Saat usiamu sudah 23 tahun keatas, kamu akan mulai memikirkan tentang masa depanmu. Memikirkan bagaimana karirmu nantinya, bagaimana dengan pernikahanmu, bagaimana hidupmu kedepannya.

Sementara itu engkau melihat temanmu satu per satu sudah mulai menyebar undangan pernikahan mereka, bahkan di usia tersebut sudah ada yang dikaruniai anak.

Beberapa diantara temanmu juga sudah memiliki karir yang mapan, penghasilan yang lumayan besar, jabatan yang bagus, bisnis dengan cabang dimana-mana seolah-olah kesuksesan memang sudah digariskan pada mereka diusia tersebut.

Ada juga beberapa temanmu yang kuliah di universitas ternama di Indonesia bahkan di luar negeri, ada juga yang meraih prestasi di berbagai bidang. Semuanya itu kamu lihat di foto-foto yang Mereka upload di sosial media.

Semua yang kamu lihat seolah sangat mudah mereka dapatkan.

Kamu akhirnya merasa minder, seolah-olah kamu sudah tertinggal sangat jauh dari mereka padahal seolah-olah baru-baru aja kamu menikmati canda tawa bersama mereka di kantin sekolah dan di warung kopi.

Tenanglah! Kamu tidak sedang berlomba dengan orang lain. Setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Setiap orang memiliki waktunya masing-masing.

Tugasmu sekarang adalah berbenah diri dan menjadi lebih baik. Fokus pada tujuan yang hendak engkau capai. Jangan terpengaruh dan iri dengan pencapaian mereka. Apalagi sampai benci dan mendendam kepada mereka.

Jangan pikirkan apa yang telah mereka capai tapi pikirkanlah bagaimana proses yang harus mereka lalui hingga bisa sukses. Mereka juga pasti mengalami kesusahan dalam mencapi tujuannya. Jadikanlah itu motivasi untukmu agar bisa bangkit. Keluarlah dari zona nyamanmu.

Setiap orang memang mempunyai waktu masing-masing, namun harus juga ada usaha.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).