sumber kesehatan terpercaya, Health Line – menyatakan bahwa masalah Kesehatan Reproduksi mempengaruhi hingga 15% kehidupan suatu pasangan.

Untungnya, terdapat beberapa cara dalam meningkatkan kesuburan pasangan anda dan menjadi hamil lebih cepat.

Faktanya, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu meningkatkan potensi kesehatan reproduksi hingga 69%.

Berikut adalah 17 cara meningkatkan kesehatan reproduksi secara alami :

Makan Makanan yang kaya Antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesehatan reproduksi bagi pria ataupun wanita.

Karena Antioksidan menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh kita, yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

Tanpa kita sadari, antioksidan sebenarnya berada dekat dengan kita, karena antioksidan berada pada makanan dan minuman yang sehari – hari kita konsumsi. Contohnya Vitamin C, Vitamin E, dan lainnya.

Vitamin – vitamin tersebut terdapat dalam makanan atau minuman kita seperti jeruk, mangga, tomat dan masih banyak lainnya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi secara alami dan tidak berbahaya.

Sarapan Lebih Banyak

Suatu penelitian menemukan bahwa sarapan dengan porsi lebih banyak dapat meningkatkan efek hormonal Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) yang merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita saat di usia subur, dan penyebab utama ketidaksuburan akibat ketidakseimbangan hormon.

Wanita dengan berat badan normal dengan sindrom PCOS, kemudian sarapan dengan porsi lebih banyak, sebagian kalori yang dikonsumsi dapat mengurangi 8% kadar insulin dan 50% kadar testosteron, yang apabila kadar tersebut terlampau tinggi dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi dan menyebabkan ketidaksuburan.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa sarapan dengan porsi lebih banyak harus diimbangi dengan tidak makan malam, untuk menjaga kenaikan berat badan berlebih.

Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah lemak yang terbentuk pada makanan setelah melalui suatu proses hidorgenase atau penambahan hidrogen.

Lemak trans biasa digunakan untuk meningkatkan tingkat keawetan makanan. Lemak trans seringkali digunakan dalam makanan industri seperti makanan ringan kemasan, makanan beku, makanan yang digoreng, roti kering, adonan makanan beku, makanan yang dipanggang.

Lemak trans yang terkonsumsi, secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi yang menyebabkan ketidaksuburan hingga 31%.

Mengurangi Karbohidrat

Seringkali dalam meningkatkan kesehatan reproduksi wanita, penderita sindrom PCOS dianjurkan untuk mengikuti diet rendah karbohidrat.

Diet rendah dimaksudkan agar dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi kadar insulin dan mendorong penurunan lemak.

Wanita yang mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak, memiliki risiko 78% mengalami ketidaksuburan.

Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Karbohidrat

Memang karbohidrat bermanfaat bagi tubuh, tetapi mengkonsumsinya dalam jumlah banyak akan sangat mengganggu kesehatan reproduksi.

Mengingat bahwa sindrom PCOS dikaitkan dengan kadar insulin yang tinggi, kita dapat tetap mengkonsumsi karbohidrat dengan tidak berlebihan, atau dapat menggantinya dengan mengkonsumsi buah setiap hari.

Makan Lebih Banyak Serat

serat dapat membantu tubuh kita membuang hormon berlebih dan menjaga kesimbangan gula darah, dengan mengkonsumsi buah-buahan.

untuk mengurangi konsumsi karbohidrat berlebih pada nasi, kita dapat mengganti dengan makan buah setiap harinya.

Mengganti sumber Protein

Mengganti beberapa protein hewani dengan protein nabati, karena dengan mengkonsumsi protein nabati dapat melindungi kita dari ketidaksuburan.

Dalam satu penelitian menunjukkan bahwa ketika 5% dari total kalori berasal dari protein nabati daripada protein hewani dapat menurunkan ketidaksuburan lebih dari 50%.

karena itu, demi menjaga kesehatan reproduksi kita dapat mengganti sumber protein daging dalam makanan dengan protein dari sayuran.

