Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian pada jenjang pendidikan strata 1 (S1) yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Setiap mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya di bangku kuliah wajib untuk membuat skripsi sebagai salah satu syarat agar bisa lulus. Mau tidak mau suka tidak suka ya harus dikerjakan.

Namun satu hal yang paling menghambat mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya karena keterbatasan referensi dalam hal ini buku-buku penunjang, jurnal dan lain sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi mengenai situs referensi yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsimu. Situs-situs ini juga pernah admin gunakan untuk mengerjakan skripsi pas jaman-jaman masih kuliah dulu. Dijamin skripsimu bakalan cepat selesai deh.

Yuk langsung saja disimak ulasannya dibawah ini.

Google Scolar

Google Scholar merupakan situs buatan google sendiri. Situs ini menyediakan berbagai macam publikasi karya ilmiah secara lengkap. Tidak cuma itu saja, situs ini juga memiliki banyak sekali jurnal online yang bisa kamu akses secara gratis.

Jadi buat kamu yang malas muter-muter di perpustakaan hanya sekedar nyari referensi padahal skripsimu udah deadline, coba deh kamu kunjungi situs ini.

Library Genesis

Situs Library Genesis merupakan salah satu situs yang wajib kamu kunjungi ketika sementara mengerjakan skripsi. Di situs ini kamu akan menemukan berbagai macam buku dengan format PDF, Mobi, dan ePub. Referensi yang ada di situs ini tergolong cukup lengkap untuk semua prodi yang ada.

Namun ketika kamu menggunakan situs ini, kamu harus hati-hati dalam menulis keyword (kata kunci) di kolom pencarian, soalnya agak susah menemukan keyword referensi yang belum umum di situs ini.

Microsoft Acadmic

Kalau kamu butuh referensi penelitian yang lebih spesifik, situs ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Hal tersebut dikarenakan, situs ini memiliki referensi dengan bidang keilmuan yang lebih luas serta untuk menemukan jurnal penelitian yang diinginkan juga tergolong lebih mudah dibandingkan dengan situs lainnya.

Eureka Pendidikan

Jika kamu memerlukan opini-opini para ahli untuk tulisan ilmiah kamu, maka situs ini bisa menjadi salah satu referensi yang wajib dikunjungi. Namun untuk bisa mengambil referensi dari situs ini, kamu perlu izin terlebih dahulu dari penulis aslinya.

Academia

Saya rasa kamu sudah tidak asing lagi dengan situs Academia dan mungkin saja kamu juga sudah biasa mengupload tulisan atau jurnal-jurnal kamu di situs ini. Situs ini juga bisa kamu jadikan salah satu situs untuk mencari referensi buat skripsi kamu karena menyediakan banyak sekali referensi penelitian-penelitian.

Sekilas jika kita amati situs ini, sudah mirip dengan sosial media karena kamu bisa memberikan komentar atau juga saran atas penelitian tersebut.

Research Gate

Jika dosen pembimbing kamu meminta untuk menambahkan referensi dari penelitian luar negeri, maka situs ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu. Kamu bisa dengan bebas bertanya ataupun berdiskusi melalui forum yang telah disediakan. Kamu bisa juga sharing-sharing ilmu dengan orang-orang dari negara lain, yah siapa tau kamu bisa dapat bahan untuk karya tulis kamu.

Oapen Library

Nah buat kamu yang penelitiannya lebih terfokus kepada ranah sosial humaniora, maka situs ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Kelebihan situs ini adalah hanya buku-buku yang lolos akademisi saja yang ada di sini. Jadi bisa kamu bayangkan betapa akurat dan bagusnya referensi yang disediakan oleh situs ini.

Wiley Online Library

Situs Wiley Online Library merupakan situs yang memiliki banyak sekali artikel. Situs ini mempunyai lebih dari 6 juta artikel, lebih dari 1500 jurnal dan lebih dari 18.000 buku yang bisa kamu akses secara gratis. Jadi situs ini juga sangat recomended buat kamu para pejuang skripsi.

Indonesian Publication Index

Buat kamu yang bahasa inggrisnya minim dan memerlukan referensi dalam bahasa Indonesia, Situs ini bisa referensi buat kamu. Situs ini hampir-hampir mirip dengan Google Scholar atau Microsft Academic tapi bedanya hanya bahasanya saja. Situs ini memiliki referensi dalam bahasa Indonesia, jadi makin gampang mencari referensinya.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Buat kamu yang lagi kerja skripsi, situs ini sangat admin rekomendasikan. Beberapa kali pas kerja skripsi dulu sering nyari referensi di sini. Situs ini punya banyak sekali jurnal ilmiah yang bisa kamu download secara gratis. Namun sebelum itu, kamu harus daftar jadi member dulu yah.

Scince Direct

Situs Scince Direct merupakan situs yang berisi tentang penelitian dari berbagai negara. Bukan hanya itu saja, situs ini juga berisi buku dan jurnal. Kamu bisa mendownload jurnalnya setelah kamu searching jurnal apa yang hendak kamu cari dan download.

Project Gutenberg

Situs ini tak kala populer juga loh. Bahkan banyak mahasiswa yang nyari referensi buat skripsi di situs ini. Situs ini memiliki lebih dari 49.000 judul buku mulai dari sastra, fabel, sejarah dan sains.

Open Library

Yang saya tahu, situs ini ngelibatin semua penggunanya, kamu bisa akses kapan saja, dan dimana saja. Referensi yang disediakan juga sangat banyak serta sangat membantu bagi mahasiswa yang tidak memiliki jaringan internetnya soalnya jurnal dan e-booknya bisa kamu akses tanpa koneksi internet sekalipun.

Literature

Terakhir buat kamu anak sastra, di situs ini terdapat ribuan buku dari sastrawan ternama dunia dan bebas kamu akses. Namun sayangnya, kamu tidak bisa mendownloadnya dalam bentuk PDF, epub, atau kindle sekalipun. Walaupun demikian, situs ini wajib juga kamu jadikan tempat untuk mencari referensi skripsimu.

Sebenarnya masih banyak sekali situs-situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari referensi buat ngerjain skripsi kamu. Namun admin hanya bisa memberikan 14 situs saja. Referensi dalam tulisan ini sudah diterbitkan oleh Syahrima dalam Utas di twitternya.

Semoga dapat membantu kamu dalam menyelesaikan skripsi kamu yah guys. Sekian dan terima kasih

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).