Indonesia Terpercaya – Berpenghasilan jutaan rupiah dari facebook, Apakah bisa? Ya tentu saja bisa lah selama ada kemauan untuk berusaha, pasti jalan dan pasti peluang akan terbuka lebar.

Facebook merupakan salah satu platform media sosial terbesar di dunia dan bahkan memiliki pengguna lebih dari 2,38 Milliar pada tahun 2019. Di Indonesia sendiri, pengguna facebook pada tahun 2019 tembus pada angka 120 juta jiwa.

Apa artinya jumlah tersebut? Facebook memiliki peluang yang sangat besar bagi anda yang ingin merintis karir di dunia digital melalui platform media sosial facebook. Emang bisa? Ya bisa lah.

Jika sebelumnya anda hanya menggunakan facebook hanya sebatas berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial, seperti chatingan, upload foto, gambar video, kata-kata dan lain sebagainya, kenapa tidak mengubah kebiasaan tersebut menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan.

Ada banyak fitur-fitur yang telah ditambahkan pada facebook yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan uang dari dalamnya. Bahkan banyak youtuber kemudian berbondong-bondong mencoba menjajaki facebook untuk menambah penghasilan seperti Kimi Hime, Brandon Kent, dan lain sebagainya.

Bagaimana caranya?

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit tips bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Facebook. Tentu saja tidak instan namun perlu anda coba. Yuk disimak penjelasannya dibawah ini.

Mendapatkan Uang dengan Berjualan di Facebook

Mungkin cara ini sudah sangat lasim bagi anda. Ya salah satu cara mendapatkan uang dari facebook adalah dengan cara mempromosikan barang dagangan di media sosial facebook.

Promosi bisa anda lakukan melalui grup-grup jual beli online, profil, story atau melalui fanpage facebook. Cara-cara seperti itu akan meningkatkan penjualan anda mengingat facebook memiliki pengguna yang sangat besar di dunia terutama di Indonesia.

Mendapatkan Uang dengan Facebook Gaming

Buat anda yang suka bermain game, tidak ada salahnya untuk mencoba fitur baru yang disediakan oleh facebook yakni facebook gaming. Fitur ini termasuk baru di Indonesia karena baru dirilis pada akhir tahun 2018. Melalui facebook gaming anda bisa mendapatkan uang hanya dengan bermain game.

Emang bisa? Bagaimana caranya?

Anda tinggal membuat sebuah fanpage/halaman facebook kemudian pilih kategori Kreator Video Game. Jika halamannya sudah jadi, maka silahkan anda live streaming game di fanpage tersebut.

Ada banyak aplikasi dan software yang bisa anda gunakan untuk live streaming seperti OBS Studio, Streamlabs, Du Recorder, Omlet Arcade dan lain sebagainya.

Ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan agar bisa menghasilkan 5 sampai 100 juta dari streaming game di fanpage facebook tersebut salah satunya adalah program level up. Ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi untuk bisa level UP seperti memiliki 100 follower, streaming konten video game minimal 4 jam dalam 14 hari terakhir, dan lain sebagainya.

Jika fanpage sudah level UP maka selanjutnya adalah peninjauan menuju partner facebook gaming. Jika sudah menjadi partner maka anda sudah bisa menghasilkan uang melalui live streaming game tersebut.

Menghasilkan Uang dari Pengelola Kolaborasi Merek

Pengelola Kolaborasi Merek yaitu kemitraan berbayar dengan merek yang ingin berkolaborasi dalam membuat dan membagikan konten kepada penonton anda untuk menghasilkan uang. Adapun persyaratan Kolaborasi Konten Merek yakni:

  • 1000 pengikut di halaman facebook
  • 15.000 interaksi postingan atau 180.000 menit ditonton atau 30.000 tayangan 1 menit untuk video 3 menit.
  • Kreator dengan pengikut yang aktif dan loyal
  • Kreator konten untuk video dan foto
  • Topik halaman sebagian besar merek tidak akan dilihat sebagai resiko

Menghasilkan Uang Melalui Iklan In Stream

Selain melalui streaming game di facebook gaming, anda juga bisa menghasilkan uang dari fanpage facebook melalui iklan in stream. Seperti apa iklan in stream itu?