Minum Susu Tinggi Lemak

Mengkonsumsi susu rendah lemak yang berlebih dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan reproduksi.

Dalam penelitian besar yang pernah dilakukan, dengan mengamati efek minum susu tinggi lemak lebih dari 1 kali sehari dengan kurang dari 1 kali selama 1 minggu.

Ditemukan fakta bahwa wanita yang mengkonsumsi 1 atau lebih susu tinggi lemak setiap hari, kemungkinan kecil untuk tidak subur.

Kita dapat mengganti susu rendah lemak ke susu tinggi lemak.

Konsumsi Multivitamin

Wanita yang mengkonsumsi multivitamin kecil kemungkinan mengalami ketidaksuburan. Bahkan, diperkirakan 20% wanita di dunia mengkonsumsi 4 atau lebih multivitamin per minggu.

Setelah 3 bulan mengkonsumsi multivitamin, 26% wanita hamil dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi.

Aktif Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan reproduksi.

Faktanya, orang yang jarang berolahraga dikaitkan dengan ketidaksuburan yang tinggi.

Tetapi olahraga yang berlebih juga berakibat fatal terhadap penurunan kesuburan. Olahraga berlebih dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh, yang secara tidak langsung menyebabkan efek negatif terhadap sistem reproduksi.

Cukup lakukan olahraga kecil dengan insitas yang rutin setiap harinya. Olahraga juga dapat mengatasi virus flu dan batuk yang saat ini banyak menyerang di beberapa daerah Indonesia.

Luangkan Waktu Untuk Bersantai

Tingkat stress, kecemasan, dan depresi yang tinggi berpotensi menurunkan tingkat kehamilan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon ketika kita merasakan hal tersebut.

Luangkan waktu sejenak bersama pasangan dan bersantailah dengan saling memberi dukungan yang positif untuk menghindari stress ataupun kecemasan dan meningkatkan peluang anda untuk hamil.

Hindari Kafein

Kafein berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi wanita.

Wanita yang mengkonsumsi lebih dari 500 mg kafein setiap harinya, membutuhkan waktu hingga 9,5 bulan lebih lama untuk hamil.

Asupan kafein yang tinggi sebelum kehamilan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran.

Berat Badan Ideal Yang Sehat

Berat badan merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi wanita.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 12% ketidaksuburan disebabkan kekurangan berat badan, dan 25% disebabkan karena kelebihan berat badan. Ini karena jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh mempengaruhi fungsi menstruasi.

Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau kurang, biasanya memiliki siklus menstruasi yang panjang, dan membuatnya sulit hamil.

Cobalah menurunkan berat badan atau menambah berat badan yang ideal untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Meningkatkan Asupan Zat Besi

Meningkatkan asupan zat besi melalui makanan, bukan dari suplemen. seperti mengkonsumsi sayuran kangkung, buah jeruk dan lainnya yang mengandung zat besi.

Jangan Minum Alkohol

Semua tahu bahwa alkohol lebih banyak kandungan negatifnya untuk tubuh, termasuk efek penurunan kesuburan untuk tubuh. Hindari minum minuman yang mengandung alkohol, kecuali anjuran dokter.

Hindari Kedelai Fermentasi atau Non Fermentasi

Contoh kedelai fermentasi adalah tempe, kecap. sedangkan kedelai non fermentasi adalah susu kedelai, tahu. Kedelai yang telah melalui tahap fermentasi atau non fermentasi berbahaya untuk tubuh apabila mengkomsinya secara berlebihan.

Namun, sebagian efek negatif ini biasanya hanya terkait pada produk kedelai non fermentasi. Umumnya kedelai yang telah melalui tahap fermentasi dianggap aman untuk dikonsumsi asal tidak berlebih.

Suplemen Alami

dan cara yang terakhir dalam meningkatkan kesehatan reproduksi secara alami adalah dengan suplemen alami.

salah satu contohnya adalah madu, yang mengandung asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi dan kalsium, yang dipercaya meningkatkan kesehatan reproduksi secara signifikan.

Tinggalkan Komentar
Categories: Kesehatan

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).