IMAN VS VIRUS CORONA

Tulisan Hamba Tuhan Octavianus Barauntu

Kita tahu bersama bahwa Iman memilik Ukuran yang berbeda, apalagi iman melawan Corona, kita juga tidak bisa menghakimi bahwa mereka yang dirumah tidak punya Iman dan mereka yang tidak beribadah digereja adalah yang tidak beriman atau kurang imannya, hati² karena kita akan disebut orang yang beriman dalam kesombongan, sehingga kemungkinan besar kita akan terseret dalam barisan mereka yang mencobai Tuhan.

Karena Mereka yang dirumah dan tidak beribada digereja bisa dikatakan beriman dan berhikmat, sehingga kita tidak bisa memvonis bahwa iman mereka lemah atau tidak beriman karena ada ayat firman Tuhan berkata didalam
Amsal 22:3 (BIMK) Orang bijaksana menghindar apabila melihat bahaya; orang bodoh berjalan terus lalu tertimpa malapetaka.

Jadi Hal tersebut juga tidak boleh dipersalahkan, Hati-hati Iman Karena kesombongan akan menghancurkan kita, ingat! Waktu Iblis mencobai Tuhan Yesus, silahkan baca ayat dibawah ini :

Matius 4:5-7 (TB) Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.” Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

Dari ayat diatas, dimana iblispun memakai ayat dan Tuhan Yesus juga memakai ayat, Apabila kita simak baik-baik pembacaan ini, maka kita dapat mengambil pembelajaran bahwa Tuhan Yesus sekalipun tidak bersikap arogan dengan mau melompat/ menjatuhkan dirinya meski ada malaikat menatang-Nya dibawah, sebab Ia tidak ingin mencobai Bapa Sorgawi.

Maka saya teringat dimedia sosial viral beberapa hari ini, ada juga yang berbantah dengan memakai ayat seperti dibawah ini :

Ketika pemerintah melarang ada perkumpulan ibadah, ada yang membantah dengan Firman Tuhan Ibrani 10:25 “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat”

Dan yang lain juga membantah dengan ayat didalam firman Tuhan Titus 3:1 Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.

Dan semua menjadi bingung, karena timbul Pertanyaannya apakah kita harus berkumpul untuk beribadah atau beribadah dirumah?? Jawabannya tergantung ukuran iman kita masing-masing yang penting Iman kita jangan iman dalam Kesombongan, karena kita akan disebut mencobai Tuhan dan mohon maaf orang yang seperti itu tidak bedanya dengan Iblis, yang mencobai Tuhan.

Intinya sesuai Ukuran iman yang Tuhan percayakan bagi kita, kalau ukuran beriman anda, adalah beribadah dirumah, maka seperti itulah ukuran iman anda, Sekali lagi bukan karena beribadah digereja itu Iman Besar dan beribadah dirumah itu Iman Kecil, karena yang menentukan dan menghakimi seberapa besar iman seseorang bukan manusia itu sendiri tapi Tuhan.

Beribadah digereja boleh, beribadah dirumah juga boleh karena Tuhan ada dimana-mana.
Ini kata firman Tuhan Matius 18:20
Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Dalam keadaan yang dialami bangsa ini karena Virus Covid19, Mereka yang beribadah digereja ataupun bukan digereja semuanya pasti tidak berdosa, karena ibadah yang sesungguhnya adalah Hidup benar dihadapan Tuhan, seperti ayat dibawah ini. :
Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Sekali lagi, stop menghakimi iman seseorang, stop saling memamerkan kesombongan Iman dengan postingan yang tidak bijak seakan-akan pemerintah itu salah dalam mengambil keputusan, lebih baik kita berdoa bersama agar Virus Covid19 atau wabah penyakit ini akan dilalukan dari hidup kita dan bangsa ini bisa mengalahkan wabah Virus Covid 19 didalam nama Tuhan Yesus, sambil menjaga Iman kita tetap terpelihara sampai Tuhan datang.

Lukas 18:8 (TB) Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?”

Ingat yah jangan Iman dalam kesombongan, karena Iman dan kesombongan itu beda tipis, Iman itu dari rhema Tuhan, tapi Kesombongan itu dari ego manusia.

Tulisan ini pasti banyak yang akan membantah, tapi puji Tuhan kalau ada juga yang menerimanya dan membagikan tulisan ini, mari bantu pemerintah melawan Wabah Virus Covid 19, ingat di korea selatan ada komunitas kristen yang dengan penuh kesombongan mereka tidak mengindahkan anjuran pemerintah dan apa yang terjadi? Sebagian besar mereka positif Virus Corona, dimalaysia Seorang Pastor meninggal karena Virus Corona dan apakah mereka tidak beriman? Maaf kemungkinan mereka banyak Iman tapi kurang Hikmat, sehingga orang-orang tersebut bisa menyalahkan Tuhan, padahal itu karena kesombongan mereka dalam beriman.

Mari bantu Pemerintah, dengan tidak hanya berdoa tapi bertindak sesuai dengan apa yang baik bagi kita. Salam Sejahtera, Jaga hati dan hidup kita, TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA.

Categories: Kristen

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).