Ada pepatah mengatakan “gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama”.

Tidak ada makhluk hidup yang abadi di dunia ini. Suatu saat semuanya pasti akan meninggalkan dunia ini termasuk manusia. Ketika makhluk hidup meninggalkan dunia ini, pasti akan meninggalkan sesuatu yang akan menjadi kenangan.

Seperti halnya harimau yang meninggalkan belangnya dan juga gajah yang meninggalkan gadingnya ketika mati, begitupun manusia. Ketika manusia telah mati hanya satu yang bisa dikenang yakni namanya.

Hidup Ini Singkat, Isilah Dengan Kebaikan

Seseorang yang benar-benar menyadari bahwa hidup ini singkat, maka ia akan selalu mengisinya dengan hal-hal yang positif dan berguna bagi orang lain. Sebaik-baiknya manusia adala ia yang bisa berguna bagi sesamanya.

Perbuatan Baik Akan Dikenang Manis, Perbuatan Buruk Meninggalkan Sakit Hati

Ketika manusia mati, yang akan selalu diingat adalah segala hal yang telah diperbuatnya di dunia ini entah itu baik atau buruk. Perbuatan baik yang ditinggalkan manusia akan menjadi kenangan terindah, sebaliknya jika semasa hidupnya hanya menyakit hati orang lain maka dengki dan sakit hati yang menjadi kenangannya.

Orang akan selalu membicarakan keburukannya walaupun ia telah tiada. Jangan sampai kamu tidak tenang di alam sana karena orang masih saja mengungkit sifat burukmu selama di dunia.

Jangan Meninggalkan Rasa Malu Bagi Orang Terdekatmu

Bukan hanya kamu saja yang akan menjadi buah bibir orang lain ketika kamu sudah tidak ada, namun juga pasti akan berimbas kepada orang-orang terdekatmu. Jangan sampai karena perbuatanmu, keluargamu yang menanggung malu selama di dunia.

Teruslah berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak ada gunanya menyakit hati orang lain selama kita masih hidup. Teruslah menebar kebaikan sekecil apapun itu, karena itu akan sangat berguna bagi orang lain.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).