Sukses itu milik semua orang yang mau berusaha dan bekerja keras oleh karena itu kita harus sukses, meski tidak terlahir dari keluarga kaya.

Banyak orang mengatakan bahwa Sukses hasil usaha sendiri jauh lebih nikmat daripada sukses dari hasil orang tua.

Hal itu memang benar karena dengan sukses dari hasil usaha sendiri kita mampu belajar dan merasakan pahitnya, susahnya jatuh bangun dalam memulai sesuatu hingga akhirnya kita bisa mendapatkan hasil dari usaha tersebut.

Kita juga akan lebih mensyukuri akan hasil jerih payah kita. Kita akan lebih bijaksana menggunakannya karena kita sudah mengalami pahitnya dalam mencapai keberhasilan tersebut. Otomatis kita tidak akan semenah-menah menghamburkannya karena hal yang tidak penting.

Orang tua saya pernah berkata “ketika kamu diberikan uang 10.000 bisa saja uang tersebut akan langsung habis kamu gunakan karena kamu tidak merasakan susahnya mencari uang tersebut. Berbeda ketika kamu punya uang 10.000 dari hasil kerja kerasmu. Rasanya sangat sayang sekali untuk digunakan karena perjuangan mendapatkannya sangat susah. Butuh kerja keras dan cucuran keringat untuk mendapatkannya”

Yah nasihat tersebut memang benar adanya.

Jika suatu saat kita kembali jatuh, kita tidak akan gusar dan pusing lagi karena kita sudah tahu bagaimana caranya untuk bangkit lagi karena sudah ada pengalaman dan pengetahuan ketika membangun usaha sampai sukses.

Sukses karena warisan, sudah biasa. Tapi sukses karena mandiri, baru luar biasa. Sangat disayangkan kalau sudah diwarisi modal, tapi bukan jadi sukses, malah numpuk hutang karena tidak tahu dan tidak punya pengalaman mengelolahnya.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).