangat mudah untuk digunakan untuk anda yang masih pemula.

Nah bagaimana cara membuatnya? pada artikel kali ini, saya akan mengulasnya secara tuntas mengenai Cara Membuat Blog Download dan Streaming Dengan Blogspot. Jadi silahkan ikuti langkah demi langkahnya melalui artikel ini.

Cara Membuat Blog Download dan Streaming

Berikut ini langkah-lagkah yang perlu anda lakukan untuk membuat blog download dan streaming film dengan platform blogger.

Buat Blog Menggunakan Blogger/Blogspot

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat blog dengan platform blogger atau blogspot. Untuk panduan dan langkah-langkah membuat blognya kamu bisa baca melalui link dibawah ini.

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Membeli Domain

Domain merupakan salah satu hal penting bagi suatu blog atau website. Domain merupakan sebuah alamat yang akan mengarahkan pembaca ke blog kamu.

Ada banyak jenis domain yang bisa kamu beli dan pilih seperti .com, .net, .online, .xyz, .biz, .co.id, .id, .web.id, dan lain sebagainya. Domain tersebut bisa kamu beli di berbagai penyedia layanan host dan domain seperti idwebhost, hostinger dan lain sebagainnya.

Harganyapun berfariasi mulai dari 50 ribuan sampai ratusan ribu dan dapat digunakan selama satu tahun. Sehabis itu diperpanjang kembali.

Setelah mendapatkan jenis domain yang akan kamu gunakan, selanjutnya adalah menentukan nama url yang akan kamu gunakan. Hal ini juga sangat penting karena nama url yang kamu gunakan bisa menjadi salah satu faktor meningkatkan SEO blog.

Untuk blog download dan streaming ada baiknya anda menggunakan nama terkait misalnya anda ingin membuat blog download dan nonton anime maka nama urlnya bisa animeid (dot) com, animelucu (dot) id, dan lain sebagainya.

Namun jika kamu belum mampu membeli domain, maka bisa menggunakan domain bawaan blogger yakni blogspot.com secara gratis.

Menentukan Tema/Template

Tema atau template merupakan sebuah tampilan yang akan dilihat pengunjungdi blog anda. pemilihan template yang tepat akan membuat pengunjung nyaman serta berlama-lama berselancar di situs anda.

Ada banyak pilihan template yang bisa anda gunakan, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar (premium). Namun jika anda ingin serius mengelola blog anda maka gunakanlah template premium dengan fitur yang lebih lengkap dan banyak.

Untuk template gratisan bisa anda download secara bebas di google. Ada banyak situs penyedia template gratis yang bisa anda gunakan. Namun jika ingin menggunakan template berbayar maka silahkan hubungi pembuat templatenya secara langsung.

Jika sudah menapatkan tema yang tepat untuk anda gunakan, maka cara mengganti template blog bisa anda baca melalui link dibawah ini:

Cara Mengganti Tema/Template di Blogspot

Mengatur Navigasi dan Tampilan

Setelah menentukan dan memasang tema di blog, tidak semerta-merta bahwa tampilannya sudah seperti itu. Anda perlu mengedit beberapa hal terutama bagian navigasi (menu dan sub menu) maupun tampilan di blog anda. Tamplan ini bisa diatur melalui script HTML tema ataupun langsung di tata letak blog.

Selain itu, anda juga perlu membuat privacy policy, disclaimer, sitemap dan lain sebagainya. Tujuannya untuk melindungi anda dan pegunjung di blog yang berisi kebijakan-kebijakan yan musti dipatuhi dan diterima oleh pengung dan anda.

Siapkan Video/Film

Karena anda akan membuat blog download dan straming maka unsur yang paling penting dari situs tersebut adalah ketersediaan video atau film. Agar mampu bersaing dan pengunjung betah di blog misalnya untuk blog anime, usahakan untuk selalu mencari video rilisan terbaru kemudian mempublishnya di blog tepat waktu.

Hal tersebut dilakukan agar pengung bisa betah dan rutin mengunjungi blog anda untuk menonton film tersebut. Jika anda bingung dimana harus mendapatkan video, maka ikuti saja situs-situs streaming dan download yang sudah besar. Disitu filmnya pasti akan selalu update terutama anime akan diupdate tepat waktu.

