Selama hidup, manusia tidak akan terlepas dari cobaan dan ujian karena dalam kehidupannya manusia memang akan diuji baik dengan perkara yang menyakitkan maupun perkara yang menyenangkan. Suka maupun tidak suka. Mau ataupun tidak mau.

Terkadang ujian tersebut juga bisa muncul dari orang-orang terdekat kita. Salah satu contohnya adalah kesabaran dan ketulusan kita diuji dalam hal berbuat baik kepada sesama.

Ada pepatah mengatakan “Berbuat baik kepada orang selama 10 tahun, mungkin kebaikanmu akan diingat 10 menit. Berbuat kesalahan yang tidak disengaja selama 10 detik, mungkin kesalahanmu akan diingat selamanya.”

Saat berbuat baik jangan harap kebaikanmu akan dihargai, saat berbuat salah jangan harap kesalahanmu akan dimaafkan. Membahagiakan ribuan kali belum tentu dianggap, mengecewakan satu kali akan diingat sampai mati.

Tidak mungkin semua kebaikan yang telah kita lakukan akan diterima baik oleh semua orang, akan ada segelintir orang yang akan berprasangka buruk, menghina serta mencela kebaikanmu.

Tapi perlu diingat bahwa akan ada juga yang akan menyukaimu, menyayangimu dan peduli terhadapmu, oleh karena itu jangan penuhi hatimu dengan energi negatif. Sayangi dirimu dengan tidak memperdulikan mereka yang tidak pernah menghargai kebaikanmu.

Cobaan yang datang dalam hidup jadikanlah pelajaran untuk semakin memperbaiki diri dan menjadi penyemangat dalam melangkah sehingga engkau akan semakin menyadari bahwa hidup ini memang layak untuk diperjuangkan.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).