Nilai Rapor Anak-anak SD, SMP, SMA di Indonesia saat ini sudah melampaui kepintaran Albert Einstein, Stephen Hawking. Steve Job dan Bill Gates mah jauh dibelakang mereka.

Sepuluh tahun terakhir, nilai Rapor, juga ijazah anak-anak Indonesia begitu luar biasa. Nilai 100, 95, 90, 85, 80 selalu berderet di Rapor mereka.

Sangat jarang nilai 75, 70, apalagi 60. Bisaj jadi 60 dan 70 itu sudah dianggap nilai merah.

Begitu bangganya orangtua mereka melihat nilai-nilai tersebut. Boleh saja anaknya ranking 44 dari 45 siswa di kelasnya, tetapi dengan nilai rata-rata 85, orang tua tentu bisa menerima.

Tak hanya, anak-anak sekolah, mahasiswa sekarang juga begitu hebat. IPK 3,0 biasanya disandang mahasiswa terbodoh. Mahasiswa dengan IPK dengan rasio 3,5 – 4.0 itu justru dianggap biasa. Andai diizinkan, akan banyak mahasiswa mendapat IPK 4,44 sangkin pinternya.

Bayangkan saja, selama 8 semester kuliah, para mahasiswa itu tak pernah mendapat nilai selain A (rasio 91-100). Sungguh sempurna!

Halaman Selanjutnya ⬇️

Categories: ArtikelOpini

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).