Tak Usah Gengsi Atau Dengar Kata Orang! Nikah Itu Tak Harus Mewah, yang Penting Sah

Nikah itu tidak harus mahal dan meriah, tapi yang paling penting sah. Tidak usah dengar apa kata orang. Nasihat ibu ke anaknya dibawah ini mungkin akan mengubah mindset kita bahwa jangan hanya mempedulikan gengsi dalam menikah tetapi pikirkan juga kedepannya.

Oleh: Willy Wijaya

Pas lagi nunggu sunset di Kuta, gue ngobrol sama nyokap gue soal preferensi dia pas nanti gue merid gimana. Here’s how it goes:

Me: “Mah, nanti pas gue merid, mama mau nikahan gede atau nikahan kecil aja yang agak jauhan biar keluarga inti aja yang dateng?”

Mom: “Maksud loh?”

Me: “Nanya doang sih, kan ada temen-temen gue yang orang tuanya minta anaknya merid gede-gede biar bisa dibanggain sama kerabat-kerabat, kalo mama maunya gimana?”

…And here’s the pipe bomb.

Mom: “Bil, lu kerja dari pagi sampe sore, senin sampe jumat. Lu kerja berbulan-bulan, cape-cape, terus abis itu duitnya lu pake ludes cuman buat 1 hari lu kasi makan orang lain banyak-banyak, gak sayang duitnya?”

Me: *menyimak*

Mom: “Belom lagi lu bikin pesta jelek, orang ngomel. Lu bikin pesta bagus, orang ngiri, ngomongin juga akhirnya. Gak ada yang bener. Trus lu mau mama ngapain kalo lu pestain gede-gede? Mejeng didepan petantang-petenteng kasitau orang-orang anak gue udah sukses bisa ngasi makan orang mewah-mewah? Nggak la yau!”

Mom: “Bukannya mama ga peduli lu mau pesta kek gimana juga, lu mau mestain gede ya bagus, mama dateng. Lu mau mestain kecil, mama juga seneng. Tapi kalo lu nanya mama, mama maunya gimana: Mama sih mending lu dateng pagi-pagi pemberkatan di gereja, siangnya langsung cabut liburan gih sana jauh-jauh, enak kan gausa undang-undang?”

Me: “Tar kalo orang ngomongin gimana? Mama gapapa?”

Mom: “Urusan orang mo ngomongin? Peduli amat. Mau ngomongin lu pelit, anak gue ga mampu kek, gue ga peduli. Itu mreka-mereka yang pengennya anaknya merid gede-gede juga mungkin gara-gara ga ada yang bisa mreka banggain dari anaknya, makanya mreka cuman bisa pamer pas acara ginian gede-gedean kan. HAHAHAHA.”

Me: “Bener juga sih…”

Mom: “Lu kerja yang bener, cari duit yang banyak, cari temen-temen yang banyak, cari pasangan yang bener, jadi lu ga perlu banggain diri lewat acara-acara ga penting kek gitu. Orang lain sih mungkin perlu ya banggain anaknya lewat cara begitu, mama sih ga perlu. Mama uda banyak hal yang mama bisa banggain kok, gausa khawatir.”

And that’s how it goes. Otak nyokap gue yang aga open yang bikin gue demen diskusi sama dia. Ga terkungkung sama tradisi lama yang uda outdated dan ga ada nilainya. Thanks, ma for the insight. Let me share this to others so they might share your views. Again, no offense guys, just sharing my mother’s and my point of view. Have a good night sleep, folks!

[EDIT 1] Since some of you asked me if it’s okay to share this post, personally I think it’s okay to share this post. Thank you and have a great day.

Next Post

Sedewasa Apapun Seorang Wanita, Mereka Tetap Sama!

Fri May 15 , 2020
Kepada Wanita Pria yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah membiarkanmu pergi, sesulit apapun keadaannya dia akan mempertahankanmu. Kepada Pria Wanita yang benar-benar mencintaimu akan sering marah kepadamu karena kesalahanmu, tapi meskipun begitu ia tidak pernah ingin meninggalkan. Sedewasa apapun wanita mereka tetap sama, akan sedih ketika tak dihargai. Akan sedih […]

Indonesiaterpercaya.net

Indonesiaterpercaya.net merupakan situs informasi bagi Millenial Indonesia. Fokus kami untuk menyediakan bacaan yang mengulas seputar gaya hidup, inspirasi, renungan, tips dan trik, berita viral, hubungan dan masih banyak lagi sehubungan dengan kehidupan anak muda saat ini.

Pasang Iklan

Kami menerima jika ada yang ingin beriklan di situs kami. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi kontak:
Telp/WA/Telegram: 082291397622
Email: chimmonk@gmail.com

Networking

Situs yang bekerjasama dengan Indonesiaterpercaya.net
1. www.zonamillenial.web.id
2. www.microsoftofficeindo.com
3. infokitasulsel.com

Pedoman Situs