Siapkan Penyimpanan File

Setelah semua video atau film sudah terkumpul, maka anda juga perlu menyiapkan sebuah wadah penyimpanan file online. Ada banyak penympanan file online yang bisa anda gunakan secara gratis mapun berbayar seperti:

  1. Google Drive
  2. Zippyshare
  3. Amazon Drive
  4. Dropbox
  5. One Drive
  6. My Cloud
  7. Degoo: 100 GB
  8. G Cloud Backup
  9. Mega
  10. Box, dan lain-lain

Silahkan upload video atau film kedalam penyimpanan tersebut. Usahakan ketika mengupload jangan menggunakan data selular, gunakanlah wifi karena kapasitas file yang besar akan memakan banyak data seluluer sehingga akan terlalu boros.

Jika sudah terupload, maka silahkan salin URL/Link download dari video yang telah anda uload tadi.

Buat Postingan di Blog

Jika semua sudah siap, maka anda tinggal membuat postingan di blog. Postingan tersebut mencakup:

  • Judul Postingan
  • Sinopsis atau cerita singkat dari film tersebut.
  • Keterangan singkat mengenai film tersebut misalnya: Jumlah episode (jika berepisode), tahun rilis, Gendre, credit, dan lain sebagainya
  • Link video atau film yang telah diuoload tadi
  • Link episode-episode sebelumnya atau season sebelumnya.

Jika semuanya telah siap, maka silahkan publish dan animenya sudah tayang di blog anda.

Index dan Promosikan Postingan

Rugi juga kan kalau sudah buat blog streaming dan download film namun tidak ada pengunjug. Oleh karena itu perlu untuk menindeks blog dan postingan anda di mesin pencari. Untuk indeks di google anda bisa menggunakan webmaster.

Selain itu, perlu juga untuk mempromosikan postingan di grup-grup atau komunitas misalnya blog anda tentang streaming anime maka promosikan di grup-grup pecinta anime. Otomatis orang akan berlangganan di blog anda untuk menonton film-film yang anda publish.

Rutin Update Film dan Video

Anda perlu rutin mengupdate blog anda terutama jika situs tersebut streaming anime. Mengapa demikian? karena penonton akan selalu menantikan updatetan terbaru dari anime tersebut dan jika anda lambat mengupdate maka penonton setia anda akan lari ke situs lainnya yang lebih update.

Mendapatkan Uang dari Blog Streaming dan Download

Jika situs tersebut sudah besar dan memiliki penonton yang banyak maka tidak ada salahnya anda menawarkan jasa pasang iklan melalui blog tersebut. Ada banyak orang yang akan menghubungi anda untuk menayankan iklan kemudian anda akan dibayar melalui tayangan iklan tersebut perbulannya.

Selain jasa pasang iklan, anda juga bisa menggunakan iklan pop up atau safelink untuk mendapatkan uang dari blog tersebut.

Ada banyak pertanyaan seperti ini: Apakah blog streaming dan download bisa dipasang iklan adsense?

Jawabannya bisa ya bisa tidak. Namun jika bisa kemungkinan untuk lolos sangat kecil. Mengapa demikan? karena situs-situs download dan streaming menggunakan film bajakan dan hal tersebut sangat melanggar kebijakan google adsense.

Oleh karena itu kecil kemungkinan untuk bisa jadi publisher google adsense melalui blog download dan streaming film.

Resiko Mengelola Blog Download dan Streaming

Mengelola situs download dan streaming tentu saja memiliki resiko. Resikonya seperti apa? Mungking anda sudah membaca berita bahwa Kominfo akan menonaktifkan situs streaming dan download film seperti INDOXXI. Alasannya karena situs-situs tersebut berisi film bajakan dan mungkin saja dapat merugikan industri film yang filmnya diupload di situs-situs tersebut.

Yah hal tersebut memang ada benarnya oleh karena itu INDOXXI mengeluarkan sebuah pemberitahuan bahwa situsnya akan berhenti beroperasi di awal tahun 2020 karena permasalahan yang telah saya utarakan diatas.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Blog Download dan Streaming Dengan Blogspot. Semoga artikel saya ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Jika ada masukan-masukan sehubungan dengan artikel yang telah saya tulis, silahkan dituangkan di kolom komentar.

Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).