Sejak munculnya virus corona di Wuhan memberikan dampak yang sangat luar biasa di segala sektor termasuk di dunia pendidikan.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) tahun 2020.

Dikutip dari Kompas “Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respons wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respon Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha” kata Fadjroel.

Ia menambahkan, peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19)

Penegasan ini disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan pembahasan UN, Selasa 24/3/2020, melalui video conference.

Namun ada sesuatu yang menarik dan sering dilontarkan nitizen+62 mengenai kebijakan penghapusan UN tahun 2020 untuk SMA/MA, SMP/MTs, dan SD/MI. Lulusan tahun 2020 kerap kali disebut nitizen Indonesia sebagai angkatan Corona hingga lulus jalur virus.

Bahkan beberapa waktu belakangan, muncul berbagai macam meme (gambar lucu) juga cuitan-cuitan yang sering diposting nitizen di akun sosial medianya. Berikut ini contoh cuitan tersebut:

Tulisan Ella Nurlaili Hms

BERTEMU DENGAN PELUKAN, BERPISAH TANPA BERJABAT TANGAN..

DEAR SISWA ANGKATAN 2020

Angkatan kalian akan menjadi angkatan pertama yang penuh cerita. Dimana disaat segalanya sudah direncanakan dengan rapi, disusun sedemikian rupa, namun tidak akan terlaksana, hilang begitu saja.

Sebut saja
“ANGKATAN CORONA”
tetapi Jangan khawatir angkatan kalian akan terkenang sepanjang masa.

Siapa yang mengira segalanya yang dipersiapkan untuk UNBK terakhir akan terancam batal.

Kalian adalah Angkatan pertama yang lulus tanpa melalui Ujian Negara.

Ijazah kalian merupakan Ijazah pertama yang nilainya diambil dari nilai Raport semester.

Kalian usai sebelum waktunya, dan kalian istirahat bukan pada jamnya.

Kalian tamat sekolah mendadak

Kalian menjadi alumni mendadak

Kalian berpisah dengan teman teman dan guru tanpa ada perpisahan.

Ini adalah cobaan yang telah diberikan untuk kalian, yang sedang kalian alami sekarang ini.

Yakinlah… ini semua terjadi agar terbentuk generasi yang lebih baik dan lebih tegar.

Cobaan ini datang pada  kalian karena Tuhan tahu bahwa Angkatan 2020 adalah generasi terkuat.

“Yakinlah semua akan indah pada waktunya”

Kami tahu, selama ini kalian sangat lelah, ini lah saatnya kalian beristirahat sejenak untuk melepaskan semua kelelahan …

Semangat dan sukses Angkatan 2020

Yah walaupun terkesan lucu dengan ungkapan angkatan Corona, tapi lulusan tahun 2020 juga pasti tidak menginginkan hal tersebut. Karena keadaan yang memaksa sehingga mereka harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah demi keselamatan bersama.

Semoga saja pandemi ini cepat berakhir sehingga semua bisa seperti sedia kala.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).