Dasar-dasar Alkitab diperbolehkannya Wanita melayani sebagai Pendeta

Budaya Yahudi kurang menghargai wanita, namun kehadiran Yesus meruntuhkan penghalang perbedaan gender itu. Artinya didalam Kristus wanita punya status yang sama dengan pria atas dasar pekerjaan Kristus.

Galatia 3:28 (TB)
Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau PEREMPUAN, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

Pencurahan Roh Kudus atas semua orang, baik anak-anak, pria juga wanita

Kisah Para Rasul 2:17 (TB) … Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan PEREMPUAN akan bernubuat, …

Karena Roh Kudus dianugerahkan kepada semua orang percaya, baik pria maupun WANITA, maka demikian juga Karunia Roh dalam Pelayanan.

Tidak ada bukti dan petunjuk bahwa Karunia-karunia (Charismata) terbatas hanya bagi pria saja.

Banyak wanita yang melayani di era Perjanjian Baru

Kisah Para Rasul 21:9
Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat.

Menurut paulus, bernubuat itu sangat penting!

1 Korintus 14:1 (TB)
Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk BERNUBUAT.

Filipi 4:2-3 (TB) Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati, supaya sehati sepikir dalam Tuhan.
… Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain …

(Euodia dan Sintikhe adalah Wanita)

Roma 16:1
Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea,

Roma 16:3
Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus.

(Nama Priskila (Istri) justru disebut didepan).
Paulus justru menyebut Priskila pemimpin Jemaat yang baik, dia bisa memimpin jemaat juga mengurus keluarga.

Roma 16:12
Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan.

Wanita sebagai Rasul (Yunias adalah seorang Rasul Wanita)

Roma 16:7
Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

1 dari 22 Rasul yang disebutkan dalam Alkitab adalah WANITA.

Nabiah (Nabi Wanita) dalam Perjanjian lama sebagai Pembawa Firman

2 Raja-raja 22:14
Maka pergilah imam Hilkia, Ahikam, Akhbor, Safan dan Asaya kepada nabiah Hulda, isteri seorang yang mengurus pakaian-pakaian, yaitu Salum bin Tikwa bin Harhas; nabiah itu tinggal di Yerusalem, di perkampungan baru. Mereka memberitakan semuanya kepadanya.

Keluaran 15:20
Lalu Miryam, nabiah itu, saudara perempuan Harun, mengambil rebana di tangannya, dan tampillah semua perempuan mengikutinya memukul rebana serta menari-nari.

Hakim-hakim 4:4
Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.

Cerita menarik tentang Maria Magdalena (wanita yang pernah kerasukan 7 roh jahat), disebut dia adalah Rasul dari para Rasul, sebab dia adalah wanita (orang pertama) pasca Kebangkitan Yesus yang diutus oleh Yesus sendiri memberikan kabar kepada para Murid (Yoh 20:17).

Juga wanita Samaria yang telah berganti ganti illahnya, menjadi wanita penginjil pertama di Samaria dan membawa banyak orang percaya kepada Yesus (Yoh 4:28-30)

Pesan penulis,

Beberapa doktrin gereja yang tidak mengijinkan wanita melayani memiliki alasan sendiri demi kepentingan internal mereka, namun yang jelas bukan demi kepentingan ALKITAB, sebab dari Perjanjian lama sampai perjanjian baru tidak ada penolakan atas pelayanan Wanita.

Alkitab adalah Firman Tuhan, sehingga setiap ayat tidak akan saling bertentangan justru saling mendukung sekalipun ditulis oleh orang yang berbeda dengan latar belakang yang berbeda serta pada zaman yang berbeda, hanya saja kita perlu belajar budaya saat penulisan itu dilakukan supaya tidak salah tafsir.

Pdt.Yenny Novita

Categories: Kristen

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).