Baca ini saat usiamu mulai beranjak ke 18 tahun, karena di usia tersebut kamu dituntut untuk mulai bertanggung jawab artas segala yang kamu lakukan dalam kehidupanmu.

Oleh: Indra Sugiarto
Penulis Best Seller “Teman Berjuang”

Jika nanti di depan ada yang menyakitimu. Sampaikanlah kepadanya, bisa jadi orang tersebut tidak sadar bahwa perkataan dan sikapnya menyakitimu.

Bacalah buku! Biasakanlah membaca buku sampai selesai meskipun tidak banyak. Jangan sampai dirimu terjebak dalam pikiran yang sempit. Jangan sampai dirimu tak menyadari dangkalnya pemikiranmu sendiri.

Biarkanlah harapanmu tentang perubahan tetap hidup. Karena saat gagal dan saat jatuh, harapan itu akan menyelamatkanmu.

Memiliki teman yang bisa diajak main memanglah menyenangkan. Tapi jangan lupa, di usia 18 tahun kamu sudah mulai butuh teman yang bisa diajak membicarakan masa depan.

Jika kamu berbuat kesalahan, belajarlah untuk bertanggung jawab. Berbuat salah adalah hal yang wajar. Tapi lari dari tanggung jawab, entah apapun alasannya, hanyalah dimiliki oleh seorang pengecut. Apakah kamu ingin usia dewasamu menjadi seorang pengecut?

Jangan menyerah!
Jangan menyerah!
Jangan menyerah!

Jika kamu yakin bahwa semua sudah kamu usahakan, saatnya belajar mengikhlaskan. Pintu sukses ada banyak.

Mengertilah, usia 18 tahun adalah salah satu usia terbaik. Energimu begitu luar biasa, waktumu banyak, pintu kesempatan bagimu juga banyak menanti. Maka maksimalkanlah segala kekuatanmu itu.

Jika kamu berada dalam lingkaran orang-orang yang berfikir sempit, pesimistis, dan mengekang. Hati-hati, bisa jadi kamu terjebak dalam gua tanpa kamu sadari. Mereka tidak jahat, hanya saja kamu tidak seharusnya terjebak dalam sebuah gua.

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).