Penjilat dan orang yang bermuka dua hampir sama. Mereka bersama-sama melakukan keburukan demi mencapai sesuatu yang diinginkannya.

Menurut Kamus besar bahasa indonesia KBBI  Penjilat berarti orang yang suka berbuat sesuatu untuk mencari muka dengan tujuan mendapatkan pujian hingga mendapatkan keuntungan pribadi.

Penjilat Level tertingginya berambisi untuk Berkuasa sedangkan level terendah hanya berambisi sekedar bertahan hidup.

Oh, ternyata penjilat ada levelnya. Nafsu dan watak ini tidak harus orang yang memiliki jabatan penting, bagi dia yang tidak mempunyai jabatan sekalipun bisa saja nafsu ini hadir dalam benaknya.

Seburuk buruknya manusia ialah yang Bermuka Dua, yang mana ia datang pada suatu kaum dengan muka sekian, dan dengan kelompok yang lain dia bermuka yang lain.

Berusahalah untuk tidak menjadi orang yang suka menceritakan keburukan orang lain termasuk teman kerja kepada atasannya meskipun dijanjikan sebuah jabatan atau upah apapun oleh atasan.

Karena hakekatnya sebahagia apapun, jika cara menggapainya dengan menjatuhkan teman, maka sadarlah bahwa kebahagiaan itu tidak akan bertahan lama.

Berusahalah untuk tidak menjatuhkan teman, keluarga atau sahabat dengan menceritakan aib mereka kepada orang lain. Di depan teman dan sahabat ia baik tetapi di belakangnya menusuk.

Janganlah menjadi orang yang tergolong “seburuk-buruknya manusia”.

Semoga kita dijauhkan dari perilaku-perilaku yang demikian.

Tinggalkan Komentar
Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).