Jika Pengelola Kolaborasi Merek telah terpenuhi, maka selanjutnya adalah Iklan In Stream (Jeda Iklan Facebook).

Iklan in stream merupakan iklan yang ditayangkan di video yang anda uplod di fanpage facebook. Durasi video yang akan ditinjau untuk dimonetisasi adalah durasi 3 menit untuk video original.

Namun sebelum masuk dalam Iklan In Stream, anda terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan pengelola kolaborasi merek.

Adapun persyaratan yang harus anda penuhi untuk bisa meminta peninjauan adalah sebagai berikut:

  • Video harus berdurasi minimal 3 menit
  • Konten sesuai untuk iklan dan tidak melanggar kebijakan
  • 10.000 pengikut aktif
  • 30.000 tayangan 1 menit untuk video 3 menit

Iklan In Stream ini kurang lebih hampir sama dengan Youtube dimana disetiap video yang anda upload akan ditayangkan iklan di sela-sela video tersebut dan melalui iklan tersebut anda akan mendapatkan uang.

Menghasilkan Uang dari Langganan Penggemar

Langganan penggemar merupakan sebuah fitur langganan untuk halaman anda dimana anda bisa mendapatkan pendapatan bulanan dari langganan penggemar tersebut. Silahkan pilih harga bulanan, tawarkan keuntungan ekslusif dan kembangkan komunitas orang yang berlangganan untuk mendukung anda.

Adapun persyaratan untuk Langganan Penggemar adalah sebagai berikut:

  • Kreator dan merek dengan pengikut yang besar dan aktif
  • Kreator dan merek dengan nilai tambahan untuk ditawarkan ke pendukung.
  • Kelayakan saat ini hanya untuk undangan.

Dari ketiga fitur diatas yakni Iklan In-Stream, Pengelola Kolaborasi Merek dan Langganan Penggemar bisa anda akses melalui Creator Studio Facebook.

Maksimalkan Facebook Ads Untuk Bisnis dan Karya

Facebook Ads merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk mempromosikan brand, produk, video, foto, karya, dan lain sebagainya dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan memanfaatkan Facebook Ads bisa memaksimalkan pendapatan anda. Tentunya dengan riset-riset agar jangkauannya bisa tertarget.

Facebook Ads juga menggunakan Fanpage atau Halaman Facebook untuk promosi dan juga sebagai sarana penyaluran informasi bagi bisnis anda.

Misalnya saja anda adalah penulis aktif di blog sekaligus menjadi seorang publisher google adsense. Anda bisa mengkatkan penghasilan google adsense melalui tulisan di blog dengan cara promosi di facebook ads. Trafik yang dihasilkan blog akan tergolong kedalam trafik sosial. Hal serupa bagi anda yang aktif di dunia youtube.

Facebook Ads juga akan meningkatkan pendapatan untuk bisnis anda melalui promosi produk-produk yang anda jual. Namun untuk memulai facebook ads, tentu saja anda harus mengeluarkan modal sebagai biaya promosi. Besarnya jangkauan dan interaksi tergantung modal yang anda miliki.

Menghasilkan Uang dengan Menjadi Freelancer di Facebook

Sebenarnya semua yang telah saya papar diatas sudah termasuk dalam kategori Freelancer. Namun pada bagian ini saya akan lebih spesifikkan lagi mengenai freelancer tersebut.

Freelance atau biasa juga dikenal dengan pekerja lepas dimana seorang freelance melalukan pekerjaannya secara mandiri, bebas dan tanpa terikat kontrak dengan perusahaan atau orang tertentu.

Menjadi freelance di media sosial facebook berarti anda akan menawarkan jasa promosi kepada orang lain dan jika ada yang tertarik maka anda akan mempromosikan produknya baik melalui tulisan, video, gambar dan lain sebagainya.

Namun sebelum memulai pekerjaan sebagai freelance, anda terlebih dahulu harus memiliki banyak pengikut atau follower karena follower tersebutlah target dari promosi anda.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).