Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.

Pada waktu kita lahir, kita keluar dari rahim ibu dalam keadaan telanjang, tidak punya apa-apa. Pada saat kita mati dan meninggalkan dunia ini, kita hanya disiapkan tanah 1×2 m2 dan tidak membawa apa-apa. Kita masuk ke liang kubur yang sempit dan gelap. Ini adalah kodrat manusia yang paling hakiki namun seringkali dilupakan oleh banyak orang.

Seiring berjalannya waktu, manusia sudah memiliki harga diri yang dipuaskan dengan adanya harta, kekayaan dan jabatan. Kita lupa kodrat ketika lahir tanpa apa-apa, dan lupa juga kondisi masa depan kita ketika meninggalkan dunia ini tanpa apa-apa. Kita cenderung menjadi sombong dan ingin disanjung.

Mengapakah kita begitu sombong akan hidup ini? Bukankah semua yang kita miliki adalah pemberian atau titipan dari Tuhan? Harta, kekayaan, jabatan dan segala yang kita miliki, seringkali dianggap adalah berkat kerja keras semata dari yang bersangkutan sehingga kerap kali mereka menyombongkan diri.

Harga diri yang diaktualisasikan dengan harta, kekayaan dan jabatan seringkali dianggap melebihi dari segalanya. Kalau sudah memilikinya, kita merasa diatas orang lain, kita merasa lebih berhasil dari orang lain, kita merasa lebih mampu dari orang lain dan merasa lebih penting dan lebih pantas untuk dihargai. Kita menjadi sombong dan butuh disanjung.

Kekayaan tidak bergantung seberapa banyak yang kita punya, tetapi seberapa kita mampu untuk berbagi kepada mereka yang tidak mampu.
Miskin bukan berarti tidak punya apa-apa dan kaua bukan berarti punya segalanya.

Mungkin hari ini kita diatas tanah ,tapi esok lusa tanah pasti di atas kita, hidup hanya sekali, jadi buat apa kita menyombongkan diri.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *